SCABIES

SCABIES

DEFINISI

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis.
Penyakit Scabies sering disebut kutu badan. Penyakit ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita
maupun secara tak langsung melalui baju, seprai, handuk, bantal, air, atau sisir yang pernah digunakan penderita dan belum dibersihkan dan masih terdapat tungau Sarcoptesnya.
Scabies menyebabkan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Scabies identik dengan penyakit anak pondok. penyebabnya adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.

PENYEBAB

Scabies disebabkan oleh Sarcoptes scabiei, tungau ini berbentuk bundardan mempunyai empat pasang kaki . Dua pasang kaki dibagian anterior menonjol keluar melewati batas badan dan dua pasang kaki bagian posterior tidak melewati
batas badan. Sarcoptes betina yang berada di lapisan kulit stratum corneumdan lucidum membuat terowongan ke dalam lapisan kulit. Di dalam terowongan inilah Sarcoptes betina bertelur dan dalam waktu singkat telur tersebut menetas menjadi hypopi yakti sarcoptes muda dengan tiga pasang kaki. Akibat terowongan yang digali Sarcoptes betina dan hypopi yang memakan sel-sel di lapisan kulit itu, penderita mengalami rasa gatal, akibatnya penderita menggaruk kulitnya sehingga
terjadi infeksi ektoparasit dan terbentuk kerak berwarna coklat keabuan yang berbau anyir.

GEJALA

Gejala yang ditunjukkan adalah warna merah,iritasi dan rasa gatal pada kulit yang umumnya muncul di sela-sela jari, siku, selangkangan, dan lipatan paha. gejala lain adalah munculnya garis halus yang berwarna kemerahan di bawah kulit yang merupakan terowongan yang digali Sarcoptes betina. Gejala lainnya muncul gelembung berair pada kulit.

DIAGNOSA

Diagnosa scabies dilakukan dengan membuat kerokan kulit pada daerah yang berwarna kemerahan dan terasa gatal. kerokan yang dilakukan sebaiknya dilakukan agak dalam hingga kulit mengeluarkan darah karena Sarcoptes betina bermukim agak dalam di kulit dengan membuat terowongan.
Untuk melarutkan kerak digunakan larutan KOH 10 persen. selanjutnya hasil kerokan tersebut diamatai dengan mikroskop dengan perbesaran 10-40 kali.

PENGOBATAN

pengobatan scabies dapat dilakukan dengan delousing yakni shower dengan air yang telah dilarutkan bubuk DDT (Diclhoro Diphenyl Trichloroetan). Pengobatan lain adalah dengan mengolesi salep yang mempunyai daya miticid baik dari zat kimia organik maupun non organik pada bagian kulit yang terasa gatal dan kemerahan dan didiamkan selama 10 jam.
Alternatif lain adalah mandi denga sabun sulfur/belerang karena kandungan pada sulfur bersifat antiseptik dan antiparasit, tetapi pemakaian sabun sulfur tidak boleh berlebihan karena membuat kulit menjadi kering. Pengobatan scabies harus dilakukan secara serentak pada daerah yang terserang scabies agar tidak tertular kembali penyakit scabies.

REFERENCE;
Ovedoff,david.2002.kapita selekta kedokteran.Bina Rupa aksara:Jakarta
Andi,Djuanda.1999.ilmu penyakit kulit dan kelamin.FK UII:Yogyakarta
www.scholar.google.com
www.google.com

About these ads

48 Tanggapan so far »

  1. 1

    tesa said,

    boleh numpang ngasi saran ya!bwat yg slama ini kebingungan gara2 penyakit scabies,carany gampang kok..tinggal bubuhin aj bedak merk doris(bs didapetin d supermarket trdekat) slama beberp hari d bagian yg terkena scabies..dijamin deh langsung sembuh :) udah d tes sama 2 klinciku yg sempet terkena scabies dan akhirny mereka sembuh total

  2. 2

    basuki said,

    aku lom menemukan obat yg efektif ,kalau ada yang tau obat injek apa yg bisa cepet nyembuh kan .makasih

    • 3

      alwi said,

      obat injectnya namanya avimec/ivomec
      dosis 1 ekor kelinci itu 0,3cc
      tp obatnya agak mahal 150.000 1 botol
      dijamin 1 minggu setelah disuntik langsung sembuh

  3. 4

    basuki said,

    aku peternak kambing tapi kambingku terkena gudik semua .mula mula cuma satu sekarang semuanya tertular .mohon carikan cara yang tepat dan cepat untuk menyembuhkanya.jelas tak mungkin kalau aku harus memandikan kambingku satu per satu karena terlalu banyak.mohon saran dari semua pihak yang mengetahuinya sebelum semua kambing saya mati

    • 5

      pakai wormectin harga cuma Rp.25000 perbotol mas… ampuh suntik satu sesuai takaran indikasi obat…
      tapi kalo kambingnya banyak gak mungkin beli satu botol mas 4 mungkin cukup untuk 20 kambing….. suntik deh 3-7 hari nafsunya juga bertambah dan sehat kembali. tapi setelah disuntik tunggu 40 harian untuk bisa konsumsi daging kambingnya… pengaruh injeksi obatnya kali ya…

  4. 6

    tentangkelinci said,

    saya bisa bantu, harus disuntik pak
    tlp saya 0811 100 2776
    pak bas lokasi dimana ?

  5. 7

    septi said,

    bang rabbit katanya ada penyakit kelinci yang bisa ditularkan ke manusia… ada di majalah gatra tahun 2006

    http://www.gatra.com/2006-09-04/majalah/beli.php?pil=23&id=97783

    mereka menyebutnya dengan flu kelinci dan itu sampai menewaskan manusia yang terjadi di inggris awas agustus silam…
    ada yg punya ga ya majalah gatra tahun 2006.. beritanya ga bisa di baca disana… payah deh gatra…
    bener ga sia ada penyakit yang namanya flu kelinci… setahu saya adanya flu burung….

  6. 8

    Miranti said,

    Hahahah…lucu yah.
    saya lihat comment2 sebelumnya ternyata kelincinya banyak yang kena scabies…
    beberapa waktu lalu justru saya yang manusia ini juga kena selama kurang lebih satu bulan mungkin,,totally iritating….

    langsung deh ke dokter kulit dan dikasih obat, salep, dan sabun…alhamdulilah sembuh dalam satu dua minggu….

    • 9

      tentangkelinci said,

      waduh miranti…kok kamu bisa kena scabies? memangnya mainnya di mana?
      hehehehe…
      tapi bener kok scabies ini memang bisa menular ke manusia, so untuk teman2 yang kelincinya sakit scabies, hati2 ya jangan di gendong-gendong dulu, sampai dia sembuh.

      • 10

        uchi dwi said,

        betulll saya gendong kelinci saya yang kena scabies dan hasilnya besok semua badan saya bentol2 merah dan gatel banget . . tapi cuma 2-3 hari aja . . mama aq aja neh yang belom sembuh sama gatelnya . .

        yang paling penting ,, gmna obatin kelinci aq neh . . . ?? mulai panik aq ,, dah sebulan gak di obatin tapi tambah parah .. kasian aq liat mereka udah gak bisa lincah lg kek dulu .. mohon saran dari semua nya ya .. klo memang perlu di suntik ,, ada yg bisa bantu nyuntik’in gak?? karna aq gak berani . . .

  7. 11

    Mar'atush Sholihah said,

    CAra nyuntikin ivermectinx gmn?
    Di bawah kulit itu gmn mksdx?

    Sblumx mkch… =)

    • 12

      tentangkelinci said,

      to: mar`atus sholihah

      yang dimaksud adalaha diantara kulit dan dagingnya
      gmn cara taunya, di bagian punuk kelinci,dicubit aja nanti kan kulitnya agak keangkat tuh
      nahh, suntik deh, atau di bagian paha jg bisa, caaranya sama ko

      Salam

  8. 13

    najiv said,

    kok tak cari-cari gak ada gambar cara nyuntiknya… biar jelas gitu…
    benar-benar bisa menular ke manusia, soale sekali saja menggendong kok langsung gatal-gatal ditubuhku… wah repot

  9. 14

    bayu ismail said,

    guinea pig sy juga ada 2 yg kena scabies..setelah disuntik dokter sy dikasih resep salep namanya scabimite,harganya 60ribuan.udh hampir seminggu tp blum ada efeknya aja..yg mau sy tanya apa sebaiknya GP sy yg kena scabies itu benar2 dipisah jadi 1 ekor per kandang atau tidak apa-apa kalau di gabung di 1 kandang semua yg sakitnya?
    trima kasih

    • 15

      tentangkelinci said,

      halo pak bayu ismail,
      salam kenal,

      kehormatan bagi kami menjawab pertanyaan pak bayu,
      mengingat belum terlalu bnyak di indonesia ini yg gemar dgn guinea pig / marmut ini
      klo sakit sebaiknnya dipisah meskipun sama jenis penyakitnya.
      o iya biasanya seminggu sudah ada efeknya mas
      klo boleh tau waktu suntik ditanya ga dokternya pake obat apa nyuntikny ?
      trus dosisnya brp ?

      idealnya klo pake ivomect, atau wormect seminggu sampai dua minggu uda keliatan sembuhnya
      \
      slam

  10. 16

    refun said,

    maaf yah mau nanya untuk penyakit ini bisa gak sembuh total dan apakah penyakit ini berbahaya untuk kelangsungan dan menimbulkan efek yang lain bagi kehidupan kita ?

    • 17

      tentangkelinci said,

      dear refun

      bisa sembuh total ko
      emm, ini sama seperti kudis pada manusia
      klo dibiarin aj y bahaya buat kelincinya
      asal dijaga kebersihannya gak masalah ko
      baik kandang, kelinci maupun si pemelihara
      biasakan cuci tangan pake sabun aj klo abis pegang kelinci nya

      Salam

  11. 18

    hasbie said,

    kelinci Q kena jamuran / scabies, apa obatnya..?

  12. 19

    vitri said,

    halo mas kelinci…
    saya punya 3 ekor kelinci. satu jantan kelinci rex, satu betina kelinci loop. 1 kelinci betina rex saya umur 5-6 bulan, seminggu ini bulunya rontok parah, setiap di elus, pasti ada saja yang rontok. di bagian hidungnya juga ada bulu yang menipis hampir seperti pitak. tapi tidak ada tanda2 luka, atau ketombe dan sebagai nya. kira-kira kenapa ya kelinci saya? tolong solusinya. minimal setiap 2 minggu sekali, ketiga kelinci itu akan bergabung di taman, pas saya nyuci kandangnya. kemungkinan sich udah dikawinin. terima kasih banyak

    • 20

      tentangkelinci said,

      hi vitri,

      kelinci memiliki siklus merontokan bulunya, jadi ga perlu khawatir
      selama makan nya , tingkahlakunya, dan geraknya masih seperti biasa,
      maka kelinci tsb insyaallah sehat

      Salam

  13. 21

    risca said,

    abang rabbit, apa kalo scabies bisa sembuh dengan sekali suntik? trus kalo saya mau bawa kelinci saya untuk disuntik di tempat bang rabbit alamatnya dimana? trims.

    • 22

      tentangkelinci said,

      dear risca

      tergantung tingkat keparahannya :)
      mudah2an cukup sekali suntik
      klo parah bgt yaa paling dua kali
      alamatku di
      Komp P&K
      JL Utama Ujung no.231
      rt5 rw 5
      Cipondoh Indah
      Tangerang

      Salam

  14. 23

    Chen said,

    @Tessa : Bedak doris nya D campur gha Kyak minyak Ghitu>>????

    Or Cuman Bedak nya Doang?????

    PLease D Reply Yach Secepatnya….

    • 24

      tentangkelinci said,

      hi chen

      sebaiknya si disuntik ya mba
      karena doris kan buat anjing sbetulnya,
      bukan khusus untuk kelinci
      klo mau dicoba ya sok aj, bedak aj ko
      gak usa dicampur minyak.

      tp saran kami tetap denga disuntik ivomect
      lebih tepat dan efektif

      Salam

  15. 25

    indrawidjaja said,

    Aq juga tertular scabies, menjijikan setelah membaca ini…hiy, abang kelinci, sy sdh catat numb hallo bapak : 08111002776, aq mau minta kirim obat suntik 2x untuk 2 kelinci qu juga obat untuk kulit saya sendiri, klw dikirim ke rumah saya via Tiki brp y pak? Mohon bantuannya.. Trmksh :)

    • 26

      tentangkelinci said,

      hi,
      nomernya kan uda berubah mas
      sesuai postingan sebelumnya
      0856 93 265626
      ak tidak jual obat scabies mas,
      klo mau obatin kelincinya dateng aj kerumah

      Salam

  16. 27

    luthfifirdauz said,

    saya juga kena, di kaki kaki, ad yg paling dalem. udah dkasi salep blom ad efek nya
    nma salep nya scabicid, mohon bantuannya

  17. 28

    Devy said,

    di bagian atas bibir di bawah hidung anakku ada gelembung kecil seperti beruntus sekitar 3 buah dan itu tidak hilang selama kurang lebih satu tahun, awalnya di duga penyakit yang terjadi pada anak saya itu semenjak kami memelihara 2 ekor kelinci, apakah tanda-tanda itu termasuk scabies?

  18. 29

    iriana lubis said,

    Kucing sy jg jna scabies gara2 mo d kawinkan di titip d Petshop slma 4 hr,trnyata kucing jantannya prnh skt scabies,sygnya sy taunya stlh 3 bln,itu jg krn sy bw k Dr krn sy cm mo cek kesehatannya.trnyta kt Dr nya kucing ku kna scabies.tnpa nanya Dr nya lngsng main suntik,dn blng itu menular,sy bingung…br sy sadari kaki sy yg gatel2 n luka krn tularan tsb…tp sy ttp g tega ngandangin kucing sy seharian,krn dia biasa bermanja pd sy…….
    pencegahan sn mengobatinya sy d suruh bersihin kandangnya pki BAYCLEAN{pemutih pakaian}jg tmpt2 dmn dia duduk{sofa}hrs d lap dgn pemutih tsb.dn 10 hr lg sy hrs kembali tuk diliat perkembangannya.kl blm sembuh hrs d suntik lg.utk sy sndiri d anjurkan k Dr kulit ato bs mencoba dgn salep SCABIMITE.apkh ada masukan lain dr tmn2 tuk kucing sy?……trims sblmnya y

    • 30

      tentangkelinci said,

      dear iriana lubis

      saran saya sebaiknya ketika hewan peliharaan kita sedang sakit maka hal yang paling utama selain pengobatan dan penyembuhannya
      adalah pengisolasian hewan tersebut
      bukan tega atau ndak tega y, tapi lebih untuk menjaga hewan tersebut dan lingkungan sekitar, terlebih jika ada hewan lain
      dan kontak langsung dengan manusia
      semoga lekas sembuh kucingnya

      Salam

  19. 31

    dea said,

    mas…
    kelinci aku tb2 rontok parah di punggung nya…
    trus tb2 ada kyk ketombean trus lama2 luka dipungungnya..

    pas dibawa kedokter katanya kena scabies, dan hrs disuntik setiap seminggu sekali 1x suntik.. katanya sih max 3x aja..
    tp ini udh yg ke 2x tp blm sembuh jg..

    apa perlu dimandiin aja ya? ada mandi khusus scabies?
    soalnya dikulitnya kyk byk ketombe gitu..
    jd saya pikir qlo kena air bakal ilang.. menurut mas gimana ni?
    makasih ya…

  20. 32

    Rano said,

    pak pakar,
    saya mau nanya ni kelinci saya tangan kanannya bengkak dan seperti ada ketombe gitu warna putih di bagian dekat kukunya dan sekitarnya.
    itu penyakit apa ya?
    dan apa solusinya?
    terima kasih
    klu blh sy kirim foto nya k pak pakar biar lbh jelas :)

  21. 33

    jeane said,

    Dear pakar kelinci,
    Saya ingin menanyakan soal kondisi kelinci saya dipinggiran kupingnya sebelah kanan ada bintik-bintik putih kecoklatan kurang lebih lebarnya 2cm dan bintik-bintik itu menonjol dan mengeras, sedangkan dikuping yang kiri juga seperti itu tetapi hanya sedikit saja bintik-bintiknya tidak banyak, lalu saya bersihkan dengan kapas basah dan saya kasih betadine.

    Yang saya ingin tanyakan penyakit yang diderita kelinci saya dan bagaimana cara pengobatan yang benar agar cepat sembuh..?

    Apa dengan cara dibersihkan dengan kapas basah dan diberikan betadine itu bisa sembuh..?

    Mohon bantuannya, terima kasih.

    • 34

      tentangkelinci said,

      dear jeane…

      kapas basah dan betadine fungsinya hanya sebagai antiseptik
      dan tidak bisa menyembbuhkan sakitnya
      kelinci anda terserang scabies
      coba baca di artikel penyakit / kesehatan
      harus disuntik ivomect klo mau cepat

  22. 35

    Kadal said,

    aku kena ne,!
    awalnya aku punya tmn yg kna, tp gak ngerti itu penykit ap..
    y biasay tdr breng, mkn breng…wah, mulai trsa gtl2 jg!

    smpt smbuh, mlh kmbli lg, mlh parah ne skrg!
    aku nyoba obat khusus SCABIMATE, byk diapotik, tmnku ud smbuh pke itu, ne aku nyoba pke…

    • 36

      tentangkelinci said,

      hi ilham

      pake salep bisa juga, cuma lama mass
      klo blm parah masi oke
      tp klo uda parah mending disuntik saja
      thanks

  23. 37

    Ratna said,

    kalau ke dokter trus kita suntik aj gimana..?
    atau ada link gak khusus konsultasi online
    mslah scabies ini..?

    thanks

  24. 39

    rediie biqli said,

    kaka ,
    penyakit scabies berwarna coklat ga .
    awalnya sih merah pada kulit tapi kelamanan jadi coklat bner ga ?

  25. 41

    gede said,

    kalaw kenanya pada manusia,
    obatnya pakey apa ya yang bagus?
    mohon di jawab

    • 42

      tentangkelinci said,

      hi,

      klo sudah kena manusia,
      sebaiknya langsung dibawa ke dokter
      karena penangannya berbeda dengan hewan

      Thanks

  26. 43

    debea said,

    kalau manusia yang terkena penyakit scabies, boleh kontak langsung dengan air g?

  27. 44

    kevin said,

    cuman mau share aja..
    saya pernah terserang penyakit itu, tapi setelah saya mandi rutin dengan daun suruh bisa langsung sembuh :)

  28. 45

    blouph said,

    hy, cuman mau share aja, aq punya 2 gp betina. dulu pertama kali beli gp, gp ku kulitnya kayak gudikan gitu di sela2 punggung sama di telinga nya, soalnya pas beli q gk teliti sih maklum soalnya belinya di pasar minggu :D, tp untungnya gp ku lincah2 aja, akhirnya aq obatin pakek propolis, aq olesin di daerah punggungnya trs q oles pakek cotton bud di telinganya, besoknya uda kering trs sembuh kok, trs klo bisa gp nya dimandiin pake dettol yang antiseptik ya, CMIIW

    untuk kesehatan gp, dlunya aq cuek soalnya aq kira yg penting kasih makan gt aja, tp setelah gp ku mati gara2 heatstroke soalnya kelamaan dilepas di taman n waktu itu cuaca nya agk ababil (kdg dingin, kdg ujan, kdg langsung panas) akhirnya mati 1 deh :(, akhirnya hbs itu q sadar klo q hrs ngerawat gp ku bener2, aku browse di blog2 dan forum, alhamdulillah skrg gp ku yg 1 uda ceria lg, soalnya hbs ditinggal sodaranya dy kyk sedih gt n q beri perawatan yg layak meskipun step by step :)

  29. 47

    transhive said,

    Mo nanya dong, kelinci gue baru aja kena scabies.
    Trus gue kasih aja betadine. Tapi setelah di mandiin.
    Ada yang bilang cukup bake bedak doris.
    Ada juga yang bilang dibersihin pake lemon.

    Yang gue mau tanya?
    Betadine tuh ngebunuh scabies ga sih?
    Gue pen banget kelinci gue sembuh.

    • 48

      tentangkelinci said,

      hi
      Betadin fungsinya hanya sebagai antiseptik
      dan tidak membunuh tungaunya
      klo mau sembuh sebaiknya di suntik ivomectin aj

      Thanks


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: