Pertumbuhan Anak Kelinci

Pernah mengalami kelinci peliharaan kita melahirkan??

Info ini buat yang mempunyai pengalaman pertama kelinci melahirkan.

Bayi kelinci itu di lahirkan dengan keadaan fisik hampir sama seperti anak tikus. Untuk yang pertama kali melihat biasanya geli, tidak berani memegangnya. Selain itu mereka juga buta dan tuli sewaktu pertama kali di lahirkan.

Umur tujuh hari, bulu mereka mulai tumbuh, pola-pola warna mulai terlihat jelas.Memasuki sepuluh atau sebelas hari baru dapat melihat. Nah mereka mulai bisa belajar jalan dan kandang-kadang keluar dari kotaknya ketika umur 18 hari.

Ketika mulai keluar dari kotak, dan sudah bisa berjalan sendiri (walau masih geol-geol) mereka sudah mulai belajar makan sendiri (ikut memakan yang induknya makan).Dan mulai bisa mengikuti tingkah polah induknya.

Tapi kita harus berhati-hati, baby bunies yang baru belajar makan ini, alat pencernaannya belum begitu kuat, jadi pakan yang di berikan jangan terlalu banyak mengandung serat kasar.Sambil belajar makan, anak kelinci masih menyusu pada induknya baik pada malam atau pagi hari.

Baby bunies dapat mulai di sapih setelah benar-benar mampu makan sendiri, biasanya pada umur 56 hari (8 minggu).

Mengingat angka kematian anak kelinci tinggi, maka kita harus lebih berhati-hati menjaga mereka.

Liat video dari you tu be yuks

Nah kalo yang ini sudah umur 8 hari, bulu halusnya sudah mulai keluar :)

Salam

Abang Rabbit

About these ads

212 Tanggapan so far »

  1. 1

    Fatieh said,

    Orygtolagus Cuniculus “emang hewan Yang lucu”
    Jadi Pengen Ternak

  2. 2

    riza said,

    salam kenal….aku jg punya peternakan kelinci, baru jalan beberapa bulan. boleh tanya om? kalau supaya tingkat kematian anak kelinci dapat ditekan bagaimana caranya? apalagi masuk musim penghujan ini….. thanks

  3. 3

    Pongki said,

    Bang Abbit, mau tanya dunks,

    Kelinci rex ku waktu ngelahirin 1 bln yg lalu koq ada 1 bayi yang gak sehat ya (perutnya kempes, ga bulet), padahal sodara2nya yg lain pd rakus2 mimik susu induknya. Aku kasi susu formula aj pake spuit dan alhmdlh sekarang masi idup, tumbuh catch-up spt sodara2nya, lincah, hobinya lari2 sambil ngepot, nafsu makan ok, hanya relatif lebih kurus n bulunya ga setebel n sehalus yg lain. Itu knp ya? ada semacam penyakit genetik turunan ato emang ud nasib dari sononya? Sejauh ini induknya (usia 2 thn) ud dua kali melahirkan dan selalu ada bayi yg spt itu.. Warna induknya red (ada black spot-nya dikit), bokapnya papilon item-putih. Warna ngaruh ga si ke kualitas bayi?

    Btw, kelinci bang Abbit lucu2 n nggemesin banget lho!:) Kpn2 liat2 kelinci kesana bole ga ya?

  4. 4

    Pongki said,

    Oia lupa nambahin. Physicly, bayi kelinci yg sakit itu ud mulai keliatan kurus n ga berkembang sejak usia 4-5 hari, pipisnya banyak n begitu pipis, perutnya jadi makin kempes.. besar badannya sempat cuma separo dari besar sodara2nya, berlangsung kira-kira 1-2 minggu setelahnya. Itu knp ya bang? Aku penasaran banget nih, takut kalo ngelahirin bayi lg nanti ada yg begitu lagi., Cemasnya itu lho, tiap pagi nengokin kandang deg-degan:”jangan2 si baby ud mati” eh tyt engga hehehe.. Cukup takjub juga siy liatnya, koq bisa ya tetep idup..

    • 5

      halim said,

      oi kok kelinci aye bulunya beterbangan gitu mana caranya supaya buluhnya sempurnah lagi yahc. tolong bang bantuin aku lewat sini aje bales yah

      • 6

        tentangkelinci said,

        hi halim

        kelinci memang memiliki fase2 moulting atau merontokan bulunya
        dan itu tidak bisa dihindari
        jangan meng interpretasikan ketika rontok
        kemudian pasti sakit,

        yang penting kelinci dalam keadaan sehat
        kecuali ada gejala lain selain rontok yang mempengaruhi kesehatan
        dan perilakunya

        Regards

  5. 7

    tentangkelinci said,

    To Pongki :

    Biasanya memang di setiap kelahiran ada seleksi alam seperti itu, ada anak-anak kelinci yang tidak terlalu gesit berebut puting susu induknya. Jadi badannya payah sekali dan seringkali bisa mati pada akhirnya.
    Warna tidak mempengaruhi kualitas bayi, tapi keturunan out breed atau in breed bisa sangat mempengaruhi.
    Out breed adalah perkawinan yang sama sekali tidak mempunyai hubungan darah dan akan menghasilkan keturunan yang bagus dan lebih baik dari kedua induknya. In breed adalah perkawinan yang masih memiliki pertalian darah yang dekat, saudara sekandung, ibu dengan anak, bapak dengan anak, etc. Biasanya keturunan yang di hasilkan ada saja yang cacat dan kurang sehat.
    o iya tips juga ya kalo mau kasih susu formula cari yang non lactosa ya…
    lebih bagus lagi kalo bisa kasih susu kambing….
    semoga bisa survive yaa baby bunies nya

    Salam

    Abang Rabbit

  6. 8

    Pongki said,

    Wah iya juga mungkin emang turunannya kurang bagus. Tapi mereka outbreed dan aku juga ga tau silsilah penyakit dari masing2 kelinci (baik emak maupun bapak kelinci). Iya deh lain kali kasi susu free-lactose kalo ada kasus kyk begini lagi (kemaren si cuman kasi susu bayi vitalac doang hehehe).

    Makasih banyak ya Bang Rabbit! :)

  7. 9

    f@itri said,

    aku punya 2 ekor kelinci,,

    setelah tahu cara ngerawatnya aku tambah sayang ma kelinciku !!!!!

    Kelinci emang hewan terlucu,,

  8. 10

    vra said,

    ak punya kelinci baru melahirkan 2 minggu yg lalu…yang di lahirkan ada 3 anak kelinci,,,tetapi mati 1 akibat terinjak2 oleh induknya,,,dan akhirnya yang 2 saya pisah dan di taruh di kardus…alhamdulilah sampai saat ini anak kelinci tersebut hidup.tapi setiap siang dan malam hari saya harus membawa induknya ke kardus sambil memegang induknya agar anaknya menyusu…skarang anak kelincinya dah brumur 2 minggu dan mata sudah terbuka,,,bulu pun sudah ada…saya mau tanya dunk…apabila nanti saya menyatukan induk dan anak kelincinya apa induknya mau menyusui anaknya dan merawatnya…masalahnya induk kelinci klo ak nilai sifatnya sangat cuek dengan anaknya…menyusuinya saja tidak mau mesti di pegangin…ak td liat video diatas bener ga sih klo anak kelinci di pegang oleh manusia induknya tdk mau menyusui anaknya dan bisa galak bahkan bisa kanibal….????klo iya trus video yg diatas cara menyusui anak kelinci bagi induk yg ga mw menyusui anaknya???thanks yah…i love rabbit…

  9. 11

    vra said,

    hallu……salam kenal yh ad g pengen ak tanyain….
    ak sayang bgt ma yang namanya kelinci,,,waktu itu ak punya kelinci jantan 1 sanking ak pengen tau perkembangbiakan kelinci akhirnya ak beli kelinci dewasa yang betina dan ak kawinkan dan akhirnya sebulan kemudian melahirkan,,,sumpah seneng campur kaget dan kesel,,,karna setelah induknya melahirkan 5 anaknya dia ga peduli,,,ditelantari aj dan ga mw menyusui anaknya dan induk nya galak…ak belum punya pengalaman apa2,,,aku pisahkan anak kelinci itu tanpa dpt susu dr induknya,,,3hri kmudian mati smua…dan ak masih penasaran,akhirnya 2 minggu kemudian ak kawinkan lagi,dan melahirkan 4 anak.masih sama seperti yg pertama cuek ga mau menyusui…setengah jam kemudian malah mati induknya,,,duh ak makin sedih dan bertanya2,,knp jadi mati induknya????akhirnya anak kelinci ak kasih susu bayi untuk manusia (SGM) sempet seneng dh 4 hari masih hidup dan ak jd berfikir caraku ini berhasil ternyata rasa senangku hnya sesaat hari ke 5 satu persatu mati.padahal ak dah sangat perhatian merawatnya dan memberikan susu sesuai jadwal,,,tp knp malah mati jg…sumpah saat itu ak jd bingung harus gmn lagi untuk merawat bayi kelinci…hr ak kasih itu hidup tapi di hari ke 4 dan seterusnya satu persatu mati…pertanyaanku,,,knp sifat induk kelinci cuek ga seperti kucing yg sayang ma anaknya…apa semua induk kelinci cuek????
    klo induk kelinci mati atau tidak mau menyusui cara untuk bayi kelinci tetap hdp dgn ap????maaf yah pertanyaanku banyak…mohon dijawab semua agar ak bsa merawat bayi kelinci dgn baik…(tp alhamdulilah anak kelinci ku yg sekarang masih hdp karna ak berinisiatif bayi kelinci dipisah dan bayi kelinci bsa menyusu dgn cara memegang induknya dan menaruh anaknya dibawahnya)benar ga cara yang aku lakukan itu????habis ak dah ga tau harus bgaimana lagi….mohon di jawab yah,,,makasih atas jawabannya…

  10. 12

    pongki said,

    Hi mbak Vra n Bang Rabbit, aku bole ikut nimbrung ya..hehehe..

    @ Mbak Vra, biasanya induk kelinci emang ga kliatan kapan dia menyusui (biasanya sih malem2 ato subuh2) dan si induk menyusui hanya 1x SEHARi. Buat ngecek susu si induk cukup apa engga, cek aja pagi2 abis mbak Vera bangun tidur: Kalo perut babies bulet2 ya berarti mrk ud cukup nyusu untuk 24 jam ke depan. Jadi mba Vra ga usah khawatir karena itu berarti induk mengurusi bayi2nya. Serahkan saja semuanya pada mama kelinci (^o^) V !
    Babies bisa ditaro di dalam kardus ato kotak sepatu yg ud diisi rumput kering, serpihan kertas and bulu2 induknya (ketika mindahin bayi sebaiknya pake kertas koran ato plastik ato kertas tissue) dan kotak itu bisa ditaruh di dalam kandang induk biar sewaktu2 si induk mau menyusui dia bisa mendatangi sendiri anak2nya. Selama hamil dan menyusui yang penting induknya tercukupi makan dan minumnya, tempat makanan dan minuman tidak boleh kosong, karena saat2 itu induk kelinci butuh makan yang banyak, sama seperti manusia..
    Trus kalo ada bayi yg kecil n kempes (kyk satu bayi kelinciku dulu) bisa diberi susu tambahan kira2 2 x 2cc (total +/- 5 cc sehari) ato sampe perut bayi ud lumayan bulet. Bisa pake spuit ato pipet, yang penting mesti hati2 jangan sampai air susu yg kita kasi masuk ke hidung n saluran pernapasan bayi karena bisa menyebabkan aspirasi (cairan masuk ke paru2), bayinya sesak, sepsis (infeksi) n ujung2nya si bayi bisa mati2 juga. Juga spt kata bang Rabbit, susu sebaiknya yg non-lactose ato -kalo browsing internet siy- bisa pake KMR (Kitten milk replacer) yg biasanya ada di petshop utk meminimalisir risiko mencret.

    Nnng.. yg aku tau siy kyknya cuma segitu mb Vra, aku juga pemula pelihara kelinci, kira2 baru setaun. Sekarang kelinciku ada 9, rex semua.. Yg sekarang aku pusing mba Vra, selain baby rescue, selanjutnya yg harus dipikirin adalah: gimana kalo bayinya ud kebanyakan! makan, kandang, poop-nya.. ck ck

    Miara kelinci emang susah-susah gampang..

  11. 13

    Ayu said,

    Thanks bgt y tas infrmsina.dlu q ank klnci 9.tp bru 2 hr dah pd mti cz dimkan smut.sdih dewh

  12. 14

    ARYOUDHA said,

    MAS, AKU PENGEN TERNAK KELINCI HIAS NIH, BERAPA HARGA INDUKAN SEPASANG, YG MANA AJA YG BAGUS YANG MAS PUNYA. TERUS BIS DI KIRIM KE RIAU NGGAK YA ?? KALO BIS KASI TAU YA HARGA INDUKAN SEPASANG DAN PLUS ONGKOS KIRIM KE RIAU. INI NO HP AKU 081268154567 ATO KASI KABAR KE EMAIL AKU ok

    • 15

      tentangkelinci said,

      oke mas, yg bagus itu menurutku …
      smuanya :) except yg gondrong aja
      rex bagus mas indukan 350 per ekor
      , dwarf bagus cuma lbh mahal harganya karena kategori mini
      Holand lop dan fuzzy lop yg menjadi klinci favorit, per ekor indukan 350 – 400 tergantung kualitas juga,
      no hp ku 0811 100 2776

  13. 16

    Tri harjanto said,

    Mas mau tanya…saya baru beternak kelinci jenis rex, kenapa anak2 kelinci setelah umur 1 bulan telinganya pada turun? Apa bisa normal kalau sudah besar? Trima kasih

  14. 17

    Atika said,

    Mau tanya donk
    plizz cpt d blz coz penting bgt nih..
    Aq pny 2 klinci udh lbh dr 2 mgg yg lalu melahirkan ank anknx ad 6
    slh stunx ad yg pling bsr
    nah yg pling bsr in sdh hmpr 2 hr gag mau nyusu induknx dan gag lincah sperti ank klinci lainx slain it nafasnx terdengar agak sesak spertinx
    it knp yaa? Dan cra mengobatinx gmn agr dpt kembali menyusu induknx?

  15. 19

    eazy said,

    abang rabbit, mau tnya donk. klinci itu mnum g? trus kl d lpas d kbun bgus g? buat gmukin klinci ksh apa aja bang?.
    thanx, sukses terus abang rabbit.

    • 20

      tentangkelinci said,

      kasi makan dia pasti gemuk :)
      minum donk kan air adalah unsur yg tidak bisa dipisahkan bagi smua mahkhluk dalam hidup ini
      ce ileee
      dilepas boleh tp kandan juga harus ada, karena diluar blm tentu aman jg klo ada tikus, bajing dsb…

  16. 21

    QQ said,

    Waah aku seneng bgt nich!! pertama kelinci aku bru ngelahirin2 hari yan lalu trus ternyata pas aku buka page ini ternyata banyak juga ya pengemar kelinci, jdi merasa ada temen. aku gk tau sebenernya cara mengurus bayi2 kelinciku, mudah2ana semuanya bisa sehat dan tumbuh besar.terima kasih buat semuanya yaa..

    • 22

      tentangkelinci said,

      :) semoga situs ini dapat bermanfaat bagi smua pihak yg membutuhkan
      senang bisa sedikit membantu
      klo ada hal yg ingin ditanyakan, jangan sungkan menghubungi kami

  17. 23

    Kiara said,

    aku pernah punya yang masih bayi, berumur sekitar 3 bulan.
    tapi tiba2 terserang bintik2putih, dan di kerubuti lalat hijau.
    kelinci tetap aktif dan mau makan.
    tapi setelah beberapa hari bintik putih itu menjadi ulet kecil dan memakan kulit dan daging kelinci, hingga beberapa jam kemudian kelinciku menghembuskan nafas yang terakhir di halaman depan rumah sambil tersenyum.
    pertanyaannya:
    1. Apa yang menyerang kelinci ku, ulet atau lalatnya?
    2. Di amerika latin pernah ditemukan lalat sejenis, dan menyerang manusia, apakah in mungkin lalat yang sama?
    3. Bahaya/menyerang manusia tidal lalat ini di indonesia?
    4. terimakasih

    • 24

      tentangkelinci said,

      Dear Kiara ,
      wiii, penyakit apa tuh,
      kondisi kandang dan lingkungan sekitar gm mb ?
      biasany faktor environment sangat menentukan penyebab penyakit kelinci
      yg ku tau lalat tse tse yg ad di afrika itu menghisap darah dan bukan endemik indonesia
      saranku ketik sakit di awalnya seharusnya di kai antiseptik dan air hangat di bagian yg kotorny
      klo berlanjut bisa langsung di bawa ke DRH
      demikian
      thanks

  18. 25

    Webie said,

    Ms/mba gmn ya lo bayi tu gx di susui ma indukny tp bayi tu msh sehat trs lo nyusuin bayi si induk pd jam brp ya ko q lht si induk gx pernah nyusuin.

    • 26

      tentangkelinci said,

      dear webie
      biasanya induk menyusui anaknya di malam hari, dan sehari usually cuma sekali nyusuin
      jadi klo anak kelincinya bisa hidup lebih dr 2 hari, maka bisa dipastikan klo induknya nyusuin anaknya
      walau kt ga melihatnya ketika menyusui, klo penasaran pasang cctv aje mas :)

  19. 27

    mahmud said,

    Q mw tanya mas…
    Q punya kelinci yang baru ngelahirin, tapi cuma 1 ekor….
    yang aku mw tanyain
    1. koq indukan kelinci g mw nyusuin y??????
    2. apa yang mesti Q lakuin????
    3. kelinci perlu menyusui berapa hari sekali???

    Tolong dibls y……. Tq Tq Tq….

    • 28

      tentangkelinci said,

      Dear pak mahmud,
      biasanya menyusui pak, walau ada bbrp kelinci yg tidak mau menyusui anaknya
      klo punya indukan lain, saranku disamain aj jadwal kawinnya , jadi pas ngelahirin
      anak indukan yg ga mau susuin anaknya itu bisa dititipkan ke induk yg mau menyusui
      atau klo cuma punya indukan satu terpaksa dipegangin induknya dgn cara dibalik trus anaknya kita taro di puting susu ibunya, di pegangin gitu. sehari biasany sekali nyusuin, itu sudah cukup bagi si bunny
      sampai si anak bisa mengejar ibunya untuk minta susu, paling 2 – 3 mingguan ud bisa ngejar ibunya :)
      ok, selamat mencoba

  20. 29

    Gie said,

    mas,mbak…ne baru pertama kalinya sy merawat kelinci sampai melahirkan 4 anak semalem.sy bingung harus gmn,soalnya si induk galak banget kalo anaknya mau minum ASI si induk…padahal makanan dan minuman si induk sudah saya penuhi.waktu pertama menyusui,awalnya saya biarkan si induk merawat sendiri karena saya pikir ibu pasti ngerawat anaknya dengan baik.tp nggak setelah itu saya dengar anak2nya menjerit2 dan si induk menggeram marah.karena saya takut bayi2 terinjak akhirnya saya pisahkan ibu dan anaknya.masalahnya,gimana cara bantu bayi2 itu bisa minum ASI dari induknya tanpa terinjak ataupun di aniaya induknya?terus,klo misalnya harus minum susu non lactosa,dengan apa untuk meminumkan susu formula tersebut ke mulut bayi,karena mulut bayi cenderung sulit dibuka…harap segera dibalas,penting sekali menyangkut hidup dan mati si bayi2 malang,,ck..ck..ck…
    arigato gozaimasu..

    • 30

      tentangkelinci said,

      dear gie,
      salah satu ciri induk yg baik merawat anaknya adalah induk yang GALAK,
      karena galak tersebut mewakili sikap melindungi anak2nya, protektif, dsb
      dr pengalaman kami, induk yg galak tsb biasanya sangat baik merawat anaknya,
      klo anak2ny menjerit mungkin secara tidak sengaja induk menginjak anaknya,
      gpp ko, kt lihat aja bbrp hr ini, klo anak masi hidup > 2 hari
      maka induk itu pasti menyusui anaknya
      dan jangan salah, induk kelinci biasanya hanya sekali dalam sehari menyusui anakny, itupun malam hari / pagi2 sekali
      so.. mungkin aja kt ngga liat pas induk itu lg nyusuin :)
      semoga bermanfaat

  21. 31

    AYu said,

    klnciku Bebi dah tua, kira2 umurny 4/5thun gtu,.
    fisiknya emg kuat, dy prnh bebrp kli luka n gk aq obati, tp dy msh ttp berthan,.. hbt kan?
    tp skrg dy buta, matanya sebelah kiri kyak katarax gtu, gak ad bola hitamnya lagi,.
    kira2 penyebabny ap? dan obtny apa?
    soalnya disini gak ada dokter hewan,.
    plizz help me,,.
    aq syg sm klinciku itu,.. dy klinci trkuat yg prnh ad,….

  22. 32

    alldian said,

    om aku punya kelinci baru lahiran tanggal 12 maret 2008 nich aku bingung g mn cara ngerawatna?trus anak’y aku taro d kranjang itu boleh g si?soal’y aku baru pertama kali!trus bapa’y di pindah y? kalo ada jawaban dari om kirim ke E-mail aku di alld14n@yahoo.com

    • 33

      tentangkelinci said,

      boleh ko taro di keranjang atau laci gitu, pastikan agar induk bisa masuk ke dalam kranjang tersebut, make it comfortable buat induknya menyusui anakny
      iya donk, bapanye di keluarin dulu, di pisahkan,, biarkan aja berlangsung secara alamiah , oke..

  23. 34

    akmal said,

    kelinci saya baru saja melahirkan tadi malam, tapi setelah besoknya anak kelinci itu dibiarkan saja oleh induknya, tidak disusui dan disentuh saja tidak kenapa begitu ya???

  24. 35

    dini said,

    bagus bgt, aq suka…
    senin kemaren kelinciku melahirkan 6 anak
    tp mati semua sekalian ma induknya. krn aq ga tau klo pas aq beli induknya ternyata sudah hamil, jd pas waktu melahikan mungkin kaki induknya terjepit di kandang so lumpuh…
    aq sedih bgt….

    tp next time aq lebih hati-hati lagi dan lebih pinter karna situs ini.

    thx semuanya yach…

    • 36

      tentangkelinci said,

      smoga tambah pinter dengan adanya situs ini :)
      salam kenal, salam kelinci ..

      • 37

        doni rahma ramdani said,

        maaf om aku pemula mau tanya nih…umur berapa bulan kelinci mulai bisa di kawinkan….trs klo kaki belakang sama buntut nya kotor cara bersihin nya pakai apa tlng comen nya ya omm

      • 38

        tentangkelinci said,

        hi doni

        usia 6 bln, bersihkan dengan lap basah dan air.
        segera keringkan klo sudah
        Tks

  25. 39

    dini said,

    bbrp hr lalu kelinciku melhirkan 5 bayi tp mati semua, krn induknya ternyata lumpuh kaki belakangnya. mungkin waktu melahirkan kakinya terjepit kandang. krn aq ga tau klo kelinciku sedang hamil, krn waktu beli yang jual ga bilang seh, trus setelah melahirkan ga mau makan, aq kasih minum air gula biar ga kelaperan….
    keesokan harinya melahirkan lagi 1 anak tp mati juga dan malemnya induknya mati juga.
    aq kasian bgt, krn induknya jdi lumpuh & ga bisa jalan.
    aq nyesel, coba klo tau sedang hamil….

    tp info diatas udah buat pengetahuan aq nambah…
    si klo punya kelinci hamil lagi ga kaget n bisa terus i\hidup.

    thx ya

    • 40

      tentangkelinci said,

      saya sarankan agar memilih kandang yang kondusif untuk kelinci,
      jangan sampai terlalu sempit, sirkulasi yang tidak lancarrr
      dan yang tidak kalah penting adalah alas dimana kelinci menginjakkan kakinya setiap saat.
      alas yang baik adalah alas yang tidak membuat kaki kelinci molos kebawahnya
      karena hal tsb berbahaya bagi kelinci apabila terjepit, atau sedang kaget ktk kakinya masuk, bisa jadi patah kakiny
      so pastikan jarak bambunya tidak terlalu jauh sebagai alas,
      atau klo pake kawat ram, pastikan pijakannya betul2 kuat dan tidak longgar, cukup agar kotorannya bisa lolos kebawah saja
      oke… smoga tidak terulang lagi

    • 41

      tentangkelinci said,

      saya sarankan agar memilih kandang yang kondusif untuk kelinci,
      jangan sampai terlalu sempit, sirkulasi yang tidak lancarrr
      dan yang tidak kalah penting adalah alas dimana kelinci menginjakkan kakinya setiap saat.
      alas yang baik adalah alas yang tidak membuat kaki kelinci molos kebawahnya
      karena hal tsb berbahaya bagi kelinci apabila terjepit, atau sedang kaget ktk kakinya masuk, bisa jadi patah kakiny
      so pastikan jarak bambunya tidak terlalu jauh sebagai alas,
      atau klo pake kawat ram, pastikan pijakannya betul2 kuat dan tidak longgar, cukup agar kotorannya bisa lolos kebawah saja
      oke… smoga tidak terulang lagi

  26. 42

    lili said,

    TOLONG!!!
    kelinciku yang umur 3 bln patah kaki pas iseng kabur dr kandang.mesti diapain,ya?kira2 bisa sembuh,ga?jwb,ya… soalnya aq msh pemula,baru 2 hari miara..

  27. 43

    lili said,

    thankq bwt penjelasannya..,tp sayangnya kelinciku yg kakina pth dah ada disisi-Nya..

    sekarang aq lg serius merawat kelinci q yg msh tersisa…

  28. 44

    evelin said,

    help…
    kelinci ku baru beranak nih semalem dan anak na 5, tp kok indik na kelinci tuh cuek banget yah??
    jadi anak na di biarin gitu ajah ga mau di deketin. gimana yah tuh?
    emang ga pernah liat induk na nyusui sih, tp anak na keliatan kayak kedinginan gitu. apa itu gpp? takut nya tuh anak2 kedinginan.
    atau apakah lebih baik dipisah ma induk na dan diurus sendiri ajah?
    dan bagai mana cara merawatnya dan memberi makan nya?

  29. 45

    dewi said,

    mau nanya2 dunk… saya punya kelinci umurnya baru 3 minggu… nah dia ud bisa mkn?? ud 2 hari saya kasih carrot siy… dianya mkn dikit2… nah abis mkn dia tuh biasanya tdur… emang normal yah begitu??? terus, ud bener kan di kasih mkn carrot?? thx…

  30. 46

    danefly said,

    emg induk klinci kyk gitu.. pas pertama bubu, klinci g, nglahirin gua juga bingung nih induk kok g sayang banget ma anaknya ya.. makanya g pegangin si induk, biar anak2nya bisa nyusu.. gitu trus tiap malam.. tp satu malam pas g tlat pulang, g liatin sang induk nunggu d depan pintu kamar tmpat anak2nya, minta masuk.. so ksimpulannya mrk nyusuin kok, cuma kita aja yg ga ngliat.. oh ya anak2 klinci juga jangan dipegang langsung ma tangan manusia, takutnya sang induk g kenal lg ma anak2nya n akhirnya mnelantarkan anak2nya.. good luck aja bagi yg lg punya bayi klinci, hehe..

  31. 47

    lili said,

    mo nanya dong,denger2 kelinci itu banyak pantangannya ya?apa aja sih pantangannya?

  32. 48

    syarifah said,

    kelinciku baru melahirkan bulan feb. lalu,tapi anknya disembunyiin dan ak g tw,cz klinciku ku lepasin setiap pagi.dan waktu siang2 ank klinciku yg tinggal1 itu dia dicuri kucing kucing karna aku lupa masukin kandang.Habisnya kan lagi musim hujan,truss ak cedih bgt.Dan ckrng klinciku g ak lepasin lagi.
    Aku mw tnya bang mang anak klinci tu biasanya dimakan ayahnya ta? klo ank klinci ud gedhe dan ad yg laki2 hrus dipisah ta?kan dalam 1kandang g boleh ad 2klinci laki2.
    Emang klinci kcl bole minum air ta? N satu lagi pertanyaanku,klinciku biasanya g aku ksh minum, tp ku ksh sayuran segar,tu bole ta?

    mav pertanyaannya byk kan pemula…..!
    jawabannya ditunggu dan makasi!^-^

  33. 49

    syarifah said,

    Aku punya dua kelinci,kelinciku yg betina habiz melahirkan sekitar bulan Feb lalu.Kedua kelinciku aku lepasin setiap pagi ampe sore,dan waktu kelinciku ngelahirin aku g tw! Yg aku tw ank kelinciku tinggal 1 dan karna waktu itu masih musim hujan jadi g ku taruh kandang dan akhirnya di bawa kucing,truzz aku sedih bgt.Sekarang kelinciku aku kurung dikandang.
    Aku mau tanyakelinci kecil itu apa harus dipisah sama ayahnya?
    Kalau anak kelinci itu boleh dikasih minum waktu udah umur berapa?
    apa kelinci g boleh kena air hujan?

    MAAF PERTANYAANNYA BANYAK,KAN MASIH PEMULA!
    Jawabannya ditunggu&makasi….

  34. 50

    Zaedaud said,

    knapa bsa sampai induknya ndiri makan anakknya

  35. 51

    Roni said,

    mo nanya nich kelinciku kemaren siang ngelahirin 5,ketahuan kalo nglahirin saat ada jeritan aneh dikandangnya setelah aku liat ternyata anak2 kelinciku di gigitin semut gatal, akhirnya aku pindahin ke dlm kardus and aku bawa ke rumah tp setelah beberapa jam 3 kanaknya mati, tapi masih ada 2 yg hidup, pertanyaanku gimana tips supaya aku bisa menyelamatkan sisa anaknya yg tinggal 2 baru umur 1 hr? trus desain kandang yang bagus buat indukan yang mu ngelahirin biar gak digigitin semut lg? and kenapa induk kelinci suka cuek ama anaknya trus ada yang sampe di injek ama si dia apa dia gak liat kalo itu anaknya….? buruan di balas thanks

  36. 52

    vida said,

    kmaren, kelinci aq nglahirn 1 tuk pertama kalinya, tapi induknya ga mw nyusuin. selang 2 hari anaknya mati. aqmw nya, qlo induknya ga mw nyusuin, anaknya makan pa?

    • 53

      tentangkelinci said,

      sebaiknya klo memungkinkan, direbain aj kelincinya / dii gendong posisi celentang trus anaknya di susuin manual deh ama kt,
      atau.. harus punya indukan dua, biar bisa dititip ke induk lainnya, syarat nya adalah , anaknya belum bau kencing ibunya, atau jarak kelahirannya klo bisa sama, jadi begitu lahiran langsung dioper ke induk lainny.
      klo pake susu kambing atau lainnya kurang bagus gizinya
      lebih baik susu induk kelinci ‘
      okee

  37. 54

    cha said,

    mas…kelinci” aq pny baby bunnies ud umur 3 minggu…
    mereka ud bisa klr dr box baby bahkan ud berani klr dr kandang…merekapun mulai ikut makan apa aja yg ada d halaman aq…yg mw aq tanyain,mrk it ud blh d ksh mkn blm?? melihat mereka ud bisa makan apa aja,aq jd ksh mereka sayuran…belakangan ini,khususnya setelah baby bunnies ud pd bs mkn,kok aq nglyat induknya kaya ud malez nyusuin y?? aq tkt mereka kehausan..trus kl aq ksh minum dikit” boleh g??
    oia,mw tanya jg,gen kelinci tu lbh kuat gen induk betinanya y?? aq ngawinin angora jantan sm papilon betina…well,corak warnanya emg cenderung ke papilon,tp bulu”nya ud pd tebel pdhl br 3 minggu,kira” itu bulunya bkl jd tebel beneran jd ky angora g y?? ap emg smw baby bunnies bulunya itu tebel”? oia,matanya baby bunnies aq itu jg pd wrna item…g ad yg merah ky bapaknya…uwh…

    • 55

      tentangkelinci said,

      beberapa peternak dan buku yg kami baca, kelinci lebih cenderung dominan di induk jantannya
      walau tidak 100% seperti itu, karena kami menemui bbrp kasus justru sebaliknya, atau ada jg yang 50:50
      saran saya klo mau menghasilkan keturunan yg dominan dari induk jantan hendaklah induk pejantan hanya dikawinkan sebulan sekali,
      agar kualitas sperma pejantan betul2 baik,
      truss soal anak2 kelinci, emangnya ga dimasukin ke kandang ya ? klo punya kandang yg agak besar, masukin ke kandang aj
      khawatir di alam kelinci suka makan sembarangan, klo di kandang dikasi pelet aja ama air minum
      gpp ko anakan kelinci makan2an tsb,
      thanks

      • 56

        cha said,

        kandang’a ada,tp bgtu nglyat mrk ud bs lari”an,aq keluarin aj buat main” sbntar,kl skr mlhn aq lps aj d halaman,kl mlm br msk kandang lg,kasian kl terkungkung trus”An
        hmm…kl gt brarti aq dpt kasus yg krg lumrah y,klnci jntan aq br skali kwn kok,skr bulu” baby bunnies ud pd keliatan emg agk tebel,bhkn ad yg mrp angora bgd,tp kl corak warna y bnr” ikut ibu’a tu…wrna mata’a jg,g ad satupun yg wrna merah ky bpk’a..
        oia,kl baby bunnies ud pd gd,aq mw cb kawinin klnci” anakan angora (betina smua) aq it sm fuzzylop jantan,kira” kuping’a bkl turun g yh?? prnah silangin fuzzylop sm jns lain kn?? kuping’a pasti turun g?

        mf y aq byk tnya,sharing gpp kn? :)
        induk klnci aq it jg br ptma x ngelahirin,yg aq lyt dy kn ud mls nyusuin anak”nya,tnyata br belakangan ini aq tw kl puting susu’a ad beberapa yg ud luka (korengan kering),dan ad yg bengkak bsr bgd,serem nglyat’a,kasian jg…gmn y cara ngatasin’a…takut’a dy hml lg,truz nt g bs nyusuin anak”nya…it bs smbuh kn??
        mhn info’a y…
        merci bien ^.^

      • 57

        tentangkelinci said,

        to : cha
        croshemelz@yahoo.co.id
        118.137.23.205

        klo mau bener2 mirip bapaknya, ga bisa skali doank dikawininnya
        harus 2-3 kaliii, jadi percobaan pertama tidak bisa dijadikan ksimpulan,
        sebaiknya coba dikawinkan lagi, apakah mirip jantannya atau induk betinanya, atau malah mirip kake neneny

        pernah kt ngawinin jantan fuzzy ke holand lop betina
        anaknya mirip bapaknya smua, jadi fuzzy dan kupingnya turun smua ko

        puting susu yang luka itu alami ko, asal luka nya sekedar merah dan aga bengkak
        itu mungkin karena frekuensi menyusui yg tinggi,
        nanti setelah sapih kasi jarak waktu sblm dikawinkan kembali
        biasanya puting susu mulai stop susunya pada usia 56 hari

        Thanks

  38. 58

    dZein said,

    aku mau tanya kalau kelinci diliarkan giman?kan jadi gak repot………………………..
    tapi gimana kesehatannya?

  39. 59

    Karin said,

    Aku pengen tanya , kan aku punya kelinci cowo , nah truz aku kawinin sama kelinci cewe orang lain ,setelah sebulan kelinci cewenya ngelahirin .Nah yang aku mau tanya berapa lama anak nya sama ibu nya ? Dan aku ga sabar agar anak kelinci nya bisa sama kelinci aku (cowo) dan di pisahkan dari ibu nya ?
    Apa berbahaya kalo anak kelinci di pisahkan oleh ibu nya ? Dan tinggal bersama ayah nya ? Blz ya pleace .

    • 60

      tentangkelinci said,

      bunny bersama induknya selama 56 hari, boleh lebih tp jangan kurang y
      teruss, jangan digabung ama bapaknya
      nanti bisa di garukkk anak2ny
      hehe, jangan yaa, karena ayah kelinci tidak kenal sama anak2nya
      beda sama manusia, :)
      klo mau dipisahkan harus dikandang yg berbeda dengan ayahnya nanti,
      okeee

    • 61

      tentangkelinci said,

      to karim,

      maaf ya baru baless
      kelinci jantan atau dalam hal ini induk jantan tidak boleh digabungkan dengan anaknya
      apalagi anaknya jantan juga, bisa berantem atau anaknya di kejar2 nanti
      pisahkan dengan jantannya sejak betinanya hamil
      lantasklo sudah lahiran gmn ? biarkan bersama ibuny selama 56 hari, setelah itu pisahkan dari ibunya
      taro di kandang tersendiri khusus anak.
      klo anaknya beda2 kelaminnya gmn ? pisahkan ketika mereka usia diatas 4 bulan , terutama jantan dengan jantan
      nti bisa berantemmm

      okeeey
      mudah2an membantu

  40. 62

    riczman said,

    halo abang rabbit,,

    mo konsultasi ni…
    5 hari yg lalu klinci saya melahirkan,,anaknya ada 5,,bayi2 klnci tsb saya pisahkan dari induknya,,krn tempo hari sdh prnh melahirkan 6 anak,eh trnyata malah dimakan sama induknya…skrg ini,,setiap pagi,sore&mlm saya bantu anak2nya utk menyusu di induknya..
    saya pny bbrp prtanyaan ni…

    1] setelah saya perhatikan,,puting susu si induk ada 8 buah ya?apakah setiap puting susu memiliki volume ASI yg sama/berbeda?

    2] knp bayi kelinci ketika sedang menyusu,,sllu berontak,bergerak ksna kmari,,tdk prnah anteng si satu puting,,maunya pindah2 dr puting yg satu ke yg lainnya..
    apakah itu sifat alamiah atau krn setiap puting susu induk memiliki volume ASI yg beda??

    3] selain madu,makanan apa yg harus diberikan utk meningkatkan/menjaga produksi ASI si induk

    4] pada hari ke brp mata bayi kelinci mulai terbuka/melek?

    5] oia,klinci indukan saya itu warna hitam & di dahinya ada strip vertikal warna putih,,itu jenis apa ya?

    many thx utk jwbnnya abng rabbit

  41. 63

    endo' said,

    Salam Kenal!!!!
    Ak punya kelinci namanya T-za, seminggu yang lalu baru melahirkan 5 anak.. lucu-lucu.. (^0^) sebelumnya juga sudah melahirkan 6 anak sih.
    Tapi semalam, tanpa sepengetahuanq T-za keluar pagar. Pagi harinya dketahui T-za mati digigit (maaf) anjing tetangga.. Sekarang anak2nya yatim.. (T,T) padahal anak2nya masih seminggu umurnya.
    Gimana ya caranya ngasih pengganti susu induknya?
    sebaiknya berapa kali anak2nya hrs diberi susu?
    katanya susu kambing baik.. selain itu ada g??
    Reply plizz…
    Thx 4 d’Heulp….

  42. 64

    nashwa said,

    salam kelinci….

    nash baru punya baby bunny 9 ekor…. seneng banget…. tapi bingung cara merawatnya….
    saat ini baby nya dah d taruh d kandang yang masih sekandang dengan induknya (ga sekandang dengan pejantannya)

    gimana ya mengatasinya mengingat nash baru pertama ini punya baby bunny…..
    tolong ya………

    • 65

      tentangkelinci said,

      to : raisha nashwa

      salam kelinci jugaa
      pasti seneng deh punya anak kelinciiii :)
      tenang aj ,
      berikan ruang yg nyaman untuk induk menyusui anakny
      jauhi dari suara bising atau ancaman pemangsaaa
      make it comfortable kandangnya,
      secara alami idealnya kelinci menyusui anaknya di malam hari atau pagii hari.
      maaf y baru balesss
      Salamm

  43. 66

    susan said,

    Kelinci gw kemarin baru melahirkan, anaknya ada 3 tapi mati 1.
    tapi induknya cuek banget,malah menginjak anaknya. Krn takut mati,gw pisahin deh.
    Ternyata induknya ga keluar air susu,padahal uda dicoba buat disusuin scr manual.
    Akirnya skrg gw kasi susu formula.
    Kenapa ya air susu induknya ga keluar? Padahal uda dicoba dipijit2 juga.
    Bisa ga sih bayi kelinci bertahan hidup tanpa air susu induknya?
    makanan apa yg bisa bikin produksi air susu induk kelinci meningkat?
    Thanx a lot.

  44. 67

    witri50 said,

    Mau nanya,kelinci saya baru melahirkan 7 ,1 di makan induknya 3 mati, tinggal3 tapi induknya nggak mau meyusui aku bingung hrs di kasih minum apa?HELP ME

  45. 68

    putra said,

    bang rabbit akyu mau tanya dunkz..
    aqu punya kelinci jenis anggora dia dah lahiran 3 anak tp yg hidup tgl 1..
    yg bkin bngung yaitu wktu induknya slese lahiran dia ga mau nyusuin anaknya smpe harus dipaksa dipegangin trus anaknya ditempel ke susu induknya..induknya tetep brontak alhasil ternyata susunya isinya cm darah aja…
    knp ya kok bs ga mau nyusuin??tmn2 quw problemnya jg bnyk ky gtu..induk ga mau ngurus anak sehabis melahirkan…

    akhirnya anaknya yg bertahn tgl 1 aja, itupun dari lahir dah mulai djagain sm adik aqu dan mnum susu dancow dengan cara disuapin dari bayi masih merah..apa berbahaya cara ky gtu klo seandainya besok2 lahiran lg anaknya diurus pake cara ky gtu..soalnya takut dibuang lg sama induknya…

    makasih ya bang rabbit..mudah2an ada blsan jwbn dari bang rabbit..

    • 69

      tentangkelinci said,

      dear putra..

      oke, first kt harus tau bahwa tidak smua induk mau menyusui anaknya
      biasany klo dia ngga mau nyusuin , maka seterusnya akan seperti itu ( Carrier )
      nah solusinya adalah :
      1. titip ke induk yg lain, gmn caranya , mas harus punya indukan lebih dari 1
      dan mengawinkannya di tanggal yang sama, nanti pas lahiran, anak dr ibu yang tidak mau menyusui
      di oper ke induk yang mau menyusui anaknya,
      2. tidak boleh jarak kelahiran yang jauh berbeda , karena induk sudah mengenali anaknya
      beda ketika jarak kelahirannya selang satu hari atau bbrp jam
      3. susuin manual, caranya, induknya dipegang dicelentangin trus anaknya disusuin langsung deh
      sambil ibunya di pegang agar tidak berontak,

      Salam

  46. 70

    dewi said,

    abang putraa (sok kenaL bgd),, tanya donnkk..
    aku panik bgd ni keLincikuu meLAhirkan nie, tpi anak ptma dmamam, paLAnya mpe puntung, ni skr udah LAhir LAgi tpi induknya ga mw nguruss.. maLAh mau di injek2.. aku awaLnya g tw kLo kLinciku hamiL, org dya ga ad nyabutin buLunyaa.. aku bngung msti gmnaa..
    udah dpegang2 pua sma mamakuu… jdi mkin g mw aj d tuh emaknyaaa..

    aku hrussss gmanaaaaaaaaaaaaaa?????
    bsa g mnum susu formuLa???
    baLEss ASAPPPP…. dbutuhkan bgd infonyaa dri kmuuu

    • 71

      tentangkelinci said,

      dear putra., eh.. salah yee. dewi or suhud :)
      1. jangan panik !
      2. sudah berapa hari ni lahirannya ? klo uda 3 hari masi idup, berarti induknya nyusuin anaknya
      3. sebaliknya induk yg tidak menyusui anaknya, paling anaknya 2 hari uda mati
      4. biarkan induk sec alamiah menyusui anaknya, ga usa dipegang2 anakny
      berdoa , mudah2an induk mau menyusui anakny
      good luck….

      • 72

        dewi said,

        yeeaaahhh aku pke emaiL bapakku..
        hahaha..

        iya masiih idup tpi g sma induknyaa
        maLAH sma mamahkuu
        ahhahaa..

        mnumnya susu dancow
        jdi anak sapi d.. hee

        induknyaa g mw anaknyaa
        dgigit gtu.
        jdi gmna dunn?
        udh ky gni brarti sLmany dya g mw yaa??
        maLAhh ibuny aj g ngrontokin buLu2nyaa tauuu..

        thanx infonyaa

      • 73

        tentangkelinci said,

        to : dewi anaknya pa suhud
        alhamdulillah masi idup
        digigitnya dimakan apa bener2 digigit ?
        biasanya kelinci indukan itu ada 3 sifatnya :

        1. nyusuin anaknya
        2. cuek bebek alias gak mau nyusuin anaknya, boro2 dicolek ni anakny
        3. kanibal, anaknya dimakan,, so pasti jg ga mau nyusuin anaknya, biasanya klo dia kanibal
        kejadiannya itu pas bgt bayinya kluar langsung dimakan ibuny
        nah… tergolong yg manakah ini ?
        tak taulah aku, hehe
        hipotesany ga cukup kuat untuk mengambil kesimpulan,
        abis dipisahin si dr indukny
        yowesss,

        klo emang ud dipisah, kasi madu ya bunny nya
        tp jujur tidak ada yg sebaik asi induknya
        itu buat antibodi bunny

        warm regards,

      • 74

        dewi said,

        what?? madu?? ap itu g ap2.. yakin g apa2..
        banyak c madu drumaah tpi tkut ahh..
        iya ni.. udah 3hari dn dya jdia anak emak saya ni skr..

        emm kyanya yg kdua d mass.. dya sebodo amat sma anaknyaa..
        truss2 ni dya nyusu mpe kpan yaa??
        kpan c dya meLEk mass??
        bnran 10 hari? sian bgdd. haa..

        tu baby sneng dtngan emak saya.. bsa dya tdur puLEss dtngan emak sayaa..
        heee..

        thanx u byk info bmanfaatnyaa..^^

  47. 75

    dewi said,

    eehh saLAhh yaa… namanyaa bukan putra yaa.. piss yaa.. hee ^^v

  48. 76

    Firman Noor said,

    ikut gabung….

    mau nanya dunk..
    kelinci anggora gw ngelahirin 2 hari yang lalu, anaknya ada 5.. dan tadi mati satu.. sebenernya gw ragu anaknya disusuin apa enggak ya… induknya cuek banget, maen loncat gitu aja ke box anaknya..

    terus, pas hamil ko dia gag ngerontokin bulunya ya? terpaksa aku kasi jerami dan rumput kering di boxnya. Tapi anehnya, setelah dua hari melahirkan, dia malah ngerontokin bulunya dan menyusunnya di box yang udah ada anak2nya… wajar gag sih??
    terus mau nanya juga, bentuk puting susu si induk kalo dah beranak gimana sih? apa sama kayak kucing, menonjol dan bengkak? ko kelinci punyaku enggak ya? takutnya gag keluar susunya…
    kalo anaknya dikasi Dancow bagus ga? terus takarannya gimana? please.. minta bantuannya segera…
    thanks…

    yang mau kenal boleh add YM gw:
    peer_man_noer

    atau FB gw:
    smiledevils.inside@gmail.com

    salam kelinci…!!!

    • 77

      tentangkelinci said,

      Dear Firman,
      hehe.. abang rabbit lg siap2 lebaran ni,
      mumpung masi ngantor ane jawab dah..

      masalah ngerontokin bulu, para ahli kelinci sepakat berbeda 2 jawabannya , hehe
      karena emang kajdiannya beda beda , ada yg ngerontokin, ada yg ngga,
      ada yg ngerontokinnya abis lahiran, atau sebelum lahiran, macem2
      itu wajar2 saja,
      ciri2 kelinci disusuin :
      1. liat puting induk nya, apakah merah dan agak bengkak
      klo iya, itu tandanya menyusui.
      2. liat kondisi perut anaknya, klo endut maka induk nyusuin anakny, sebaliknya
      akan kurus sekali klo ga dsusuin, keriput

      solusinya gmn ?
      ada bbrp yg menyarankan pake susu etawa,
      dan sebagian menyarankan kasi madu tentu dalam takaran yg sedikit jgn berlebih
      atau klo ada induk titipan , boleh juga dititip
      oke,
      klo kurang jelas bisa hub kami di 0811 100 2776
      Salam,

  49. 78

    Firman Noor said,

    Terima kasih penjelasannya…
    tapi bayi kelincinya tinggal 2 dari 5… setelah saya periksa puting susu si induk, ternyata sama sekali gag membengkak, mungkin dia gag bisa menghasilkan susu kali ya? sekarang yg 2 aku pisahin di kardus, kurus dan keriput banget.. saya coba kasi minum dancow, tapi bingung takarannya seberapa, terus ngasihnya berapa kali? kira-kira mampu bertahan gag? punya YM atau FB bang??
    btw, selamat mudik.. selamat menikmati berkumpul dengan keluarga…

    • 79

      tentangkelinci said,

      dear firman,

      kmungkinan besar kelinci tsb tidak menyusui anaknya
      bukannya gak menghsilkan susu, induknya maless aje
      oke, induk itu gak sakit atau scabies kan ??
      klo ga , berarti harus cari induk lain mas yg mau nyusuin anaknya
      atau biar ga penasaran, coba di kawinkan sekali lagi
      liat di kelahiran yg kedua
      apakah si induk tdk mau menyusui anak2nya !
      soalnya ada bbrp kasus yg ketika pertama kali induk ga mau nyusuin
      yp di kelahiran kedua dst.. dia baru mau
      gitu mas ..

      Salam

  50. 80

    dewi said,

    boss,, tnya duonxxx..
    important nii..
    baby ku yang kmren udah 19 hari nie udah mulai aku kasih sawi, boleh kn?
    truss2 kLo peLEtnya gtu boleh jg ga?
    pLiss repLy ASAP..
    thanx.

    • 81

      tentangkelinci said,

      dear dewi.,

      klinci jangan dikasi sawi , dangerrrr
      sawi ada gasnya, ga cocok buat perut kelinci
      buat makanan dewi aj, jgn bunny
      biar dia nyusu dari induknya aj,
      atau kasi madu, pelet bolehh tp jangan banyak2 y
      Salam

      • 82

        dewi said,

        wahh mas bro sorii ni. bukannya ga pcya tpi bunnies ku 4buLAn tnggaL sama aku makan sawi trus sehat2 aj never sick kcuaLi krna kutu dbawah kuLit dan krcunan sabun cuci.
        hee.
        jdi aku bngung nihh..
        aku cnh ksihh kangkung c iya g bsa tpi sawi itu udah dri duLu dan gpp tuhh..
        hee..

        aduuhh aku kcian jg c ngasih peLEt, abis keras kn. huhuhuu..
        tpi dcoba d.
        hee

        madu? tkuut mas..
        tkut g cocok..

        kmren kLinciku mati 1 krna kpanasann..
        sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhh bgd :'(
        huahh..

        ni my baby udah 3mnggu Lbihh.
        strong!! hee

        and anyway dia nyusu dancow Lhoo. hee

      • 83

        tentangkelinci said,

        dear dewi
        hebat juga ya kelincinya yaaa :)
        jenis apa si ?
        klo ga percaya ora opo2, hehe, ini kan sekedar saran berdasarkan pengalaman
        sok atuh klo emang cocok mah :)
        hehee

        biasanay kelinci hias lebih rentan terkena pnyakit ketimbang kelinci pedaging
        itu sudah menjadi lumrah di antara peternak kelinci,
        dan tetap sawi adalah makanan yg tidak kami sarankan,
        ada bbrp kejadian di bandung , dimana seorang peternak memberikan kelincinya yg hendak di kirim ke luarkota
        sblm di berangkatkan, kelinci2 tsb diberikan sawi terlebih dahulu
        walhasil, puluhan ekor kelincinya mati, padahal sbelmnya sehat2 aja
        so,,, it is our choice to ensure that the food is hygiene & healthy for bunny :)

        warm regards,,
        abang rabbit

  51. 84

    jovina said,

    gimana nih kelinciku ngelahirin tp ibunya gak mo nyusuin???

  52. 85

    kis said,

    q pnya kelinci…….. tapi ko napa klo yang masih baby rawan banget mati.meski masih da ibunya tetep aja bisa mati.kira2 jenis penyakit apa yang sering dialami si kelinci kecil…… tolong kasih info donk….. n gmn tips merawat kelinci dng baik

  53. 86

    adlina said,

    abang rabbit,,salam kenal ..kelinci saya warnanya putih,,ada corak coklat di kaki belakangnya sedikit..matanya merah,,telinga tegak,,itu jenis apa,,ya bang??jumat yang lalu, tanggal 2 oktober 2009, dia melahirkan 4 anak, 2 warna pink, 2 warna item..tanggal 6 oktober 2009 kemarin, 1 yang item dan 1 yang pink udah mati,,gak tau kenapa..tiba2 gak mau nyusu, badannya udah dingin, trus lemes banget..itu kenapa, bang??padahal paginya jam 7 pagi masih mau nyusu dengan lahap..trus,,aku pisahin anak sama induknya malam selanjutnya, karena takut diinjek2 ibunya,,trus yang 2 lainnya juga udah gak mau nyusu,,padahal aku udah susuin secara manal,,tadi pagi sebelum berangkat kerja,, aku coba susuin manual lagi di induknya,,tapi gak mau tuh..tolong disarankan ya,,bang..saya gak mau keilangan 2 bayi kelincinya lagi,,makasi banyak ya bang..

  54. 87

    adlina said,

    bang rabbit,,bayi kelinci saya mati satu lagi,,barusan..padahal udah dikasih air madu,,tapi ga responded lagi..tinggal 1 lagi ni,,mendekati sakaratul maut,,gimana cara mengatasinya biar si bayi sehat lagi?tolong sarannya,bang..trimakasih..

    • 88

      tentangkelinci said,

      to adlina :

      soryy ya baru balesss, sibuk pisan ni euy
      harus di intensifkan memang mba klo mau nyusuin manual gt,
      klo boleh tau sejak kapan dengan cara manualnya ?
      cara seperti ini harus rutin klo bisa dua kali sehari, pagi dan malam saja
      dan cara ini cukup efektif untuk induk yg memang tidak mau menyusui anakny
      sebaiknya minimal usia 2 minggu baru boleh dikasi madu ,
      klo dibawah itu tetap susu induknya adalah makanan terbaiknya

      Salam,

  55. 89

    dewi said,

    sory mass bru ngrepLy LAgii..
    babyku matii, kejepit pintuu.. tragedy bgd..
    g kuat..
    mamahku smpe nangis 3hari 3maLEmm. hee. hiperboLa ya. hahah..
    tpi emank paiit bgd.. sediihh bgd..

    tpi skr aku punya baby LAgi,, LEbihh tepatnya c babies mass..
    ada 2 soaLnya..
    dri induk yg berbeda..
    senaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnggg sekaLii..

    and skr pertanyaanku cuma muLAi umur brpa si babies bsa aku Lpas dri mama mrka??
    bner g c nanti mamanya bsa tmbuL hasrat kanibaL ke babiesnya?
    thanx a LOtt

  56. 90

    dewii said,

    mas bro, baLEss dunn

  57. 91

    Isa Faris said,

    bos,
    mau tanya neh..

    kelinci saya itu melahirkan anak 4,tapi seleksi alamnya menyisakan 2 anak saja..
    tapi saat umur anaknya baru 12 hari si Induk meninggalkannya karena sakit.

    lalu bagaimana caranya agar si anak bisa tetap hidup?

    terima kasih sebelumnya… :)

  58. 92

    Ais said,

    Helloo….wanna ask
    Aq punya kelinci….tau-tau kaki nya patah dalam keadaan terjepit d alas kandangnya…kira2 bisa g seh kelinic kaki nya patah karena kejepit????

    • 93

      tentangkelinci said,

      hai ais,
      bisa saja kelinci kakinya patah karena kejepit, misal pada kandang yg alasnya lumayan besar,
      ex: kandang besi biasanya mempunyai ruas yang besar sekali,
      kami juga mempunyai kasus yang sama dulu,
      saran kami lebih baiik menggunakan alas bambu dengan ruas jarak antar bambu sekitar 1 cm2
      atau kandang besi dengan alas yg juga mempunya ruas tidak besar , < 2 cm
      atau alas dengan kawat ram ukuran 2×1 atau 3×1

  59. 94

    Dennis said,

    Hallo Aku Punya anak kelinci yang satunya kecil saat mati umur 5 hari perutnya kembung mungkin kebanyakan minum gak

  60. 95

    elliot said,

    mas, anak kelinci saya umur 16 hari ada seekor yang matanya cuma satu yang terbuka, satunya tertutup rapat, saya coba rengangkan pelan tak mau terbuka. Apa memang buta sebelah ya? Tampaknya sih bersih sekitar mata, tak ada kotoran atau penyakit, kok bisa tertutup terus apa pernah menemui kejadian seperti ini? 2 ekor lainnya normal, yang buta sebelah ini juga sehat sebetulnya. Thanks infonya

    • 96

      tentangkelinci said,

      dear bu elliot
      maaf baru aja buka blog, sibuk dengan pekerjaan kantor ni :)
      tadi uda saya jelaskan via tlp y
      sebaikny alamiah saja, kita liat nanti pada saat sebulan apa uda terbuka.
      menurut perhit si seharusnya si uda terbuka y matanya
      ga tau jg klo ada cacat bawaan lahir,
      banyak faktor si seperti apakah keturunan in breed, atau terkena apa gt waktu sebelum 16 hari, walau kejadian ini terbilang jarang

      kbr2i ya bu elliot ,
      salam

  61. 97

    toto said,

    saya punya kelinci jenis rex sepasang…
    apakah lokasi sekitar kandang harus terang?dan apa pengaruhnya? makasih kang atas jawabannya…^__^

    • 98

      tentangkelinci said,

      dear toto,
      yang pasti kondisi kandang dan sekitarnya tidak boleh lembab,
      kami lebih suka menyarankan sirkulasi kandang yg baik, dimana kelinci dapat merasakan udara yg berhembus &
      sedikit terpaan sinar matahari ( bukan matahari langsung y ) misal bagiann belakang kandang atau sepertiga kandang terkena sinar matahari tp ada bagian lain dimana kelinci tsb dapat berteduh, karena terlalu panas bisa berbahaya bagi kelinci, coba deh baca tulisan di blog kami tentang bahaya kepanasan pad kelinci.
      jadi harus seimbang, antara pasokan matahari yg masuk, dan sirkulasi udara yg baik,
      ibaratkan saja kt sebagai manusia ktika beraada dalam rumah yg lembab, sedikit udara yg masuk, sementara uda diluar panas, pasti kondisi didalam rumah akan tidak nyaman skali, makanya diharuskan memiliki sirkulasi yg baik

      salam

  62. 99

    Salman Syihabul Huda said,

    yaaaaaaa!.cukup menarik.lKarena aku juga baru punya anak kelinci yang umurnya baru 2hari.haaaaaahahahaha

  63. 100

    Zahriska Dewani said,

    kenapa sih, kelinci q ngubur anaknya di dalam tanah???

  64. 101

    Dian said,

    maz mw nanya ne kelinci saya baru melahirkan 5 hari yg lalu,, apa anaknya itu boleh dipegang manusia ga? cz saya gemez bgt pngn pegang baby na,,,hehehe tnkz,,,

    • 102

      tentangkelinci said,

      dear dian

      hehe gemesss y
      boleh aj si, tp jangan sering2
      dan jangan nempelin bau ke anak kelinci tsb,
      misal kt pake minyak wangi atau bau balsem misalnya
      nahh, jangan sampe bau2 tsb nempel ke anak kelincinya
      khawatir ibunya ga mau aj nanti nyusuinnya

      Salam

  65. 103

    ican said,

    kelinci sy baru pertama kali melahirkan pada jam14.00 jam 2 siang. anaknya ada 8 ekor, bgm caranya supaya dia mau menyusui semua anak2nya? karena waktu menyusuinya pagi hari ada yg gak kebagian tempat menyusu bgm menyiasating? tolong sy jawabannya, terima kasih banyak

  66. 104

    age rabbit said,

    halo para sahabat penggemar kelinci ! salam kenal .
    saya berdomisili di medan, kelinci saya ada 4 ekor berjenis flemish, fuzzy loop, english spot dan lokal persilangan flam. saya pengen tau ne, dmana ya ada peternak di kota medan, saya membutuhkan pejantan rex dan lyon, kira2 berapaan ya harganya. tqs,

  67. 105

    ita said,

    slam kenal, mo tnya ni,aq pnya induk betin klinci,aq bli br 7 hr yg, tp pas hr k3 g mo mkn,feses x brlendir,jlan x sprt kejang2,aq kr mo mati,stlh aq liat trnyta kaki blakng yg kiri patah,g bs dtekuk, mgkn krn mggnggu kaki dpn x g mo brdiri g bs angkt kpala x,hr k5 aq liat tlapak kaki blakng kanan luka&dbi2r x jg ada luka sprt sariawan. yg aq mo tnya bgmn mrawat klinci yg kaki x patah&luka,cz aq sdih klo liat dia jln. dtnggu y blsan x, mksh sblm, plis dsini g ada dokter hwan. slm klinci

  68. 106

    ican said,

    mas sy mau tanya: anak kelinci sy umur 9 hari ditinggal mati induknya, anak kelinci berjumlah 5 ekor sekarang telah berumur 1 bln 10 hari, sy kasih minum susu selama tidak ada induknya pake alat pruit dan sekarang masih sehat, makanan apa yg cocok buat anak kelinci sy? apa dah boleh dikasih pelet? terima kasih mas

    • 107

      tentangkelinci said,

      dear ican

      pada usia 1 bulan 10 hari memang dalam masa menyusui induknya
      dan belajar makan , tp karena induknya ga ada
      maka madu bisa menjadi alternatif lain
      karena anak kelinci suka sekali dengan madu

      nah makanan lain adalah pelet , tp ingat, jangan terlalu banyak memberikannya
      karena pencernaannya belm baik
      rumput juga boleh, asal dikeringkan/dilayukan terlebih dahulu selama sehari

      Salam

  69. 108

    nirma ayu said,

    mau tanya klinci saya mrelahirkan tapi induknya gag mau menyusui……sebaiknya bagaimana ya?saya jadi bingung karena takut lama2 bayi kelinci bisa mati…terimakasih

    • 109

      tentangkelinci said,

      dear nirma,

      ibu bisa baca di artikel2 kami tentang induk yang menyusui
      atau di jawban2 sebelumnya

      Salam

  70. 110

    lefiattan said,

    abang rabbit ada stock kelinci apa ja nih……….??
    holland lop n english anggora ada ngak?

  71. 111

    cubitea said,

    punya saya selama dia menyusui si anak nya blom saya lepas liar masih saya taroh di aquarium tapi saya beri 3x sehari di susu kan ke induknya itu baik gak

    • 112

      tentangkelinci said,

      hi cubitea

      sebaiknya si dibiarkan secara alami
      klo memang dia menyusui anak anaknya
      manual itu klo memang si induk betul2 tidak
      mau menyusui anak2ny
      2 kali sehari cukup ko
      pagi dan malam

  72. 113

    Mala said,

    aq mau tny aq pnya kelinci baru melahirkan 3 minggu yang lalu ada 4 ekor tapi mati 2 dan yang dua lagi hidup masalahnya yang satu kenapa ya bulu nya tumbuhnya belum sempurna dan yang satu sdh lebat. knp ya tumbuhnya agak lama..
    maaf ya nanya kurang bagus…

    • 114

      tentangkelinci said,

      dear mala,

      pertumbuhan bulu pada kelinci belum akan maksimal ketika usia sapih
      biasanya baru keliatan setelah disapih
      karena kelinci yg baru lahir, semuanya dalam tahap pertumbuhan
      gigi, bulu, otot2nya dsmuanya
      memiliki fase2 pertumbuhan sendiri

      so,,,
      sabar sejenak
      biarkan induk menyusui anaknya
      dan anak kelinci tumbuh dengan sehat dan sempurna

      tks :)

  73. 115

    asyef said,

    salam sukses,

    saat ini sy sedang merintis usaha peternakan kelinci, minggu kemarin 2 ekor indukan melahirkan. yang satu melahirkan 7 ekor dan 11 ekor, tapi pasti ada yang mati dan sekarang yang hidup hanya 3nan.

    yang mau saya tanyakan :
    1. gimana sih mas pembuatan sarang yang baik, memakai bahan apa untuk berlindung dari panas atau dingin.
    2. apa anak kelinci yg baru lahir tidak disusui induknya?
    3. induk yg sudah menyusui ko ga mau makan sekarang, apa itu sakit?

    terima kasih atas jawabannya.

    • 116

      tentangkelinci said,

      hi asyef,
      salam sukses juga
      langsung aj ya dijawab :
      1. * kotak sarang sebaiknya berukuran lebih besar dari si induk,
      berikan jerami agar anak kelinci dan juga induk sebelum melahirkan merasa aman
      * pastikan kondisi sekitar kandang aman dari suara bising, gangguan 2 pemangsa,
      hindari si induk agar tidak stress thd lingkungannya
      * pastikan asupan makanan dan minuman terjaga dengan baik, bersih dan higienis
      ini untuk menghindari si ibu merasakan lapar yg sangat ketika pasca melahirkan
      * kotak biasanya terbuat dari kayu, seperti kotak laci, kemudian alasnya sebaiknya ada bolong2
      biasanya bisa kt gunakan kawat ram nyamuk yg rapat bolong2 sedikit, agar pabila si induk kencing, air kencingnya
      bisa turun kebawah

      2. klo anak kelinci tidak disusui, maka otomatis anak tsb akan mati
      karena satu2 yg bisa membuat anak kelinci tsb bertahan adalah susu induknya
      walau ada memang induk yg tidak mau menyusui , tp pada umumnya induk
      secara fitrahnya akan menyusui anak2nya

      3. pasca melahirkan , H+1 si ibu biasanya sudah mulai banyak makannya
      klo tdk mau makan, harus dicek lg, ada apakah dengan kelincinya ?
      boleh jadi kembung, sembeli, etc..

      Salam

    • 117

      tentangkelinci said,

      hi asyef,
      salam sukses juga
      langsung aj ya dijawab :
      1. * kotak sarang sebaiknya berukuran lebih besar dari si induk,
      berikan jerami agar anak kelinci dan juga induk sebelum melahirkan merasa aman
      * pastikan kondisi sekitar kandang aman dari suara bising, gangguan 2 pemangsa,
      hindari si induk agar tidak stress thd lingkungannya
      * pastikan asupan makanan dan minuman terjaga dengan baik, bersih dan higienis
      ini untuk menghindari si ibu merasakan lapar yg sangat ketika pasca melahirkan
      * kotak biasanya terbuat dari kayu, seperti kotak laci, kemudian alasnya sebaiknya ada bolong2
      biasanya bisa kt gunakan kawat ram nyamuk yg rapat bolong2 sedikit, agar pabila si induk kencing, air kencingnya
      bisa turun kebawah

      2. klo anak kelinci tidak disusui, maka otomatis anak tsb akan mati
      karena satu2 yg bisa membuat anak kelinci tsb bertahan adalah susu induknya
      walau ada memang induk yg tidak mau menyusui , tp pada umumnya induk
      secara fitrahnya akan menyusui anak2nya

      3. pasca melahirkan , H+1 si ibu biasanya sudah mulai banyak makannya
      klo tdk mau makan, harus dicek lg, ada apakah dengan kelincinya ?
      boleh jadi kembung, sembeli, etc..

      Salam

  74. 118

    shirley said,

    mas sya mo tanya bbrp prtanyaan :

    1.)sya pnya kelinci 2, jnis nya anggora sma rex ,nah klo dah gde dkawinin hslnya jdi aneh ga yahhh…. :(

    2.)klo klinci itu mank rentan bngt ama pnykit yaa..hbis klinci sya yng dlu cpt bngt lo kna pnykit & mati hiks hiks….

    3.)klo klinci nya lemes ksi ap?(klinci saya 22nya umr 2 bln..)

    4.)mas pnya klinci jenis ap

    • 119

      tentangkelinci said,

      dear shierly

      1. jadinya ya kaya orangtuanya, temenku ada ,
      tp memang lebih dominan di jantannya
      klo jantannya anggora, lebih mirip anggora
      tp klo sebaliknya, ya lbh dominan rex
      2. segala sesuatu harus tau ilmunya mba,
      insyaallah dengan ilmu dan pemahaman yg baik,
      kelinci terhindar dr penyakit2 itu
      3. kelinci lemes pasti ada sebabnya
      kenali gejalanya, dan kdua kenali penanggualannya
      lemes bisa karena kembung, karena mencret, atau karena sembeli
      penanganannya pun bermacam2
      4. dirumah ada rex dan rexsatin

      Salam

  75. 120

    shirley said,

    mas sya mo tanya bbrp prtanyaan :

    1.)sya pnya kelinci 2, jnis nya anggora sma rex ,nah klo dah gde dkawinin hslnya jdi aneh ga yahhh…. :(

    2.)klo klinci itu mank rentan bngt ama pnykit yaa..hbis klinci sya yng dlu cpt bngt lo kna pnykit & mati hiks hiks….

    3.)klo klinci nya lemes ksi ap?(klinci saya 22nya umr 2 bln..)

    4.)mas pnya klinci jenis ap

    maaf ya bnyk bngt nanya nya hbis newbie

    • 121

      shirley said,

      hueeeeeeeeeeeeee..tolongin aq donk

      kelinci aq yng rex idungnya berdarah g tau napa
      gmna cara tolong nya hueeeeeee

      • 122

        tentangkelinci said,

        dear shierly,

        berdarahnya kenapa ya ?
        coba dicari tau apa penyebabnya
        klo luka dikompres aj pake rivanol
        atau klo mimisan coba di pindahkan ke tempat yg lbh adem

        Salam

  76. 123

    Miss en said,

    Kelinciku baru ku beli3 hari yang lalu, pagi ini gak mau makan, begitu di lepas, kaki kirinya gak bisa di gerak. Patah kayaknya??
    Dari komen di atas saya belum baca tentang pengobatan, pleaseeee…. Thx..

  77. 124

    dini said,

    baby BunniQ baru Lahir kemarin,,tp 2 mati diluar kandang…tgal 1 deh..b induknya g mw nyusuin…n Qu coba pegangin induknya dgn posisi telentang n alhamdulillah baby BunniQ nyusu jugaa…wlaupun rempong jg meganginnya sendirian…^_^

  78. 125

    ibraheem said,

    Tanya bang..saya baru belajar memelihara kelinci, bgmn menyiapkan kotak melahirkan utk induk yg bunting?? nunggu dekat kelahiran apa begitu kita duga bunting..?? kl di kasih kotak apa tdk mengganggu dia karena wilayahnya makin sempit..?? thanks..

    • 126

      tentangkelinci said,

      nunggu dekat kelahiran aj
      misal dikawinkan tgl 17 agustus, maka naro kotak tanggal 16 agustus
      sebaikya klo kandang induk lahiran harus lebih besar ketimbang yg tdk
      agar kotak anakan bisa masuk kedalam kandang
      dan tentuya induk tdk merasa kesempitan

      Tks & Salam

  79. 127

    vitri said,

    halo akang rabbit…
    salam kenal… 2 kelinci saya baru saja melahirkan, selang semalam.
    kalo yang lup itu saya ga tau pasti jumlahnya berapa karena ketutup bulu induknya. kalo yang rex ada 4. tolong info nya kang… kalo anak kelinci itu bisa mengkonsumsi pakan mulai umur berapa ya? soalnya kotak sarangnya itu tinggi banget, induknya aja harus loncat hehehe. saya takutnya kalo mindahin, malah induknya jadi bete ga mau nyusuin. o ya..kotak sarangnya bisa dikeluarkan dari kandang pas anak2nya umuar brp ya kang? hatur nuhun pisan…di antos

    • 128

      tentangkelinci said,

      hi vitri,
      sebaiknya dicek anaknya, apakah smuanya hidup, klo ada yg mati ga ketauan repot nanti vit,
      palagi klo sampe berlama2, bisa2 induknya stress nanti,
      sebaiknya kotak sarang jg jgn tinggi2 bgt, jgn sampe melewati tinggi induknysendiri,
      nti pas lompat ke kotak, tau2 anaknya keinjek kan bisa bahaya
      kotaknya dipindahkan pada saat anak uda bisa ngejar2 induknya aj,
      biasanya si kita keluarin kotak ketika 3-4 minggu,
      agar lebih leluasa jg kelincinya,

      sami sami
      hatur nuhuun jg

  80. 129

    ibraheem said,

    Pada saat beli indukan saya gak tahu kl kelinci sy bunting, sy udah pake teknik palpasi tetap gak nemu benjolannya,trs sy duga dia bunting,karena gak tau kpn awal buntingnya, sy spekulasi tak kasih kotak kelahiran, eh lama gak ada tanda2,akhirnya kmrn siang tak ambil lg kotaknya,besok siangnya jam 10 pagi dia beranak di toiletnya,yg 1 lancar, yg kedua msh ada bungkusnya,sy tdk tau hrs ngapain akhirnya mati,yg ketiga kebungkus lg,trs sy spekulasi tak robek sndr akhirnya hidup,2 lg normal,satu terakhir sy gak tau tp mati dlm keadaan mati tebungkus,gmn teori yg benar menghadapi spt ini? Kok dia gak lngsng menyusui anaknya? bgmn kita tau dia nyusuin pa gak? apa musti dipelototin tiap saat..??(ntar istriku marah2..he..he..),yg benar merontokkan bulu tuh sblm dia nglairin pa stlhnya..?? Kelinciku setelah nglairin br nyabutin bulunya..Bnyk tnya ya..?? But thanks..

    • 130

      tentangkelinci said,

      hi ibraheem,

      saya jawab ya..
      alangkah baiknya proses melahirkan kelinci dilakukan secara alamiah
      karena sunnatullah nya , setiap makhluk hidup di dunia ini mempunyai insting yg sama
      sebuah keniscayaan ketika induk kemudian mencabuti bulunya, atau pula menyusui anak nya,
      nah, tugas kita hanyalah memfasilitasi nya dengan baik,
      memberi ruang yg nyaman untuk mereka,
      memberi makan yang cukup,
      memberi kotak anakan ketika dia hendak melahirkan
      dan yeng terpenting dari itu smua,adalah tidak mengurangi haknya sedikitpun sebagai makhluk hidup
      maka dari itu, pemahaman kita ttg kelinci sebagai pemelihara menjadi wajib hukumnya
      back to permasalahannya,
      sebaiknya jangan di ambil lacinya mas, biarkan satu bulan dulu untuk make sure dia hamil atau ga
      kan keliatan klo lbh dr sebulan ga lahiran berarti ga hamil, atau cara cepet coba kawinkan lg,
      klo hamil ga akan mau,

      yang kedua, seperti yg saya bilang,
      biarkan secara alamiah
      klo seandainya terbungkus bayinya,
      biarkan induknya yang akan membersihkannya
      itu sudah nalurinya ko
      begitupula dengan menyusui,
      ga usa di pelototin,
      biarin aj, biasanya dia nyusuin di waktu pagi2 bgt, atau malam hari
      jadi wajar klo kt gak liat,
      untuk merontokan bulu macem2, ada yg sblm da ada yg sesudah nya :)

      Salam

  81. 131

    vitri said,

    nuhun pisan kang. alhamdulillah bayi2 kelinci semuanya sehat, sekarang dah 9 hari mereka dah montok banget, dah loncat sambil merem hehehehe….

  82. 132

    puspa said,

    saya punya kelinci yang kemarin melahirkan 8 ekor anak.
    saya waktu lihat jam 6 pagi ada 8 ekor, saya lihat lagi jam 8 tinggal 6 ekor, sampai sore anak kelinci tidak tersisa.
    1. apakah anak kelinci harus dipisahkan dengan induknya?
    2. apakah anak kelinci dimakan induknya?
    mohon jabawannya, karena kelincinya sudah mau beranak lagi
    tks

    • 133

      tentangkelinci said,

      dear puspa,

      pertayaannya
      hilang kemanakah itu ?
      anak kelinci tidak boleh dipisahkan dengan induknya
      nti ga ada yg nyusuin, nti mati anaknya , and so on,,

      apakah ini diluar kandang ? klo iya
      besar kemungkinan anak dimakan tikus/kucing/anjing, etc…

      klo banyak predator sebaiknya ditaro dalam kandang mba
      sediakan kotak/laci untuk induknya beranak,
      dan sebagai tmpt anaknya jg nanti ketika lahir

      Tks & Salam

  83. 134

    ibraheem said,

    Abang..thanks a lot..blog ini tidak hanya bermanfaat tapi menyenangkan..jazakallah khairan katsiiran.. Oh ya, ternyata alhamdulillah bunnies sy lucu2..sehat2..meski sy gak pernah berhasil liat dia disusuin emaknya..Satu pertanyaan dlm pikiran sy, knp ada baby yg lair lngsng pecah selaputnya..? Dan ada lg yg msh kebungkus, hrsnya scr naluri yg dianugerahkan pd si induk,maka induk seharusnya bs membukanya, lantas knp pd kelinci sy tidak ya..??

    • 135

      tentangkelinci said,

      waiyykum mas,

      sebaiknya diberikan waktu yang cukup bagi si induk untuk bebas berekspresi
      boleh jadi dia stress ketika melihat mas ibraheem, yang tadinya mau ngebuka selaputnya malah dibukain duluan
      karena seharusnya, selaput, dan lain hal yang keluar selain bayinya , akan dimakan oleh induknya
      hal ini bertujuan, agar predator tidak mencium bau darah karena selaput , plasenta tsb
      coba deh lbh diperhatikan lagi, kelinci2ku lahiran biasanya malam hari,
      dan pas pagi2, udah ga ada selaputnya
      ghetohh mas,,,

      salam

      • 136

        ibraheem said,

        Ya itulah mas,dimanapun web ttg perkelincian menyatakan kl kelinci nglairin pd malam hari, kelinci saya tuh nglairin jam 11 siang. Saya merobek selaputnya krn saya tahu sblmnya ada anaknya yg lair duluan gak dibuka sm dia hingga mati. Makanya yg setelah itu ketika sy liat ada yg kebungkus lg, tak bukain..dan hidup sampai sekarang. Anak yg keenam(terakhir),lairnya sy gak tau,trnyta mati juga krn kebungkus..tapi kl masalah menyusui dia pinter,sampai sekarang yg 4 ekor bayinya tuh sehat2..trims..

  84. 137

    kelinci aku baru lahir tadi malam….
    tapi induknya ngasih keluar anaknya, ngak mau di simpan di tempat yang sudah di sediakan… gimana tu ???
    trus agar bayi kelincinya tetap hidup cara rawatnya bagaimana ??

    • 138

      tentangkelinci said,

      dear ariyanti,

      masukin aj anak kelincinya dalam kotak
      biarkan induknya mengurusi anaknya secara alamiah

      Salam

  85. 139

    Teguh said,

    Salam Kenal,
    saya sebenarnya suka kelinci sda sjk kecil, tapi kelinci Lokal sampai puluhan ekor. Jarang sekali mati, karena saya biarkan liar dalam tempat 4 m X 4 m. Tapi sekarang saya pelihara kelinci ras, mulai dari angora sampai New Zeland, tapi sering matri, bahkan lebih dari 10 ekor yang sdah mati, kebanyakan mencret, kembung dan pilek. Kasus terbaru, kelinci indukan saya mati (pilek) setelah melahirkan anak sebayak 11 ekor,so…..semua anaknyapun juga ikut mati, krn tdk tahu bgm ngurusnya. Sekarang ini, indukan yang lain sdah melahirkan anak 5 (mati satu krn pertumbuhan tdk normal, hanya berkaki 3), shg mash 4, sekarang sdah berumur 1 minggu. Sebentar lagi juga yg kelinci Rex akan melahirkan. Saya mohon bantuan pencerahannya, agar anak2 kelinci itu tidak mati (juga perawatan induk setelah melahirkan). Juga pakan yang sesuai untuk kelinci2 tersebut. Kalau mau beli pakan kering (pelet, brend, atau apalah) bgm caranya, saya tinggal di Solo Jawa Tengah. Sementara ini saya beri pakan kombinasi, Kankung (dikeringkan), Wortel, Daun pisang, rumput, pelet ntuk burung (boleh?) dan brend. Terima kasih atas segala bantuannya.

  86. 140

    ibraheem said,

    bang induk satunya lg melahirkan 4 ekor bunnies,bagus2 agak besar, dah lngsng keliatan pola bulunya..gesit dan sehat,tp pada hari kedua,tiba2 semua mati..berserakan..kenapa ya..?? kl kelinci kanibal itu membunuh doang apa dimakan sekalian..?? dia maan anaknya sesaat lahir atau bs dihari berikut,padahal makan dan minum tak siapin cukup..sy ragu yg membunuh bunniesku emaknya atau tikus..trims

    • 141

      tentangkelinci said,

      Dear Ibraheem

      klo kanibal maka bisa diliat di kondisi anak kelincinya,
      yah, biasanya penuh dengan luka luka gigitan induknya.
      ada jg yg dimakan. dan biasanya terjadi tidak lama setelah anak keluar dr perut ibunya

      klo anak2nya tampak normal, dan kurus saja ketika mati
      maka dipastikan kelinci tersbut tidak disusui oleh induknya
      biasanya masa bertahan anak yg tidak disusui itu maximal 3 hari ,
      dari dua hari keliatan sudah banyak yg berguguran.

      salam

  87. 142

    ibraheem said,

    Ya justru itu sy lbh suka mendakwa tikus, soalnya pada hari kedua anaknya gendut2,lincah,masak dimakan emaknya..? kan kl kanibal dimakan / dibunuh sesaat setelah lahir to? gak nunggu hari kedua?

    • 143

      tentangkelinci said,

      hi im,

      ko bisa ya tikus masuk ke kandang ?
      emang kandangnya terlalu longgar apa gmn?
      sebaiknya klo induk ngelahirin kandangnya harus yg aga rapat
      supaya tikus ga bisa masuk
      soalnya anak kelinci itu emang makanannya tikus
      biar ngelahirin 10 kali juga klo kandangnya bolong sama aj ngasi makan tikus :)

      Salam

  88. 144

    Don!c said,

    permisi bang numpang nimbrung, mw tanya dong. emang bener kalo anakan kelinci dipegang manusia emak kelincinya jadi nggak mau nyusuin ya? apa kerena ada bau manusia atau gimana ya? mohon pencerahan thanks b4….

    • 145

      tentangkelinci said,

      dear Don!c

      hmmm, ada benarnya memang,
      tp tidak sepenuhnya benar
      idealnya memang ga usa dipegang2 anak kelincinya, karena induk ketika melahirkan itu keadaannya stress, protektif , dsb..
      nah, induk kelinci meng identified anaknya dari baunya, apabila kelinci itu dipegang oleh kita, dan selama tidak menghilangkan bau asalnya,
      maka itu tidak mengapa, tapi sebagian peternak mengkhawatirkan si induk tidak mau menyusui anaknya karena sudah berbau manusia.

      kami tidak menyarankan memang, tapi dalam beberapa keadaan ktmau tidak mau harus memegangnya
      seperti : ketika anakan kelinci lahir diluar kotak, kemudian mau tidak mau kt harus memasukannya kedalam kotak anakan
      agar kelinci tetap save,

      Salam

  89. 146

    Andy said,

    salam kenal mas.

    saya minta help nih. penting bangeet. adik saya miara 2 kelinci -cowok-cewek- jenisnya Flemish GianT (umur sekitar 10 bulan), badannya gede, panjang badan kira2 1 meter. td malem kelinci adik saya melahirkan. ini merupakan kelahiran anak pertamanya. lha adek saya yg biasa miara saat ini lg ada tugas nyelesein skripsinya diluar kota sampe 1 bulan kedepan. kena deh saya yg disuruh ngawasin pas mulai lusa kemaren (kebetulan saya lg libur cuti kerja sampe seminggu,abis dah liburan ane gara2 miara anak kelinci :( ). ngawasin aja gpp klo gk melahirkan tp..klo dah gini…gimana ngrawatnya nih????….perlu diketahui saya tidak tahu menahu mengenai cara merawat kelinci sebelumnya, saya cuman dikasi tau adek: bersiiin kandang sehari sekali trus usahakan kasih pakan 2x sehari, trus jangan sampe kandangnya basah. cek air minumnya. itu aja.

    klo soal nglahirin????saya butuh bantuan…dimana cara ngrawatnya???..adek saya jg gk tau gimana nanganinnya.

    kondisi kelinci yg ngelahirin saat ini:
    1. banyak minum2
    2. termenung di sebelah anaknya!!???XXX saya jg tambah bingung nih….
    3. makan sesekali
    4. GALAKNYA minta ampun…masak saya nyodorin makanan… maen stomping aja ke tangan saya….jadi trauma nyodorin makanannya tuh….ngeluarin suara mirip kera yg lagi marah (saya tambah ngeri aja nih…menggerutu keras gitu…hrrrmmmhrrmmm….. kira2 begitu)
    5. saya dah pisahin induk ma pejantannya, saya juga dah buatin sarangnya dari kardus Printer saya potong hingga tinggal bagian bawahnya aja. trus saya kasih tisu toilet banyak2 dibawahnya..saya kasih juga bulu induknya yg ada dsekitar. sarangnya baru saja saya buat (pas nulis nih comment baru selesai nih, setelah membaca comment2 diatas), mana saya tau klo induknya lg bunting & mo ngelahirin ???XXXx!!!!…..
    6. anaknya kayaknya susah banget nyari puting ibunya…ane dah bantuin masih juga tetep gk sreg, minum bentar..dah copot lg….sering gitu…
    7. apa bisa saya beri susu formula buat anak2 bayi untuk nyusuin nih anak kelinci? bisa mencret gk yah….? resikonya apa?merk susu yg baek kira2 apa yach?

    mohon jawabannya dkirim ke email saya: saranataukritik@gmail.com
    atau dijawab disini jg gpp…lagian halamannya dah saya bookmark.

    makasih…bantuan anda sangat berarti bagi liburan saya :(

    • 147

      tentangkelinci said,

      hi andy,

      sory baru bales, lg banyak kerjaan di kantor, hehe

      saya jawab nya sekalian aj y
      kelinci yg sedang hamil sampe dengan menyusui mempunya ciri2 sbb :

      1. pola makan dan minum yang banyak
      2. protektif dengan keadaan sekitar
      termasuk ketika anaknya lahir, dan sebagian kelinci mengejawantahkannya dengan sedikit “galak”
      walau hanya sebgian kecil aj, karena banyak jg kelinci yang baik2 aj, alias sehat2 aj
      tp induk yg galak jg mempunyai kelebihan, protektif yg berlebih dapat disiimpulkan kelinci tsb sayang dengan anak2nya
      dan biasanya jg pandai merewat anakk2nya, pandai pula menyusui anak2nya
      3. tindakan memisahkan induk jantan sudah benar,
      skrng buat sekondusif mungkin untuk ibu dan anak2nya dalam satu ruang kandang
      pastikan anak berada dalam kotak / laci yg bisa / dimuati oleh induknya
      jangan sampai indukya ga muat masuk kedalam kotak tersebut, mengingat flemish giant adalah kelinci yg besar,
      apalagi panjangya 1 m
      4.pastikan asupan minum dan makannya cukup
      5.jangan dikasi susu formula, karena dia bukan anak sapi :)
      biar alami aj mas andy
      insyaAllah klo dr ciri2nya si, induknya menyusui ya
      asal kondusif aja tempat/kandangnya.
      ghettoh mas, klo ada yg ingin ditanyakan lg, feel free y mas
      saya bisa di hubungi di email

      idzhar.habibi@gmail.com

      Salam

      • 148

        Andy said,

        wah makasih infonya mas. dah 2 hari ini ke 3 anaknya masih idup, kemaren saya beri minum dari susu induknya, saya minta tolong ma tetangga sebelah buat megangin tuh induk, trus saya baringkan (klo gk dipegangin, si induk marah2 trus kerjaannya, bisa nyeruduk ato gigit tangan, kadang juga gerak2 liar jd anaknya disepak2 gitu), saya cukur dikit deh sekitar tempat puting susunya, soalnya susah bener kayaknya mo netekin klo bulu induknya tebel gitu. saya kasih netek anaknya satu2. saya kasih susu pas pagi dan sore sesuai dengan penjelasan diatas (ngasih susu sampe perutnya buncit). ternyata lucu juga klo diperhatiin. pas perutnya dah buncit gara2 minum susu, si anak langsung tiduran diperut induknya. ternyata putingnya ada 4 mas, sama dengan jumlah anak yg dilahirkan :D, khan indukannya lahirin 4 tuh, tp 1 mati (gara2 gk ketahuan pas lahirinnya jadi mati terlilit tali pusar ma lendir2 gitu). kayaknya yg bisa netek sendiri cuman 1 anak (yg ukurannya paling gede+panjang palng aktif nyari puting induknya sampe ketemu klo induknya lg nongkrong diatasnya, neteknyapun sampe lengket bener), 2 yg laennya kayaknya kurang lincah (1 anak ukurannya sama dengan yg pertama sedangkan yg satunya lg seperempat lebih kecil badannya daripada yg laen keduanya sering lepas klo lg netek, beda dengan yg 1).

        klo emang bener induk galak biasanya becus mengurus anak, saya jadi lega nih…tp saya tetep gk tega klo ngebiarin anaknya netek sendiri, soalnya masih belum yakin klo netek sendiri bisa minum dengan puas (sampai perutnya buncit :D)
        sampae hari ini saya masih bantuin anaknya netek dengan megangin induknya.

        moga2 semuanya bisa idup, asik juga ternyata ngurus kelinci mulai dari brojol & mudah2an hingga dewasa, rasanya ada kebanggaan tersendiri :D

        berdasarkan penjelasan diatas masa kritis idup anak kelinci berada pada minggu 1. semoga kelinci saya bisa idup sampe minggu depan dan seterusnya. AMIN

        saya minta ijin mo konsultasi disini lg klo ada perkembangan yg gk normal. saya kira penjelasan diatas sementara ini masih cukup untuk dipakai sebagai panduan.

        TQ smuanya…..kayaknya saya mulai suka nih miara kelinci………imut2 & bisa buat refreshing :D

      • 149

        tentangkelinci said,

        hi pak andy

        wahhh, luar biasa euyy,,
        hebat mas, aku salut sama perjuangannya
        emang qudu begitu, penuh pengorbanan, lucu memang miara anak2 kelinci itu
        apalagi klo sudah mulai aga besar dan bisa lompat2 :)
        sepertinya mas andy udah mulai demen ni ma kelinci
        hehe, tetepp semingiit mas,
        klo ada pertanyaan boleh kontek ke email kami atau di blog ini

        Salam

  90. 150

    rayi said,

    hohoh.. seneng bgt baca penjelasan2 diatas, soalnya ane juga br punya baby bunnies. thx ya infonya. ^^
    sangat bermanfaat.

  91. 151

    Iez said,

    bang mau nanya nih….
    sebenarnya induk kelinci kapan sih menyusui anaknya??? saya perhatikan dari pagi ampe sore kok belum pernah lihat induknya nyusuin anaknya… apa benar induk kelinci hanya menyusui dimalam hari???

    • 152

      tentangkelinci said,

      to : Iez

      pada umumnya memang malam hari,
      tapi ada juga yg sore hari, pagi hari.
      biasanya dalam keadaan sepi, tidak berisik,
      si induk akan lebih nyaman menyusui anak2nya
      mungkin itu juga sebabnya si induk menyusui di malam hari,
      dan alasan kedua yg menjadi penyebab utama adalah karena kelinci
      termasuk dalam kategori binatang yang aktif beraktifitas di malam hari
      istilah ilmiahnya ” nocturnal “, makanya dia memilih untuk menyusui anaknya
      diwaktu tersebut,

      Salam

  92. 153

    Cucu said,

    misi mas, saya mau nanya nih. saya pnya kelinci, tgl 10 oktober 2010 lalu tiba2 melahirkan 6 anak. setelah melahirkan dia lemas dan ga bsa jalan. besoknya dia mati dan anak2.a satu persatu mati karena saya ga tau cara merawatnya. sekarang kelinci saya yang lain mulai tumbuh puting, bulunya rontok, tambah gendut, dan dia jadi galak baget. yang mau saya tanya adalah:
    1. itu tandanya dia hamil atau ngak? (krn kelinci yang dulu juga memilki tanda seperti itu lalu tiba2 melairkan)
    2. kalau induknya mati apa yg harus saya lakukan untuk merawat anak2nya?
    3. kalau anaknya nanti saya letakan di kardus bekas timbangan berat badan, terlalu pendek ga ya?
    4. lalu kalau kelinci bersin2 di beri obat apa?
    trims

    • 154

      tentangkelinci said,

      hi mba cucu,

      bisa jadi kelincinya hamil, karena memiliki ciri2 yg sama dengan kelinci sebelumnya
      berfikirnya jangan induknya matim tp cegah jangan sampai induknya mati,
      karena klo mati dan gak ada induk lain yg menjadi titipan anak2nya,
      maka otomatis anaknya pasti akan mati
      karena blm ada yg jual susu kelinci sampai sekarang ini. :)
      usahakan beri asupan gizi yg baik untuk induknya, air minum jangan sampai kurang
      hijauan seperti rumput sangat baik untuk indukan.
      klo bersin2 sedikit mungkina alergi, atau pakannya sudah menjadi serbuk yg mudah masuk melalui hidung

      Salam

  93. 155

    gesha said,

    mas sayamau tanya, tanggal 11 januari kemarin kelinci saya melahirkan yg ke3kalinya. si anaknya saya pisahkan dgn induknya takut seperti anak2 kelinci yg dilahirkan sebelumnya, yaitu dimakan sama ibunya. anak2nya saya taro di kardus dan saya kasih susu formula, semalem saya coba susuin keinduknya ternyata anaknya mau nyusu sama induknya. pertanyaannya mas, sebaiknya setelah ini anaknya saya taro brg sma induknya atau tetep taro di kardus? trs sebaiknya pemberian susu formulanya saya hentikan aja tau gimna? tks mas. harap dijawab, klo ga jawabnya lwt email saya saja

    • 156

      tentangkelinci said,

      dear gesha,

      satukan anak dengan induknya
      karena boleh jadi kondisi dulu dengan sekarang berbeda
      sambil dimonitor keadaan anaknya
      pemberian susu formula dihentikan saja

      Thanks

  94. 157

    epen said,

    Gan,
    Sy mau tanya nih,
    Tgl17 kemarin klinci sy mlahirkan 2anak kelinci,
    Alhambulilah sehat semua,
    Tp kenapa yah di bagian kakinya spt ada borok (bekas luka)?
    Apa itu berbahaya?
    Trus sy mau tanya lg,
    Apa bener ada lahiran susulan?
    Krn sy sgt exited bgitu tman sy blg spt itu,
    Lihat ad 2baby bunny aj udah seneng,
    Sy bpikir klo ada banyak,
    Pasti lucu skali..
    Thq ^^

    • 158

      tentangkelinci said,

      dear epen,

      lahiran susulan tidak berselang lama, gak lebih dari 24 jam dan sangat jarang terjadi
      biasanya atau normalnya melahirkan disaat itu juga. satu persatu sampai anak terakhir dilahirkan
      klo ad borok , coba liat luka boroknya
      apakah terlihat seperti bekas gigitan
      hati hati terhadap predator seperti tikus,
      kandang harus benar2 tertutup, jangan sampai ada celah bagi sitikus untuk masuk
      Salam

  95. 159

    gesha said,

    abang kelinci, kelinci saya sdh mau melahirkan lagi. sebaiknya anak kelincinya di taro dikandang bersama anaknya atau saya pisahkan saja? bisa tlg kirimin ga foto kandang kelinci sama buat naro anak kelincinya, mksh

  96. 160

    nnining aja said,

    hiiii…

    aq banyak pertanyaan masalah kelahiran klinci,aq punya 2 klinci dgn berbeda tipe apakah mereka bs berjodoh.?
    klinci yg aq punya melahirkan tp knp anaknya malah d makan induknya,ap benar apabila klinci melahirkan 1 akan d makan induknya.?
    trus bagaimana mmberi kandang kelinci agar nyaman saat dy mau melahirkan.?
    coro2 klinci sedang hamil seperti ap si.?
    makasih…

    • 161

      tentangkelinci said,

      dear nining

      kelinci itu binatang yg cepat perkambangbiakannya
      jadi klo berbeda jenis kelamin, ya kejadian nantinya :)
      untuk kelinci yg makan anaknya
      itu gak ada hubungan dengan jumlah anaknya bu
      dan yg perlu diperhatikan adalah bagaimana memberikan kandang dan suasana yg nyaman setiap saat terlebih ketika kelinci hamil hingga melahirkan
      harus dipisah dengan jantan misalnya, kandang oke, aman dr gangguan predator, tidak bising, tidak bikin kelinci stress, dsb..
      karena kanibal itu biasany terjadi karena faktor lingkungan yg ndak kondusif,
      ciri2 kelinci hamil nya bisa diliat di postingan terdahulu

      Salam

  97. 162

    Ade indra said,

    Asslmmualaikum mas..
    Saya pnya anak kelinci 4 kr2 umurnya 8hari..
    Sy mau nanya boleh ga.. Anak kelinci dikasih lampu?niatnya sich byar ga kedinginan.berpengaruh ga dengan pertmbhan matanya,soal gw takut anak kelincinya buta..
    Truzz,knpa sich induk kelinci ngubur anaknya mana dalam lg..bahaya ga tuch bwat anak kelincinya..
    terima kasih ya dtnggu jawabanya..

    • 163

      tentangkelinci said,

      wa alaikumsalam wr

      ide yang bagus dikasi lampu
      gpp mas indra
      asal jangan lampu 40 watt keatas aj
      hehe
      kira2 aj, yg 5 watt sedeng tuh
      knp kelinci ngubur anaknya agak dalem ? tujuan satu
      menghindari tercium oleh predator
      ini tindakan protektif dari induknya

      Salam

  98. 164

    nika said,

    saya mau tanya. induk kelinciku kok makan baby nya ya? bagusnya, sisa baby yang ada dipisah dari induk atau tetap digabung dengan induknya?
    thanx

    • 165

      tentangkelinci said,

      hi nika

      maaf baru bales
      sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu dengan anak2ny
      apbila ada induk titipan coba dititip
      klo kondisi induk sudah tenang
      coba masukan kembali bayinya

      salam

  99. 166

    Lalita said,

    hey
    aku punya kelinci yang baru ngelahirin 2 hari yang lalu. tapi aku bingung bayinya itu digimanain?
    please bantu ya, aku bingung.

  100. 167

    galihnoeroni said,

    katanya anakan kelinci tidak boleh d pegang ya?
    apa alasannya?

    • 168

      tentangkelinci said,

      hi galih

      boleh ko klo sekedar dipegang sekali kali
      klo sering2 ya jangan
      namanya jg bayi,
      si induk butuh merasakan juga klo anak2nya dalam keadaan aman
      termasuk memiliki bau yang dapat dideteksi oleh induknya
      dan menandakan kalo itu adalah anaknya
      just in case , biasanya ada kondisi dimana si induk sebenernya adalah induk yg baik
      tapi ketika anak2nya sudah dibawa kesana sini
      dan baunya sudah berbeda dengan bau induknya

      si induk merasa sudah tidak mengenali lagi ketika anaknya ditaro kembali dalam kotak lahiran

      Demikian saran kami

  101. 169

    immatania said,

    hey aku punya kelinci, tiba2 dia melahirkan tanpa tau klo dia hamil. memang beberapa minggu sebelumnya dikawinkan dengan jantan. pas melahirkan ada 6 anak, dan 1 anak mati terjepit, tinggal 5. karena induk gak mau nyusuin jadi dikasih formula kitten yang low lactose sekitar 2 jam sekali. Tiba-tiba ada anaknya yang langsung mati dan diikuti dengan 2 anak lagi. itu kenapa ya kira2? skrg tinggal 2 anak, dan saya paksa induk buat nyusu. menurut kamu, aku harus gimana sama anak-anaknya? apa disatuin aja? soalnya kayaknya induknya itu suka nginjek-nginjek gitu. thanks!

  102. 170

    doni august said,

    wah.. pertanyaanku terjawab dengan komen2 di atas..
    thanks all

  103. 171

    Drina said,

    Haloo..
    Dulu saya beberapa kali memelihara kelinci, kelinicinya saya manja, saya kasih makan yang banyak, kasih minum juga… Tapi sering saya gendong2…. Dan biasanya setelah 1 minggu klinci’a mati muluu..
    Apa miara kelinci gaboleh digendong2 yah??
    Ps : kelinci ku makan kangkung kering

  104. 172

    ersas said,

    bisa ngikut share gaa,, gini,, knpa harga kelinci itu berbeda sangat jauh yaa,, dengan bangsa yang sama dan sama2 menarik bagi saya,, kenapa harganya bisa jauh dibawah harga normal??

  105. 173

    ekosubroto said,

    hi tentangkelinci

    aku punya kelinci baru ngelahirin baru 4 hari tapi induknya gak mau nyusuin kaya mana sih supaya si induknya mau nyusuin anaknya plese dibales

    salam

    • 174

      tentangkelinci said,

      hi ekosubroto

      induknya nyusuinnya malem2 pak
      biasanya jarang kt liat nyusuin sore2 atau menjelang malam
      klo bener2 ndak mau nyusu, biasanya anak2nya usia 2 hari uda kurus kering..
      klo dah gt, nyusuin manual aj, dengan cara dipegang induknya..
      tks

  106. 175

    dellia yunia said,

    tapiya anak kelinciku itu masih tidak di susui oleh induknya kenapaya ?????????

    • 176

      tentangkelinci said,

      hi

      ada 2 hal
      1. benar2 tidak disusui, solusiny ya manual. pegang induknya
      2. disusui dimalam hari dimana kt tidak melihatnya
      klo usia anak melewati 3 hari survive
      maka induknya menyusui….

  107. 177

    Nadya said,

    Kalo anak kelinci umur 3 hari dikasih minum air gmana, ada pengaruhnya gak?

    • 178

      tentangkelinci said,

      hi nadya

      anak kelinci dibawah sebulanan ndak usah dikasi minum
      biarkan disusui induknya saja
      kbutuhan nya susu ibunya, klo uda diatas sebulan boleh lah
      itupun disediakan saja
      ndak usa dicekokin
      tks

  108. 179

    kalau anak kelinci yang baru lahir boleh kita pegang gak???
    terus kalau anak kelinci yang baru lahir kan harus minum susu induk nya, tapi kalau induk nya gak mau kasih susu nya terus kasih susu apa????
    terus biar anak kelinci yang baru lahir gak kedinginan gimana cara nya biar anget??????
    saya tunggu jawaban nya,terimakasih

    • 180

      tentangkelinci said,

      hi

      jawabannya boleh, tp jgn sering2
      klo sekedar untuk mengetahui sehat atau ndak gpp
      tp klo dipegang trus diajak main, jangan yah
      karena blm waktunya :)
      hanya susu indukanya yg mampu memberikan
      100% nutrisi yg sempurna.. klo lbh dr 3 hari anak2 masi hidup
      maka induknya menyusui, biasanya di malam hari ketika kt pun tidak melihatnya
      supaya hangat, biasanya disebar jerami dalam kotak anakana / nest box
      selain tentunya bulu yg dirontokkan dr induknya sendiri

      tks

  109. 181

    Nurhayati said,

    Aq pny ank klnci yg baru melahrkn,tp indukny g mw nyusuin dy,bs g ks susu bu2k.

    • 182

      tentangkelinci said,

      hi
      ndak bole dikasi susu bubuk ya
      pastikan dulu apa bener ndka menyusui
      klo memang tidak, coba disusuin manual aj ke induknya
      itu lebih rekomend
      klo ndak bisa juga manual gt
      pake susu kambing ettawa
      tks

  110. 183

    liiaaa said,

    saat saya beli kelinci saya,sudah saya satuin kandangnya ,skrg mereka sudah besar tapi saya gk tau mereka sudah kawin belom,dan kalo kelinci sudah kawin apa harus dipisah dengan jantan.??

    • 184

      tentangkelinci said,

      Hi Liiaaa

      usianya brp ya ?
      sebaikny dr usia 3 bln sudah dipisah mba
      yah, tentu saja harus dipisahkan jantan dengan betina
      disatukan hanya ketika kawin saja
      demikian, trims

  111. 186

    anak kelinci yg disusui induknnya biasanya umur berapa hari?
    tolong jawabannya, ok!

  112. 188

    Adi nugroho said,

    Apa predator kucing atw tikus mash suka dengan anak kelinci yang umurnya sudah 30hrian

  113. 190

    Ade Rizki D. said,

    Wah..,, maksih infonya bermanfaat bgt..,, tp sebelumnya saya mau tanya..,, ciri2 induk yang baik itu bagaimana ya..?? Saya punya kelinci betina jenis lion..,, sudah punya anak., 4 ekor.., baru 2 hari.., tapi sebelum dia melahirkan..,, induknya tdk mau mencabuti bulu2.nya..,, dan setelah melahirkan suka nginjek2 anaknya..,, saya sudah merasa bahwa indukan itu memang tdk mau menyusui anaknya..,, tdk pernah dianggap anaknya sendiri..,, cara menyusuinya anaknya pun induknya harus dituntun makan agar dia tdk menginjak2 anaknya dan mau menyusui di bawah induknya..,, itu pun jika induknya mau.? ..,, saya merasa kasihan dgn anak2.nya yang saya mau tanyakan..,, bagaimana caranya agar induk kelinci mau sadar untuk menyusui anak2.nya..???

    Sebelumnya terima kasih…,,,

    • 191

      tentangkelinci said,

      Hi ade Rizki

      mencabuti bulu adalah salah satu indikasi , walau tidak bisa dipatok 100%
      karena ad pengalaman ndak nyabutin bulu tp nyusuin,
      coba liat klo pagi2, diperut anak2 kelincinya gmn
      biasanya klo nyusuin pasti gemuk anak2ny dan tidak berkerut kurus, gt
      dimulut suka bekas ada putih2 susu dr indukny,
      o iya, pastikan anaknya ditaro dalam nest box ya, karena klo dibiarka begitu saja didalam kandang
      tanpa adanya kotak bisa membuat anakny terinjak injak

      maaf saya baru balas.
      Tks

  114. 192

    Jessica said,

    mau nanya dong jadi aku kan pemula banget ya ngerawat bayi kelinci nah bayi kelinci ku ini tadi pas mau aku pindahin ari kandang ibunya ke kotak ngga sengaja dia ke gores kawat kandang ibunya dan akhirnya berdarah…. nah mau aku kasih betadin bisa ngga? atau gimana nih? terimakasih

    • 193

      tentangkelinci said,

      Hi Jessica
      dibersihkan saja dengan air hangat klo lukanya ringan,
      nanti induknya jg akan jilatin ko biasanya
      saya khawatir baunya antiseptik atau betadine
      membuat induk terasa asing dengan bau anaknya sendiri
      yang mengakibatkan tidak mau menyusui..

      Demikian,
      semoga membantu

  115. 194

    ifan said,

    kalau kelinci kulitnya kaya karpet umurnya 3 bulan kira -kira harganya berapa yachh????

  116. 196

    nabila said,

    tolong di jawabnya….
    saya punya kelinci nah kelici itu baru pertama melahirkan
    keluar anaknya cuma 1
    itu knp ya??

    • 197

      tentangkelinci said,

      Hi Nabila

      wahh selamat yaa
      kelincinya lahiran ..
      anaknya 1 gpp , karena memang ada yg beranak 1, ada jg 2, 3, 4 bahkan 10 jg ad
      coba di taro nest box dalam kandangnya
      agar si induk tau anaknya ada didalam kotak itu
      dan kemudian dia akan mnyusui anaknya ketika malam hari

      denmikian…

  117. 198

    lia said,

    lucuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……….
    tapi ngeri lihat kelinci masih kecil banget

  118. 199

    Gimana Cara Ngurus Anak Kelinci umur 2-3 bulan yg sudah ditinggalkan induknya

    • 200

      tentangkelinci said,

      Hi Arsy

      kelinci disusui s.d usia 56 hari.
      selebihnya mereka sudah bisa dilepas tanpa induknya. bahkan dianjurkan untuk segera dipisahkan kandangnya
      tenang aj, sudah bisa ko makan pelet dan rumput usia segitu

  119. 201

    iiih kelinciku kok induknya ngx maau nyusuin cih? tolong donk !!

  120. 202

    kelenci kami beranak 8 ekor tapi pada saat ini yg tinggal 4 ekor lagi, ada yg mati kenak pijak sama induknya ada yg menceret padahal baru mengkomsumsi asi nya dan ada juga yg mati karena flu/ ingusan. jadi pertanyaannya mas… gimana kedepannya biar kejadian diatas tidak terjadi lagi pada kelinci kami itu….????

  121. 203

    Gilang.R.Almuiz said,

    aku punya anak kelinci umur 16 hari truz dia bisa jalan,lari,loncat pula tapi loncat nya agak aneh(goal-geol loncat nya).oh ya aku mau tanya jadi kalau umur segitu bisa dilepas(bsa dikelar dikuluarin dari kandang?truz bsa dikasih rumput gk? TOLONG BALASAN NYA terima kasih

    • 204

      tentangkelinci said,

      klo dikeluarin boleh saja,
      tp jangan sering2
      karena namanya masi 16 hari, sebaiknya didalam kandang aj dulu
      karena kan masi dalam susuan ibunya
      khawatir ada predator atau mungkin hal hal yg tidak kt inginkan
      boleh dikasi rumput alfalfa,
      thanks

    • 205

      tentangkelinci said,

      Dear gilang,
      memang begitu adanya di usia 16 hari
      boleh kok dikeluarin
      tp jgn lama2, dan diawasi .

  122. 206

    ane,juga baru pertama x mempunyai ank klnci,ane beri nama CO HI PU(COrlie,HIko,PUrnei)

  123. 207

    Yasmin Safina said,

    Salam ya bang rabbit, bang, aku punya kelinci, baru ngelahirin, tapi induknya ga mau kasih susu, trus katanya kalo yg jantanny suka makan anaknya ya? Gimana tuh? Sbnr nya wktu dulu aku jg prnh miara kelinci, dan ngelahirin, tapi waktu itu aku masih sekitaran 5 tahunan, skrg aku 12 tahun dan aku udh lupa, tolong jawab ya bang, makasihh

    • 208

      tentangkelinci said,

      hi yasmin

      taunya ga nyusuin gimana caritanya ?
      karena kelinci menyusui biasanya diwaktu malam hari dimana bisa jadi kita tidak melihatnya
      cara membedakannya adalah dengan melihat kondisi si baby kelinci
      klo terlihat kerput dan dingin dihari kedua itu tandanya tidak menyusui
      tapi klo tidak keriput dan hangat perutnya itu mendandakan si induk menyusui
      nah klo sudah ketahuan tdk menyusui gmn
      susuin manual aj klo gt, dengan menggendong si induk nya dicelentangkan kemudian anaknya disusui ke puting induknya
      Terimakasih

  124. 209

    Saya baruuuu baruuu dan baru bgt punya kelinci yg melahirkan !!!!. apa yang harus saya lakukan ?? krena kmren saya ga tau klo klinci saya hamil setiap ada bulu nah bulu nya saya buangin dan kmren sore klinci saya bikin lobang d halaman naaah disitu baru sadar kalo ternyata klinci saya hamil, lalu saya beri kotak untuk melahirkan. keesokan nya benar duggaan saya klo klinci saya hamil dan melahirkan, karena ketidak tahuan saya naaah kotaknya tidak ada bulu induknya, , apa boleh di pakai kain?? bagaimana bila anaknya kita pegang ??? apa bila kita pegang anaknya apa induknya masih mau menyusui??

    • 210

      tentangkelinci said,

      biasanya mereka membuat lubang klo memang dilepas di outdoor
      klo saya kelininya ditaro dikandang, alasannya banyak predator di luar rmh yang sering kali menjadi pemangsa kelinci, kucing, anjing dan tikus
      sepertinya doyan sekali dengan anak2 kelinci yg baru lahir :)
      makanya sebaiknya klo memang memungkin kan di indoor, kandang atau garasi misalnya yg tertutup,
      coba aj ditaro dalam kotak laci. biasaya induknya akan datang ketika waktu menyusui
      pemakaian kain boleh2 saja dan memegang anak kelinci selama tidak sering dan tidak berlebihan fine2 saja

      Thanks
      Idzar

  125. 211

    Frido said,

    gan, mau nanya nih. kira2 bagus gak kalo kita protect banget sama kelinci anggora.

    • 212

      tentangkelinci said,

      protectif tidak dikhususkan kepada salah satu jenis,
      terhadap semuanya pun kt harus demikian
      tapi tidak berlebihan yaa


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: