Penyakit Kulit Pada Kelinci

Moulting (Ganti bulu)

Banyak orang yg memelihara kelinci tidak tahu bahwa kelinci itu bisa ganti bulu.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kelinci soal ganti bulu ini.

Kelinci liar ganti bulu dua kali dalam setahun, tetapi kelinci peliharaan memiliki periode ganti bulu yang berlainan. Ada yang ganti bulu secara rutin… misalnya kelinci berbulu panjang akan ganti bulu jika tidak mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Banyak kelinci yang ganti bulu memiliki tanda/ciri-ciri yang disebut “tide mark”. Di daerah yang sedang ganti bulu, kulitnya akan terlihat berwarna gelap. Di daerah yang berwarna gelap inilah, bulu baru akan tumbuh. Beberapa jenis kelinci yang berbulu panjang atau lebat dapat terlihat pitak jika sedang ganti bulu. Ini adalah sesuatu yang normal.

Kelinci yang sedang ganti bulu membutuhkan grooming (dimandikan, disisir, dan semacamnya) yang teratur supaya bulu yang rontok tidak terhisap dan menganggu usus/pencernaan si kelinci. Kelinci yang sedang ganti bulu perlu diberi hay/jerami yang sangat penting supaya usus/pencernaan kelinci tetap lancar.
Waspadalah dengan gejala-gejala gangguan pencernaan. Misalnya di kotoran terlihat ada bulu-bulu. Jika Anda menemukan gejala seperti ini tetapi kelinci Anda masih terlihat sehat, Anda dapat memberikan obat antibiotik (liquid paraffin) sebanyak 5-10 ml. Tetapi jika kelinci Anda terlihat lemas/lesu, dia mungkin mengalami gangguan pencernaan yang parah. Kalau sudah seperti ini, segera ke dokter hewan.

Dalam proses ganti bulu ini, kadangkala ada bulu-bulu yang tidak rontok terutama di bagian pantat (tepat di atas ekor) dan atau bagian perut. Gunakan sisir kucing untuk melepaskan bulu-bulu tersebut.

Ringworm (Cacing gelang)

Ringworm bukan penyakit cacingan, tetapi penyakit akibat infeksi jamur. Gejala penyakit ini adalah iritasi kulit (Mungkin kayak penyakit panu kali yah?)di sekitar kepala yang menimbulkan rasa gatal-gatal. Ringworm harus dibedakan dengan penyakit lain seperti scabs (keropeng) yang memiliki gejala-gejala yang mirip.

Ringworm dapat diobati dengan dua cara:
Cara pertama: Gunakan salep anti jamur di daerah yang bermasalah.
Cara kedua: Gunakan obat anti jamur yang disuapkan ke kelinci. Obat ini bekerja menumbuhkan bulu/rambut sehingga jamur akan mati. Efektifitas obat ini bisa membutuhkan waktu selama beberapa minggu.

Ringworm termasuk ‘zoonosis’ (Penyakit yang dapat menular ke manusia). Jadi berhati-hatilah ketika menyentuh/memegang kelinci yang terinfeksi.

Sumber infeksi dapat melalui hay (jerami), tanah, atau kucing rumah. Kelinci juga bisa tertular ringworm dari manusia. Jadi, jangan lupa untuk melindungi kelinci Anda dari orang-orang yang terinfeksi ringworm.

Infeksi Tungau

Cheyletiella adalah semacam tungau yang sering menyebabkan penyakit kulit pada kelinci. Nama lengkap latinnya: Cheyletiella, Sarcoptes scabiei (Scaby) atau Notoedres cati.

Ciri-ciri infeksi Cheyletiella ini adalah terdapat ketombe di daerah kulit tertentu (seringkali di punggung. Bisa juga di atas ekor atau tengkuk leher). Ketombe ini disebut juga “ketombe berjalan” sebab kita bisa melihat ketombe itu bergerak-gerak karena aktivitas para tungau. Tungau-tungau itu sendiri tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Tungau-tungau itu memakan keratin. Oleh karena itu infeksi terjadi di daerah yang banyak bulu-bulu mati: daerah yang sulit dijangkau oleh kelinci untuk digaruk/disisir. Jadi jika kelinci anda sedang bermasalah (sakit gigi, penyakit tulang, kakinya keseleo, obesitas,kekurangan gizi), periksa dengan teliti apakah kelinci Anda kena tungau atau tidak. Segera ke dokter hewan, jika Anda melihat ada gejala penyakit ini.

Cheyletiella dapat menular ke manusia. Jika kelinci Anda terinfeksi tungau, Anda perlu rajin membersihkan rumah, dan mengganti bedding (alas dassar) kelinci. Sebab Cheyletiella kuat bertahan hidup dan dapat menginfeksi kelinci kembali. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk memberantas tungau ini secara tuntas.

Fur mites (Tungau bulu)

Fur mites berbeda dengan Cheyletiella, dan jarang ada orang yang mengetahui tungau ini. Mereka biasanya akan menyerang kulit pinggul sampai ke ekor.

Ukuran fur mites sedikit lebih besar dibandingkan dengan Cheyletiella. Tungau ini dapat dilihat dengan mata telanjang sebagai butir-butir kecil yang bergerak-gerak. Warna mereka kontras dengan warna bulu kelinci yang terserang. Hal ini mungkin terjadi karena tubuh tungau ini memiliki dua warna… Warna tubuhnya yang pucat mungkin akan kontras dengan warna bulu kelinci yang gelap dan sebaliknya.

Fur mites tidak menimbulkan masalah jika jumlahnya sedikit. Cara penanggulangannya mirip dengan penanggulangan pada infeksi Cheyletiella.

Ear mites (Tungau telinga)

Tungau telinga Psoroptes cuniculi menyebabkan penyakit yang disebut sebagai “canker”. Tungau menyerang kulit telinga sehingga menimbulkan iritasi kulit. Iritasi kulit ini dapat membentuk kotoran kuping yang keras dalam jumlah banyak (Kelincinya bisa conge-an kali yah maksudnya? ).

Gejala awal penyakit ini kurang terlihat. Kelinci bisa terlihat menggaruk-garuk telinganya atau kelinci merasa sakit jika kupingnya dipegang. Dalam dua minggu, akan terlihat jelas sisik berwarna abu-abu kecoklatan di dalam kupingnya. Jika tidak segera diobati, tungau dan kotoran kuping akan tumpah berceceran ke pipi dan kupingnya.

Penyakit ini perlu diobati melalui konsultasi dengan dokter hewan. Jika kelinci Anda terlihat sangat sakit, mintalah dokter hewan memberinya penawar rasa sakit. Antibiotik juga diperlukan untuk memberantas infeksi bakteri lain. Antibiotik ini dapat diteteskan langsung ke dalam telinga atau disuntikan/disuapkan ke kelinci. Kadang-kadang, proses pembersihan kotoran kuping bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bagi kelinci. Jika demikian, kotoran kuping yang keras itu perlu dilunakkan dulu dengan obat. Kemudian kelinci perlu dibius ketika proses pembersihan kotoran itu dilakukan.

Kutu (Fleas)

Kelinci peliharaan jarang terkena kutu. Tapi kelinci peliharaan mungkin dapat tertular kutu dari hewan anjing dan kucing. Ada vaksinasi khusus untuk mencegah penyakit ini. Di Inggris, flea collar (kerah kutu) disarankan untuk dipakai kelinci yang terinfeksi kutu.

Wounds (luka)

Luka pada kelinci bisa jadi bisul/bengkak bernanah. Oleh karena itu, luka luar harus dengan telaten dibersihkan.

Goresan dan luka potong kecil dapat diobati dengan mandi air garam (satu sendok makan untuk 0,568 liter air hangat). Tetapi luka luar yang parah perlu diobati dokter hewan. Luka luar yang besar mungkin perlu dijahit (yang kadang-kadang perlu pembiusan) dan diberi antibiotik untuk mengurangi risiko terkena infeksi.

Luka luar lebih mudah dijahit kalo masih baru. Walau gitu, luka luar tidak harus segera diobati saat itu juga. Dengan kata lain, jika seekor kelinci memiliki luka luar saat tengah malam, pengobatannya di dokter hewan dapat ditunda sampai esok pagi. Kecuali luka luar akibat serangan hewan lain, atau pendarahan yang tidak berhenti walau ditekan langsung selama 20 menit.

Artikel asli ditulis oleh Dr Linda Dykes dan Owen Davies BSVc MRCVS. Artikel ini adalah revisi dari Linda Dykes bulan Februari 2002

About these ads

46 Tanggapan so far »

  1. 1

    Desi said,

    Pak Pakar kelinci, tanya ya: kelinciku ini sakit apa dan bagaimana solusinya? Di ujung hidungnya bulu tumbuh tidak merata, seperti jamuran, warna coklat kehitaman (keliatan kotor), kering, kasar tidak sehalus bulu di bagian tubuh yang lain trus seakan-akan hampir lepas bagian hidung atasnya itu. Lalu di pinggir telinganya juga begitu. Terima kasih

    • 2

      tentangkelinci said,

      dear desi

      klincimu kenas scabies. coba baca artikel kammi tentang scabies,
      di penyakit kelinci
      obatny seperti yg sering bilang sebelumnya
      dsuntik

      salam

  2. 3

    indah said,

    pak pakar kelinci…….
    tolong pak kaki kelinci saya bulunya rontok semua dan bagian bulu kaki yang rontok terlihat seperti terkena penyakit kulit. kelinci saya yg satu lg sudah mati gara2 penyakit tsb dan skr yg satu lg ketularan. tlg pak jgn sampe yg satu lg bertambah parah. sekedar info disini ga ada dokter hewan pak jd saya bingung harus gimana.
    terimakasi sebelumnya pak

  3. 4

    ruth septy tri wijayanti said,

    saya maw tanya kalo kelinci saya ada keraknya nya banyak dikuping,,, keras bggt,,
    trs hidungnya jadi besar gara2 ada jamur… itu ngobatinnya gmn???

  4. 6

    Rika said,

    Pak, kelinci saya kena scabies,
    Ada penyembuhan cara lain ga selain disuntik..??

  5. 7

    Katsura Kanon said,

    Anu, maaf ganggu, dulu saya punya kelinci, nah, suatu hari, saya iseng-iseng nyampur” susu milo bubuk, adem sari, sama chrysantemum ( atau apa itu namanya lupa ) yg udah dekat tgl kaldaluarsanya…
    Nah, seudah saya campur2 bubuk2 itu, saya cobain kasih ke kelinci saya.
    Sama dia dimakan abis.
    Nah, seminggu kemudian, saya campur lagi bubuk2 diatas itu, terus saya kasih ke kelinci saya lagi.
    Nah, sejak saat itu, kelinci saya tubuhnya kayak yg mengeras…
    di telinganya, saya liat kayak yang sobek-sobek gitu…
    kaki2nya juga sama.
    itu jenis penyakit apa ya?
    terima kasih

    • 8

      Katsura Kanon said,

      o’iya, lupa beberapa hal lagi, saya perhatikan setiap hari, kotoran matanya banyak sekali.
      lalu kotoran matanya agak lengket-lengket.
      air kencingnya juga seperti tercampur dengan tanah.
      warnanya seperti coklat-coklat dengan sesuatu di tengahnya yang bentuknya seperti ampas kopi.
      jenis penyakitnya apa ya?
      terima kasih banyak

      • 9

        tentangkelinci said,

        dear katsura,

        untuk mata sebaikknya dikasi obat tetes mata saja,
        air kencing memang kadang seperti itu
        biasanya dipengaruhi makanan yg dimakannya

        nah untuk pertanyaan kedua,
        sebaiknya tidak asal memberikan makanan / minuman pada kelinci
        karena di habitat aslinya pun kelinci ga minum milo, adem sari, dan yg lainnya juga :)

        biasakan memberi makanan yg sesuai di habitat aslinya
        rumput dan pelet adalah makanan pokoknya
        walaupun boleh diselingi oleh vitamin, buah2an

        pertanyaan selanjutnya
        untuk telinga yg seperti sobek2 , bokes seperti itu
        saya menduga itu adalah penyakit scabies,
        coba lihat di tulisan kami tentang penyakit kelinci atau pada tulisan khusus tentang Scabies

        Salam

  6. 10

    Kiki said,

    Pak pakar kelinci,
    saya mau nanya…

    Kelinci saya rambutnya semi panjang, umurnya sekitar 5-6 tahunan… Baru-baru ini dia diindikasikan kena jamur karena sebagian badannya ‘dimakanin’ semut sehingga rontok dan luka-luka, tapi sekarang sudab sembuh, sdh tumbuh kembali rambutnya

    namun sekarang, dia banyak ketombean dan bagian perutnya malah botak semua… Takutnya dia kena penyakit tungau…
    Apa ya yg sebaiknya saya lakukan utk mengatasinya?

    Trims :D

    • 11

      tentangkelinci said,

      dear kiki,

      sebaikny dilakukan pengobatan apabila memang sakit,
      dan isolir dengan kelinci yg lain

      untuk scabies atau kudis
      yg paling efektf adalah dengan disuntik

      Salam

  7. 12

    rayna said,

    Permisi mau nanya, kelinci saya di sekitar pinggir alat kelaminnya (laki2) ada seperti kulit yg terkelupas mirip2 ketombe. Ini kira2 kenapa dan apa solusinya ya? Thanks before

  8. 13

    aya said,

    maaf sya mw tanya, klinci sy sdg skit dsekitar kakinya. sperti ada korengnya.. sy bgung, itu kudis/scabies ya, pak? sya hrus brtndak bgaimana?????
    mohon bantuannya y pak..

    • 14

      tentangkelinci said,

      itu kena scabies
      cara penyembuhannya disuntik
      mohon dibaca artikel kami tentang scabies / penyakit kelinci
      agar tidak terulang,
      kandang selalu rajin dibersihkan setiap hari
      jauhi dr lembab dan kotor

      Salam

  9. 15

    henny said,

    permisi saya mau tanya kelinci saya dibawah matanya bengak,apakah itu bisul?atw itu kena penyakit apa ya?bagaimana cara mengobatinya?haruskah di bawa k dr hewan?atw ada cara utk mengobatinya sendiri??thx

    • 16

      tentangkelinci said,

      hi henny

      coba di liat kembali
      bengkaknya memar atau ada cairan didalamnya
      klo cuma bengkak aj , coba di kompres,
      klo bisul harus dibawa ke drh sepertinya

      kt liat perkembangannya
      makan nya normal kan ?

  10. 17

    Asano said,

    permisi, saya mau tanya
    kelinci saya kena penyakit bukan ya?
    bulu di kakinya rontok semua. nggak semua sih, ada sisa sedikit.lalu kulitnya itu kalau saya coba sentuh pelan-pelan dia seperti terangsang kaget (entah itu sakit , atau memang kaget), itu kena penyakit apa ya ?

  11. 18

    agung PE said,

    mo tanya apa ini penyakit ato bertengkar dng kelinci lainnya.. diatas hidung bulunya rontok sedikit dan kulit agak memar kemerahan sepanjang 2 cm keatas, karena baras dengan kelinci lain hanya pakai bambu.trims

  12. 20

    imam said,

    Maaf gan sy mo tanya kelinci ane kok daun kupingnya kayak mengkerut…ujung2nya kayak dgunting2….seperti abis dmakan rayap gitu…kenapa ya gan…mohon wangsitnya

  13. 22

    aurel rosaline said,

    mau tanya nih….
    saya punya kelinci anakan umurnya sekitar dua bulanan,
    saya gak sengaja mengangkat kelinci saya dengan telinganya beberapa hari kemudian dia sering menggaruk2 telinganya,d daun telinga nya juga ada muncul kemerah2an seprti cacing…..kelinci saya itu sakit apa ya???
    mohn di balas makasih sebelumnya

    • 23

      tentangkelinci said,

      hi aurel

      sebaiknya tidak diulangi lagi mengangkat kelinci dengan telinganya
      karena disana banyak sekali syaraf2 halus yg rawan.
      klo menggaruk saya kira ada penyakit lain selain karena diangkat melalui telinganya
      coba diliat apakah kupingnya seperti berkerak ?
      klo iya segera bawa ke drh atau peternak terdekat

      Salam

    • 24

      tentangkelinci said,

      hi aurel

      sebaiknya tidak diulangi lagi mengangkat kelinci dengan telinganya
      karena disana banyak sekali syaraf2 halus yg rawan.
      klo menggaruk saya kira ada penyakit lain selain karena diangkat melalui telinganya
      coba diliat apakah kupingnya seperti berkerak ?
      klo iya segera bawa ke drh atau peternak terdekat

      Salam

  14. 25

    fi-rosfi said,

    tnya gan….kelinci aq kuping’a korengan…berjamur x y…???trus pd kaki’a sprti jamur gituu…tebal…pnyakit ap ya gan?
    cara ngobatin’a gmn y?skrg jd kurus bgd…aq tkt matii…cos q ud urus dr 4bln….sayaang… tlg rekomend’a y gan…klw prlu obat..obat ap nm’a…tx.. :)

  15. 26

    mau nanya nihhh.. kalo kelinci saya d kupingnya ada semacam jamur trus bulunya n kupingnya semakin rontok… obatnya apa ea????

  16. 28

    Rano said,

    pak pakar,
    saya mau nanya ni kelinci saya tangan kanannya bengkak dan seperti ada ketombe gitu warna putih di bagian dekat kukunya dan sekitarnya.
    itu penyakit apa ya?
    dan apa solusinya?
    terima kasih
    klu blh sy kirim foto nya k pak pakar biar lbh jelas

    • 29

      tentangkelinci said,

      hi Rano

      itu scabies
      bisa disuntik untuk menyembuhkannya
      tempat suntik biasa di peternak atau ke drh

      trims

      idzar

  17. 30

    raihan said,

    pakar kelinci saya mau nanya kelinciku telinganya kayak ada bekas luka kering gitu trus hidungnya kering gitu itu dia kena penyakit apa ya?

  18. 32

    raihan said,

    oh iya itu obatnya apa ya kalo sari kurma bisa gak ?mohon cepat di balas yaaa

  19. 34

    yulia said,

    Pak mau nanya, kelinci saya mata kiri nya rontok bulunya, menggumpal trus rontok, kulit dibawa nya agak merah gitu. Sakit ap ya pak? Terima kasih pak.

  20. 35

    pak,
    tolong, saya punya 2 kelinci.. dua-duanya rambutnya rontok semua.. kalo disentuh mesti ditangan ada bulunya. udah saya mandiin. tapi tetep aja. rontok. apa ini cuma rontok biasa? dan, bagaimana cara mengatasi kalau kelinci sedang diare? Makasih:)

    • 36

      tentangkelinci said,

      hi adila

      kelinci mempunyai siklus moulting atau merontokkan bulu
      jadi bukan cuma kelinci yg mau melahirkan aja yg merontokkan bulunya
      secara alamiah jg ada siklusnya..
      not worry.. itu biasa ko

  21. 37

    antok said,

    makasih bos sbelumna..ni mo nanya klinci gw kakina pada bengkak pd ujung jari nya gmn ya boz pencegahanya..

  22. 38

    vita said,

    saya punya kelinci jantan umur sekitar 5 tahunan. udah beberapa hari dia ga nafsu makan dan kemarin dia bener2 ga mau makan apapun. lalu perutnya sering sekali bunyi keroncongan seperti suara orang laper dan itu sudah ada sekitar 1 bulanan walaupun dia lagi makan. itu kenapa ya?
    terus besoknya tiba2 kelinciku meninggal :'(

    • 39

      tentangkelinci said,

      hi Vita

      something wrong pastinya di pencernaanny
      sayang uda telat ya.
      tp bisa dijadikan pelajaran ko
      klo nemu kejadian kaya gini lg
      langsung aj kasi critical care oxbow
      nanti dicampur di air minumnya
      harganya 89rb.. bisa dicek digoogle penjual2nya

      Thanks

  23. 40

    evy said,

    seperti yang saya baca di artikel tentang scabies, sepertinya GP saya terkena scabies. di bagian kuping kirinya ada banyak kerak putih yang mengeras, di bagian moncongnya juga sudah mengeras dan berwarna coklat. apakah itu masih bisa di sembuhkan? apa saya juga bisa tertular? kalo iya bagaimana mencegahnya?
    trims sebelumnya

  24. 41

    evy said,

    ohh iya ada yang lupa
    jenis pengobatan seperti apa yang harus saya lakukan?ada gak pengobatan yang saya gak harus mengoleskan salep atau meberikan obat setiap hari?
    soal si marmut ada di rumah ortu karena kosan saya gak bisa pelihara binatang
    mohon sarannya, trims

  25. 42

    Angie said,

    Hai..mau tanya,kelinci rex sy,bagian tengkuknya botak,sampai kelihatan pink warna kulitnya..itu kenapa ya? Ada penanggulannya?

    • 43

      tentangkelinci said,

      bagian tengkuknya ada kerak nda ?. selama tidak ada gejala gatal dan kering seperti kerak ndak maslah
      yg saya khawatirkan cm scabies aj
      Thanks

  26. 44

    Angie said,

    Tolong info ke email jg yaa..

  27. 45

    Frido said,

    gan mau nanya nih, saya baru beli sejodoh kelinci anggora. bulunya ngegimbal sama badanya kurus banget. pertolongan pertama yang harus dilakuin apa gan ?

    • 46

      tentangkelinci said,

      coba dicari penyebab kenapa kurus kelincinya, pola makannya gmn
      apakah ada penyakit tertentu yang sedang berlaku pada kelincinya
      klo sudah diketahui penyebabnya barulah kt obati..
      Thanks


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: