Kelinci Scabies Yang Sedang Hamil

Banyak kasus yang terjadi indukan kelinci yang sedang hamil terkena scabies. Scabies ini sendiri sebenarnya di sebabkan oleh kutu yang ukurannya kecilllll sekali. Kutu ini menjalar dan beranak pinak di sekitar kulit kelinci. Ciri-ciri kelinci terkena scabies sering garuk-garuk atau menggeleng-gelekkan kepalanya, karena daerah yang pertama di serang biasanya adalah telinga. Warna kulit pun lama-kelamaan akan memerah dan sedikit bersisik. Sebenarnya hal ini bisa di tanggulangi dengan suntikan anti scabies, hanya sayangnya kelinci yang sedang hamil tidak boleh di suntik karena bisa menyebabkan keguguran.

Jadi gimana dong????

Selain suntikan sebenarnya bisa juga dengan obat oles yaitu campuran alkohol, yodium, dan sulfur. Untuk lebih mudahnya sih bisa di beli di dokter hewan.Atau juga memakai salep, namanya scabiesced. Tapi bukan berarti mudah loh mengobatinya kelinci dengan salep atau obat oles, karena tabiat kelinci yang suka sekali menjilat-jilat. Tapi untuk indukan hamil cuma ini cara yang aman, setidaknya minim resiko.

Nah setelah indukannya melahirkan selang 3-4 hari baru deh kita boleh menyuntik anti scabiesnya. Selang hari itu untuk meminimalkan tingkat stress kelinci paska melahirkan. Kelinci yang sedang menyusui tapi terserang scabies terkadang suka ogah menyusui anaknya, ini di karenakan gatal yang amat sangat yang menderanya, membuatnya tidak betah sedikit berdiam diri ketika anaknya menyusui. Dan akibat terparahnya si anak bisa mati karenanya.

Jadi langkah yang sebaiknya di ambil :

1. Obati ibu kelinci yang sedang hamil dengan obat oles atau salep untuk sementara.

2. Setelah melahirkan selang 3-4 hari bila scabiesnya belum sembuh silakan suntik anti scabies.

3. Bila si ibu tidak mau menyusui anaknya pisahkan terlebih dahulu si anak dengan ibunya, dan untuk sementara berikan susu kambing etawa untuk pengganti susu ibunya, setidaknya agar si anak mampu bertahan tanpa susu ibunya.

4. Setelah sehari ibunya di suntik kembalikan si anak-anak kelinci tadi ke pelukan ibunya dong, biar bagaimanapun mereka lebih suka susu kelinci ketimbang susu kambing🙂

Salam

Abang Rabbit

http://www.tentangkelinci.wordpress.com

17 Tanggapan so far »

  1. 1

    tri wina said,

    gimana ya bang kalo lain waktu nyebut “ibu” kelinci dengan sebutan induk aja, biar lebih pas gitcu… tapi dah oke kok tulisannya… thanks infonya, doain induk klinciku bisa ertahan rawat baby-babynya yang masih imut-imut…

  2. 2

    erman said,

    Bang kelinci,
    Saya tertarik dengan pengobatan scabies cara suntik.boleh kasih tau gak apa nama obat suntiknya dan dapat dibeli dimana? soalnya kelinci ku di rumah kena scabies di kaki, telinga dll. (kayaknya tempat lainnya juga masih ada).so, lebih praktis sekali suntik aja gitu daripada pakai oles.Jawabannya ditunggu.Thanks sebelumnya.

  3. 3

    Nunu Ibnu said,

    bang kalo misalnya kelinci yang baru beberapa hari suntik scabies terus dikawinkan. apa si induk langsung bisa hamil? sebenarny suntik scabies menghambat kesuburan kelinci gk?

    • 4

      tentangkelinci said,

      dear nunu
      pertanyaan bagus
      secara ilmiah saya ga bisa menjawabnya
      klo ada dampaknya pasti
      tp apakah menghambat kesuburan ?
      harus pake penelitian menjawabnya
      saya jawab pake pengalaman aj y
      mohon koreksi klo salah
      1. kami pernah menyuntik kelinci kami, selang seminggu kemudian kami kawinkan
      gak ada masalah, kelinci tetap hamil dan anaknya normal
      2. rekan kami pernah menyuntik induk kelinci pada saat hami, dengan terpaksa karena
      khawatir mati induknya dan khawatir anaknya dicuekin klo ibunya tetap scabies,
      tp alhamdulillah baik2 saja anaknya
      walaupun ini tidak kami sarankan

      NB: mungkin saja ada kejadian lain, atau faktor x lain yg kami tidak ketahui
      silakhan bagi yang mau sharing

      Salam,

  4. 5

    harry said,

    ommmmm kelinci saya kena scabies….,
    susahnya mengobati penyakit ini terutama jika yang terserang pada bagian kaki…
    kasih tau dong ommm cara suntik kelinci yang benar…., takut nih salah prosedur…

  5. 6

    shirley said,

    salam,ma’af bang,klo klinci sya scabies bukan:

    1.)nafsu makan tinggi

    2.)bulu bagian kuping kyk rontok gtu tpi gk kya korengan

    3.)lincah

    4.)kuku kaki gk bengkak

    sgitu doank sihhh cri-crinya,eh yng bulu bgian kupingnya wrnanya kyk kulit tpi pas dipegang bulu,itu gk napa npa kan?klinci saya rex tricolor,-/+ 3 bulanan,n kelinci sya gk gruk gruk kupingnya kok

  6. 7

    dicky said,

    slam knal gan….

    sya mau tnyak nich….
    klinci sya sudah melahirkan,dan anaknya sekarang sudah umur 3 minggu…..
    nah induk klinci tersbut kna scabies…….

    sya mau tnyak,,,…
    apa boleh induk klinci yang anaknya belum siap sapih,sudah dsuntik obat scabies…..????

    mksih sbelumnya…..

    • 8

      tentangkelinci said,

      dear dicky

      boleh disuntik ko,
      asal tidak melebihi dosis dan pastikan pakan minum tercukupi dengan baik
      awal2 pasti akan terasa panass buat si induk,
      tp cuma bberapa saat ko,

      Salam,

  7. 9

    Afriansyah said,

    Om, mo tanya mohon dijawab ya please… untuk induk hamil yang terkena scabies kan untuk penyembuhannya harus di suntik ya… kalo obatnya yang ora semisal KEPROMEC ORAL bisa ga ya..?? please ya di jawab thx

    • 10

      tentangkelinci said,

      dear afriansyah

      kami tidak merekomendasikan untuk menyuntik kelinci pada saat hamil
      kecuali memang scabiesnya sudah sangat kronis, dimana kelinci kemungkinan
      bisa2 ndak mau makan lagi karena gatal yg sangat,
      maka harus disuntik, tapi klo masi sedikit sebaiknya tunggu ketika melahirkan
      salam

  8. 11

    Baguss banget said,

    Abang juragan kelinci
    saya punya kelinci betina,mungkun udah lagi hamil,soalnya puting susunya udah keluar lalu lebih agresif
    Kelinci tsb terkena scabies,dan sudah saya obati dengan obat semprot dan setiap setelah diobati,kaki yang telah saya semprot di jilati oleh si kelinci
    Apakah tak bahaya bila termakan oleh kelinci tsb ??
    Terimakasih

    • 12

      tentangkelinci said,

      hi

      saya sarankan tidak menyuntik kelinci ketika sedang hamil
      karena akan menyebabkan suhu tubuh menjadi panas
      terutama pasca suntikan
      seminggu setelah melahirkan barulah disuntik induknya
      klo untuk obat semprot atau oles resikonya memang seperti itu
      si kelinci akan terus menjilatinya

      mudah2an cepet sembuh kelincinya

      Salam

  9. 13

    JX said,

    mkasih atas informasinya . . . itu sangat berguna bagi saya yang sedang pemula dalam pemeliharaan kelinci.

  10. 15

    mau tanya, kira2 berapa lama kelinci yang terserang penyakit scabies akan bertahan jika tidak diberi obat? karena kelinci saya kena scabies dan belum mendapatkan obatnya😦

    • 16

      tentangkelinci said,

      hi,

      tergantung daya tahan tubuhnya,
      mungkin sekitar 3minggu. tp sbaiknya kt ga menunggu kematiannya
      bisa dibawa saja ke drh
      atau bisa jg ke peternak terdekat.

      salam

    • 17

      tentangkelinci said,

      wah tergantung dayatahannya, tp yg pasti membunuh perlahan klo ga diobatin
      karena gatal yang sangat menyebabkan dia ga mau makan nantinya
      segera di obati, klo ndak bisa dibawa ke dokter hewan, pternak kelincinya biasanya mempunyai obat injeksinya
      thanks


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: