Rex, Kelinci Paling Prospektif

Jangan pernah menganggap remeh sesuatu yang kecil, meski itu hanya berupa kelinci. Apabila kita mampu mengelolanya dengan baik, si kecil itu mampu memberi keuntungan yang besar. Kelinci rex, misalnya, kini menjadi salah satu komoditas ternak paling prospektif.

TIDAK banyak jenis kelinci sekomplet rex. Dagingnya amat lezat, sehingga banyak restoran dan hotel berbintang di berbagai negara yang menyajikannya sebagai menu spesial. Kelinci rex juga cocok dijadikan kelinci hias, sejajar dengan kelinci angora.

Yang luput dari perhatian banyak orang, kulit dan bulu kelinci rex banyak diminati pasar internasional untuk dijadikan bahan baku jaket dan aksesoris fashion lainnya.

Menurut data BLPP Ciawi, Bogor, kulit bulu kelinci rex bisa dipakai sebagai bahan pakaian berbulu, jaket, selendang, tas, dompet, ikat pinggang, bahan pelapis kerah jaket, dan boneka. Kulit bulu bisa laku seharga 8-15 dolar AS/lembar. Jika sudah disamak, harganya menjadi 18 dolar/lembar.
Pasarnya pun sangat luas, mulai dari Eropa, Rusia, Amerika, hingga Asia Utara. Produsen kulit bulu kelinci terbesar berpusat di Hong Kong, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan.

Jepang bahkan minta pasokan reguler dari Indonesia sebanyak 20.000 lembar / bulan, dengan harga 8 dolar/lembar. Di Barat, mantel eksklusif yang terbuat dari 20-30 lembar kulit kelinci rex dijual seharga 3.000 dolar.

Permintaan kulit bulu kelinci rex makin meningkat, setelah berbagai aktivis pecinta lingkungan seperti Green Peace terus mengkritik maraknya aksi perburuan dan pembantaian satwa liar, untuk dijadikan bahan pakaian di negara-negara yang mengenal musim dingin.

Potensi inilah yang sekarang mulai dilirik beberapa peternak di Indonesia. Sejauh ini, baru peternak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung, yang paling aktif menangkap peluang tersebut. Mulai dari Desa Gudang Kahuripan hingga jalan masuk ke Peneropong Bintang Bosscha, banyak warga yang beternak kelinci rex.
Menurut Dodo, pemilik Peternakan DS Lembang, banyak pengusaha dari Singapura yang minta tiap minggu dikirimi 1.000 lembar kulit bulu kelinci rex. Sayang, permintaan itu belum bisa dipenuhi akibat keterbatasan populasi.
Beberapa perajin mencoba membuat jaket berbahan kulit bulu kelinci rex, dan hasilnya dipasarkan di beberapa gerai yang ada di kawasan Ciwalk, Jl Cihampelas Bandung. Jaket ini sangat unik, karena ada ornamen bulu kelinci di bagian lehernya.

Menu Spesial
Daging kelinci memang belum popular di Indonesia. Padahal, banyak negara yang meminta pasokan daging kelinci dari negeri ini, terutama untuk jenis rex. Dagingnya dijadikan menu spesial di restoran dan hotel berbintang.
Bobot hidup kelinci rex rata-rata 5 kg. Setelah disembelih bisa menghasilkan karkas (daging) seberat 1,5 kg. Harga daging di pasaran internasional sekitar 1,0-1,5 dolar AS/kg, hampir sama dengan pasar lokal sekitar Rp 8.000-Rp 15.000.
Daging kelinci rex mengandung kadar protein yang tinggi, dengan kandungan kolesterol yang rendah. Beberapa negara, seperti Italia, Prancis, Spanyol, Brunei, dan Singapura, menjadi pengimpor terbesar.

’’Sebagian besar peternak berpikir praktis, sehingga kelinci rex hanya diarahkan sebagai kelinci hias. Kami belum mampu memenuhi permintaan daging maupun bulu, apalagi dalam jumlah besar,’’ tutur Asep, ketua Kelompok Peternak Kelinci Kahuripan, Lembang.

Ya, kelinci rex menjadi komoditas ternak paling prospektif saat ini. Kalau begitu, mengapa Anda tidak mencoba untuk membudidayakannya? Untuk bibit, Anda bisa membelinya di Lembang. Warna bulu bervariasi, ada yang hitam, cokelat, dan belang hitam-putih. Harga induk sekitar Rp 250 ribu.

Memilih Bibit

Kelinci rex mempunyai postur tubuh yang bongsor, dengan bulu-bulunya halus dan licin. Memilih bibit kelinci rex tidak sulit. Biasanya kelinci yang sehat memiliki sifat lincah, aktif, serta nafsu makan tinggi. Fisiknya bagus (tak memiliki cacat) dan sorot matanya bercahaya.

Kalau bibit sudah terbeli, siapkan kandang untuk perkawinan, pemeliharaan anak, dan pembesaran. Kandang diletakkan dalam tempat yang cukup sinar matahari, memiliki ventilasi udara yang baik, dan berada di lingkungan yang tenang.

Untuk sepasang induk betina dan jantan, buatlah kandang berukuran panjang 120 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 70 cm, dengan tinggi alas 50 cm dari tanah. Dalam setahun, induk betina bisa melahirkan hingga enam kali. Setiap melahirkan dapat mengasilkan sedikitnya empat ekor anak.

Anak kelinci dipelihara secara kolektif dalam kandang komunal berukuran 50 x 30 x 45 cm3. Ukuran ini dapat digunakan untuk memelihara 12 ekor anakan.
Kalau sudah agak besar, pindahkan ke kandang pembesaran dengan ukuran 200 x 70 x 70 cm3. Pisahkan kelinci berdasarkan jenis kelaminnya, untuk menghindari perkawinan dini. Kandang ini bisa digunakan untuk 12 ekor betina atau 10 ekor jantan.

Di dalam kandang harus disediakan wadah pakan dan wadah air minum.
Pakan terdiri atas sayuran hijau, jerami, biji-bijian, umbi, dan konsentrat. Makanan hijau yang bisa diberikan antara lain rumput, kangkung, wortel, daun pepaya, daun talas, dan lain-lain.

Sebenarnya kelinci termasuk hewan yang tidak mudah sakit. Penyakit yang seringkali diderita adalah scabbies, yaitu sejenis kudis di kulit yang sangat gatal. Penyakit ini biasa terjadi jika kandang terlalu lembab. (Yustisi Ardhi-32)

© 2008 suaramerdeka.com. All rights reserved

35 Tanggapan so far »

  1. 1

    Lora said,

    Kasian amat kelinci rex yang lucu itu klo dimakan😦 hiks..

  2. 2

    pamanku punya banyak kelinci mau di jual,,siapa yg butuh kelinci partai besar?

    • 3

      irawan said,

      saya mau pelihara kelinci mbak.. mang kelinci yang mau dijual da berapa banyak…

      untuk lebih lanjut mohon hubungi nomor saya di 0878 940 22 737. terima kasih..

      salam hangat,
      Irawan

    • 4

      Rully hertantio said,

      Boleh saya tahu, berapa harga perpasangnya?

      • 5

        tentangkelinci said,

        hi rully

        sepasang jenis apa ya
        untuk jenis hias lokal range harganya biasanya 70rb -150rb anakan
        indukan 200 – 300an

  3. 6

    hery said,

    Saya punya kelinci REX, tapi hanya jantan, beri info mendapatkan betinanya dong

  4. 7

    tentangkelinci said,

    silakhan datang ke farm kami pak heri
    ada ko rex induk betina nya warna triclolor usia 11 bulan
    fotonya bisa dilihat di Galeri kami
    thanks

  5. 9

    Tomi said,

    Bibit kelinci rex emg mahal, siapa ya yang mo ngasih gratis?
    He2he, kirim e-mail ke arifianto_tomi@yahoo.com

  6. 10

    Tomi said,

    Kalo udah banyak kelincinya, trus konek ke pengepulnya gmn ya? ada yang tau?

  7. 11

    Chizz said,

    Saya mau tanya. Berapa harga bibit rex 1bln? Thx info nya. Christian

  8. 12

    tentangkelinci said,

    harga rex 1.5 s/d 2 bulan berkisar antara 80 rb – 90rb

  9. 13

    ihwan said,

    wah artikelnya kok ketutup gitu jadi gak bisa dibaca bis, perbaikin dong

  10. 14

    faldi said,

    pak , kelinci jenis lop yang anakan berapa harganya? tolong bisa nggak kirim ke jatim?

  11. 15

    Massulist said,

    aku mau nanya san kanang yang baek untuk kelinci ;
    1. anakan
    2. dewasa
    3. perkawinan
    4. dll

  12. 16

    Tri harjanto said,

    Saya baru coba kembangkan ternak kelinci jenis rex di Boyolali, mohon info pemasarannya. Trima kasih

  13. 17

    gaya3 said,

    permisi…
    saya ada tugas untuk membuat karya ilmiah,jadi saya ambil sumbernya dri blog anda!jadi saya minta maaf klo ada kesamaan…
    terima kasih…

  14. 18

    rio said,

    sayang artikelnya terpotong…

  15. 19

    barokah rabbit said,

    saya ternak kelinci khusus jenis rex di blitar ada induk 30ekor dan 80ekor anakan.
    mohon bantuan penjualan anakan bisa hubungi saya
    alamat : jl. bogowonto patihan pakunden blitar
    no hp : 081334514140

  16. 20

    Fauzie said,

    Saya punya kelinci drmah, kelinci saya warna putih dan bola mata warna merah, , ukuran standar, bulu pendek biasa. Apakah itu kelinci rex ?
    Apakah perbedaan kelinci rex dngn kelinci jenis lain?
    Trimkasih

  17. 21

    dedy ozep said,

    gimana ya cara mengetahui kelinci rex yang sedang hamil?

    • 22

      HIMA FATHABANAN said,

      kebanyakan kelinci kalau udah bunting ndak mau dikawinikan dan ngeluarin suara ngruk2…, yah bisa aja di chek setelah 9-12 jam proses pengkawinan, oke………..

  18. 23

    Surip said,

    Wah banyak ya manfaatnya. thanks.

  19. 24

    Sigit said,

    Saya punya kelinci rex sekitar 60an ekor. Mohon info pemasaran utk wilayah jogja

  20. 26

    antonwarso said,

    Saya mempunyai kelinci, type rex beranak 6 ekor, masih menyusui tapi induk nya mati terus saya harus bagaimana ? untuk menjaga 6 ekor anak kelinci ini supaya tetap hidup. saya sama sekali tidak tahu harus bagaimana? tolong siapa yang punya pengalaman mengenai anak kelinci umur 2 mingguan kirim e-mail.

    • 27

      tentangkelinci said,

      to, pak antonwarso :

      1. berikan susu kambing ettawa, sehari dua kali aj, pagi dan malam, ukurannya satu – dua sendok makan
      2. berikan pula sedikit madu, sehari satu kali saja ukuran nya 1/2 sendok teh
      gimana cara ngasinya ? bisa pake suntikan mas, tapi jarumnya dilepas toh🙂

      Salam,,,

  21. 28

    fais said,

    saya dari malaysia….mahu nanyakan tentang harga kelinci rex di indonesia

  22. 29

    gendon said,

    Salam kenal ya bang,,sy suka bgt blog anda :))

    Mohon info dong bang …

    Gimana cara2 / tips2 ngirim kelinci dlm jumlah besar, baik dgn jalur darat,laut,maupun udara..
    Apa aja yg harus diperhatikan untuk keselamatan kelinci sampai tujuan..gmn sih ngemasnya ?
    Soal perizinan ?
    Kisaran harga ?
    Ada ga jasa kirim yg bs abang rekomendasikan ?

    Mohon infonya ya bang.. trims sblmnya :))

    • 30

      tentangkelinci said,

      salam kenal ms/mr gendon

      thanks sblmnya,
      klo jalur darat, prefer pake kereta dan ber ac, jauh ga masalah jg si, asal stabil aj jalurnya
      pokoknya hindari si kelinci dalam keadaan, panasss, stress, nti bisa mati

      bagaimana mengemasnya ? sirkulasi udara harus bagus, sebaiknya mengirim kelinci pada malam hari atau ppagi hari
      klo siang panas, kasian kelincinya

      nah untuk perizinan baru di pakai ketika kt mengirim denngan jasa cargo udara.
      misal ketika kt hendak mengirimkan kelinci ke wilayah sumatera, kalimantan, sulawesi, etc..

      syarat yg harus dipenuhi biasanya :

      1. surat keterangan dari DRH bahwa hewan yg hendak dikirim dalam keadaan sehat wal afiat,
      2. surat keterangan dari dinas peternakan
      total biaya kisarannya 100-200rb

      untuk surat yang di karantina hewan bandara, per ekor kalo saya tidak salah kena… hmm..
      lupa saya, gak mahal lah

      yang mahal itu biaya kargonya , waktu itu kami kirim kelinci ke sulawesi 4 ekor, lewat kargo RPX
      chargenya diitung dr berat kelinci dan volume kandang untuk pengirimannya,
      waktu itu biaya sktr 1 jtan, total biaya kirim , dll. blm termasuk harga kelincinya

      Tks, moga manfaat

  23. 31

    randy said,

    aku punya 2 klinci rex di rumah . . .
    Klincinya aktif bnget .
    Apakah itu tanda klo klinci ku sehat ?

  24. 32

    Just desire to say your article is as astounding.
    The clarity in your post is just spectacular and i
    could assume you’re an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the gratifying work.

  25. 33

    bruno said,

    These are truly fantastic ideas in regarding blogging.
    You have touched some nice factors here. Any way keep up
    wrinting.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: