Induk Hamil yang Galak

sebuah penelitian yang didasarkan atas pengalaman beberapa induk kelinci Hamil yang Galak, karena begitu protektif terhadap anak yang dikandungnya, walau tidak semua induk seperti itu,,,

kenapa Galak ? seperti tertulis diatas merupakan bentuk protektif terhadap anak yg dikandungnya, dan juga sensitif ketika kondisi hamil ( kaya orang aja ya🙂 ) masa si, hehe….

induk yang galak biasanya menyusui anaknya ? berdasarkan penelitian terhadap dua induk REx dan Holand Lop yg begitu protektif ini, ternyata mereka sangat perhatian terhadap anak2nya, sering masuk kedalam kotak baby bunnies u/ menyusui anak2nya, dan kerap ketika mereka diam pun posisinya menghadap kotak anak, kemudian kalo ada suara2 gaduh atau bising induk buru2 ke kotak anaknya untuk menjaga dan menjilati anak anaknya, ck.ckk… luar biasa kan !!

walau tidak bisa dijamin 100%, tp kemungkinan besar memang seperti itu, karena data di beberapa peternak yang mempunya induk kelinci hamil dgn ciri2 diatas mampu mengurus anak2nya dengan baik.

so.. buat para hobbies or peternak yang ingin membeli indukan yang bagus mengurus anaknya jangan lupa memperhatikan ciri diatas, hehe..

tp ada juga kondisi induk yang biasa saja, jinak dan tidak sensitive seperti diatas tp bagus mengurus anaknya. Minimal menyusui anaknya. Hal ini dialami oleh peternak sendiri yang memiliki kelinci rex sejak umur 1.5 bulan hingga kini usia 7 bulan dan baru saja melahirkan 5 ekor anaknya pada tanggal 1 agustus lalu, alhamdulillah anaknya sehat2 dan sudah mulai besar, perutnya gemuk2, hehee, ada 2 yang tricolor dan 2 lagi harlequin. Smoga mereka cepat besar yaa…

nah .. cirri induk yang satu ini memang menyusui anaknya. Tp dlm kondisi tertentu dia kurang protektif dibandingkan induk diatas yang galak, satu contoh ketika kotak anaknya kita ambil, dia biasa2 aja, walau ada akhirnya nyari nyari… dibandingkan dengan induk galak yang ketika kita pegang kotaknya pun dia langsung nyamperin dan berusaha mempertahankannya . hmm…. Ini lumayan ngaruh loh, apalagi klo lingkungan sekitar kandang banyak tikusnya.

Well, demikian hipotesa awal dari sebuah penelitan singkat kami

Semoga dapat bermanfaat untuk semua, amin

Salam

Abang Rabbit

O iya satu lagi nih .. gmn handle kelinci hamil yang galak ?

First… harus sering ditengokin ke kandangnya, klo ngasi makan coba dielus2 palanya, harus pelan dan jangan melakukan gerakan dadakan yang ngebuat kelinci kaget klo ngga mau dicakar atau digigit, nti lama lama klo dia uda kenal bau kita, dia ngga terlalu galak ko, sudah kenal soalnye selamat mencoba …

10 Tanggapan so far »

  1. 1

    to abang rabbit,
    saya mo tanya dikit nih…induk kelinci rex saya (sudah umur 1,5thn lbh dan baru 1 x beranak 6 ekor) minggu kemaren (tgl 6/03/09) saya kasih jerami dikotaknya pagi, sore saya lihat sibuk ngerontokin bulu….wah…senengnye minta ampun saya….eh…tunggu punya tunggu, ga ada anak yg lahir….nah gimana tuh? anak2nya (3 ekor betina) sekarang juga menunjukkan sifat galak minta ampun,dan kalau sy masukin sepupunya yg jantan jadi liar utk menghindar diikuti dgn bunyi2 yang menunjukkan ketidak sukaan dia, nah…yg ada dlm pikiran saya langsung aja saya pikir hamil nih, eh….udah 2minggu, belum juga lahiran…gimana tuh bang rabbit?tolong dibantu dong cara taunya dia itu memang hamil?
    trims
    =bintang sht=

    • 2

      tentangkelinci said,

      dear bintang.

      hmm.. saya jawab pertanyaan terakhir ya,
      sebaiknya perhatikan ketika mengawinkan kelinci
      klo anda sudah tau berhasil atau tidaknya , maka kemungkinan berbanding lurus dengan kehamilannya
      ciri2 hami;
      nafsu makan bertambah
      ada bbrp kelinci yang galak ktk hamil
      minumnya banyak
      ketika dikawinkan kembali, bunyi dia ( ngukk..ngukk… )
      diraba perut bagian dalamnya, ada tonjolan klo dia hamil.
      oke… segitu dulu deh

  2. 3

    Ayah Iwan said,

    Saya mo tanya kalo indukan lagi hamil apakah dipisah dengan jantannya?

    • 4

      tentangkelinci said,

      to : ayah iwan
      betul pak, normaly kelinci dewasa harus dipisah seterusnya
      kecuali pada saat dikawinkan saja
      Best regards

  3. 5

    ican said,

    saya mo tanya nih:
    1. saya mempunyai klinci dan induk nya tlah mlhirkn 8 ekor anak klinci, tp stlah 2 hari koq 3 ekor anak klinci nya malahan di makan sm induk nya?
    2. boleh engga saya minta tips mrawat anak klinci yang bru lahir?
    3.apa makanan yang harus saya berikan pd anak klinci tsb
    trima kasih sblm nya

    • 6

      tentangkelinci said,

      Dear pak ican,
      ada 3 perilaku induk pasca melahikan
      1. induk yang menyusui anaknya, ciri khasnya dia menjilat2i anaknya, dan ada jg yang Galak ketika hamilny
      dan ciri nya bisa kt liat di malam / pagi hari si induk menyusui anak2ny
      2. induk cuek bebek, ni dia ga mau nyusuin anaknya,
      kadang suka nglongok2 doank, abis itu cuekk lagiii,
      3. induk kanibal, induk ini pasti ga menyusui anaknya, malahan anaknya dimakan
      mungkin dia merasa anaknya sebagai ancaman, atau kondisi pada saat melahirkan sangat tidak kondusif,
      misal bising atau banyak tikus, dsb…

      nahh…

      1. kelinci bapak kanibal tuh , hmm… coba baca di blog kita sebelumnya, ada bbrp tulisan sepertinya ttg kanibal
      coba dimandikan kelincinya pak, trus sering2 dibelai, disayang gt, … dan coba dikawinkan kelincinya lg,
      mudah2an yg kedua , gak begitu
      2. tipsnya sebenernya biarkan induk sec alami merawatnya
      3. makanan yang paling tepat adalah asi,
      nah,,, kt liat nanti apakah si induk ketika dikawinkan lagi dan nantinya lahir lagi
      akan makan anaknya lg, sebaiknya ketika mau melahirkan harus di liatin pak
      nah,. klo ada indikasi di mau gigit anaknya langsung dipindahkan saja anaknya
      kemudian disusuin manual aj pak, induknya digendong celentang trus anaknya di pegang pake tangan kita
      minimal sehari dua kali, pagi dan malam.
      itu klo ada indikasi si induk makan anaknya, tp klo ternyata di kelahiran kedua dia baik sama anak2ny
      sok atuh, dibiarkan selama 1 hari, liat perut anak2nya, klo keriput dan kurus,, berarti si induk ga mau menyusui
      lalu langkah2 manual diatas harus dilaksanakan kembali. gt pak

  4. 7

    Aan said,

    Mas kenapa sih kelinci saya kok galak bgt sampe sampe saya di gigit sampe berdarah????

  5. 9

    Aan said,

    Mas knp sih kok kelinci saya glk bgt???sampe sampe saya di gigit sampe berdarah

  6. 10

    anggianggoro said,

    salam knl mas ada yg ingin saya tanya kelinci sayakan hamil tapi saya angkat terus soal nya dy kluar kandang trus itu ngapapa saya angkat terus


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: