Tips Memelihara Anak Kelinci

Membeli kelinci kecil memang menyenangkan, selain terlihat imut dan lucu, juga jinak. Bagi sebagian besar anak-anak akan senang bila memperoleh hadiah kelinci kecil tersebut. Tapi ingat … memelihara kelinci kecil gampang gampang susah. Selain suka ngambek makan juga kadang kurang bisa menyesuaikan keadaan dan akibatnya kelinci kecil bisa-bisa mati.

  • Kandang harus selalu bersih, sinar matahari bisa langsung masuk, tidak lembab dan usahakan terbuat dari ram-raman yang memungkinkan sirkulasi udara lancer. Baik terbuat dari bambu maupun kawat ram, yang terpenting landasan untuk pijakan dibuat rata (dari papan juga bisa) asal lobang-lobang untuk memungkinkan kotoran bias terus jatuh kebawah.
  • Ukuran kandang di sekat perekor. Minimal ukuran 50 x 50 cm. Buatkan tempat makanan tersendiri agak tinggi agar tidak terinjak-injak.
  • Bagi kelinci siap beranak siapkan kandang yang lebih luas. Siapkan pula kotak kecil yang diberi rerumputan kering agar hangat dan nyaman untuk persiapan anak kelinci lahir.
  • Makanan bisa dari hijau-hijauan, misalnya : rumput lapangan atau kangkung dan sayur mayur yang lain. Usahakan rumput maupun sayur yang diberikan dalam keadaan layu, kecuali makan sendiri di alam saat dilepas.
  • Jangan dicuci agar kadar air dalam sayuran sangat rendah. Selain makanan tersebut, kelinci juga menyukai ubi jalar maupun pohon, dedak/ bekatul, bungkil kelapa dan sebagainya. Usahakan makanan kelinci tidak satu jenis secara terus menerus. Hal ini akan menyebabkan kelinci manja dan susah makan makanan yang lain.
  • Pemberian makanan yang tepat sore hari kira-kira mulai jam 18.00 sampai pagi hari jam 07.00. (kelinci biasanya makan sepanjang malam). Siang hari boleh diberikan makanan tambahan secukupnya.
  • Sediakan tempat makan tersendiri agar tidak terinjak-injak dan terkena kencingnya sendiri.

Usahakan agar kelinci muda tidak secara terus menerus terkena tanah yang becek dan lembab. Sebab akan terkena penyakit gatal. Semoga trik singkat ini akan bermanfaat bagi penggemar kelinci, khusunya pemula.

Diambil dari berbagai sumber di Internet…

40 Tanggapan so far »

  1. 1

    wulan rianni said,

    pliz donk bantuin nyariin ank kelinci ……………. tp w bingung bgt nich

  2. 2

    Katsura Kanon said,

    anoo…
    Pak, kira-kira, jenis tanaman apa aja yang gk boleh dimakan sama kelinci?
    abisnya kelinci saya pernah mati, kayaknya gara2 makanin daun pohon yang bergetah…
    terima kasih…

    • 3

      tentangkelinci said,

      Dear Katsuro

      tidak smua makanan boleh dimakan oleh kelinci, even tumbuhan / hijauan pun demikian
      nah smua hijauan yang masih segar juga tidak boleh, mengapa, karena hijauan segar biasanya masih terdapat getah
      maka dari itu peternak membiasakan menjemur / melayukan hijauan tersebut , untuk menghilangkan getah / racun2 yang terkandung didalamnya

      Salam

  3. 4

    Lutfi said,

    mr. klinci…mw tanya ni..
    klinciku kayanya mw branak ni, soalnya dia udah bikinrumah/ngali-ngali tanah buat sarangnya..
    minta saranya ni..lebih baik aku biarin aja klinciku branak di tanah apa aku kandangin aja ya???
    trus kalo aku taro kandang, kandang buat branaknya gimana?? pake kardus bisa ngga ya//

    • 5

      tentangkelinci said,

      dear lutfi

      sebenernya klo bisa dipastikan gak ada pemangsa kaya tikus. kucing, etc… si ga ada masalah
      cuma aga sulit memastikan itu,
      saran saya masukan saja kedalam kandang, untuk sarang di dalam kandang
      bapak bisa masukan kotak laci didalamnya
      klo kardus biasa dimakan nanti pak ma kelincinya

      salam

  4. 6

    veycoirawan said,

    daerah grasik yang mw beli kelinci dmn?kebetulan q punya stok klinci banyak

  5. 7

    kristiana said,

    Dear tentangkelinci,

    saya ingin menanyakan kelinci saya yang mulai mengigit gigit jari saya, padahal sebelumnya dai hanya menjilat2 saja.
    Apakah hal ini di sebabkan karena pertumbuhan gigi atau karena dai masih lapar?

    Kelinci saya sepertinya jenis dwarft, dan lincah banget, bermasalah tidak ya jika kelinci terlalu aktif?

    Mohon petunjuk.

    terimakasih

    • 8

      tentangkelinci said,

      hi kristina

      gpp ko kelinci aktif, itu tandanya sehat,
      ga ada yg perlu dikhawatirkan , palagi memang dwarf terkenal lincah
      dan sulit sekali ditangkap klo udah dilepass, hehe

      Salam

      • 9

        kristiana said,

        terimakasih informasinya..

        kaki kelinci saya kotor, karena setiap pagi, dia memang lepas di taman belakang rumah..
        bagaimana sebaiknya membersihkan kaki kelinci ya? dan cara memegangny saat membersihkan..

        hampir 2 minggu saya belum pernah membersihkan/memandikan kelinci, bermasalah tidak ya? soalnya kelinci bisa memandikan dirinya sendiri ya?
        dan ada pendapat kalau kelinci jangan di mandikan, bagaimana sebaiknya..

        kemudian, 2 hari ini saya lihat kelinci saya sering selonjoran.. tidak seaktif biasanya, tapi kalau makan sih masih semangat, kalau di taruh di taman belakang juga masih suka loncat2..
        apakah ini wajar?

        tambahnan lagi, malam ini saya perhatiin dia sering banget jilatin + gigitin kaki2nya.. dia gatal/kena kutu ga ya? gimana bagaimana cara mengetahuinya.. dan apa yg harus dilakukan..

        oiya, kelinci saya, saya taruh di kandang (kandang plastik besi), yang di alasi oleh koran.. setiap malam dan pagi hari saya bersihkan kandang dan ganti korannya.. apakah ini cukup sehat untuk kandang kelinci?

        sori banyak pertanyaan.. soalny baru dalam memilhara kelinci, dan karena kelincinya lucu, jadi saya kawathir takut mati..🙂

        terimakasih sebelumnya..

      • 10

        tentangkelinci said,

        to kristina

        cara membersihkannya di cuci pake air aj mba, digosok pake sikat yg lembut, bekas sikat gigi juga gpp
        jangan sikat yg keras, dan after dicuci segera dikeringkan.
        kelinci pada habitat aslinya tidak mandi,
        dan sebaiknya jg tidak melepas kelinci didaerah yg lembab dan basah, agar si kelinci juga ga kotor2 bgt.
        untuk alas kandang, apakah kotoran dan kencing kelinci jatuh kebawah kandang, atau basah di koran dan kena
        kaki kelincinya ? klo benar demikian maka tidak sehat bagi kelinci dimana kaki/bagian lainnya terkena kencing kelinci tsb
        disarankan memiliki kandang yg memiliki laci atau kotorannya jatuh ke bawah tanah
        sehingga si kelinci tetap dalam keadaan kering, ini bisa diliat pada alas kandang kelinci dari bambu yg berselang (ada jarak diantara bambu tsb)

        moga jawabannya manfaat
        salam

        mengenai perilaku kelinci yg kadang aktif, kadang selonjoran, loncat2, itu smua normal2 aja ko

      • 11

        kristiana said,

        terimakasih jawabannya,sangat bermanfaat.

        untuk alas kandang, apakah kotoran dan kencing kelinci jatuh kebawah kandang, atau basah di koran dan kena
        kaki kelincinya ? klo benar demikian maka tidak sehat bagi kelinci dimana kaki/bagian lainnya terkena kencing kelinci tsb..

        saat ini kencing dan kotoran basah di koran dan kena kaki kelinci.. oke, saya akan perbaiki kandangnya agar kelinci bisa tetap bersih..

  6. 12

    kelincinya lucuuuuu bangat .aq juga adha anak kelinci umur 1 bulan,tapi dia udah g’ minum susu.nah pertanyaannya bahaya g’ minum susu?

  7. 13

    rida said,

    kelinci itu boleh minum g sih?katanya ada yang bilang kelinci g blh minum nanti bs kembung?

  8. 14

    rida said,

    kelinci itu boleh minum g sih?katanya ada yg bilang kelinci g blh minum soalnya nanti bs kembung dan mati?

    makasih

    • 15

      tentangkelinci said,

      hi rida

      yang membuat kembung itu bukan air minum
      dan yang menyebabkan mati juga bukan air minum
      kecuali air minumnya kotor, bisa jadi ngebuat kelinci jadi sakit perut hingga akhirnya mati
      gak bedanya manusia yang klo minum air kotor langsung sakit diare
      kelinci jg sama
      dan sama jg dengan semua makhluk hidup yang tidak lepas dari air,
      so.. kelinci membutuhkan air minum.

      Salam

  9. 16

    rahma sarita said,

    aku punya 2 anak kelinci yg masih berumur 1bln, co sama ce.. nah yg ce tuh warna putih dan bulunya sngt kotor jdi aku lap pake kain basah .. malah makin kotor .. nah kira kira boleh gk di mandiin

    • 17

      tentangkelinci said,

      hi rahma sarita

      kelinci 1 bulan seharusnya masi dalam susuan ibunya
      kami sarankan agar tidak pernah membeli kelinci diusia kurang dari 2 bulan
      karena kondisinya rentan sekali
      daya tahan tubuhnya belum kuat
      kelinci tidak perlu dimandikan
      karena dihabitat aslinya pun tidak mandi

      demikian saran kami
      salam

  10. 18

    Aldino Pratama said,

    Ghi mna nh cara’a ngurusin bayi kelinci yang induk’a udah mati..??

    • 19

      tentangkelinci said,

      hi aldino

      coba dititip ke induk yang lain yang sedang menyusui
      atauuuuuu
      kasi susu kambing etawa

      Salam

  11. 20

    guntara said,

    makanan yang bagus buat kelinci apa?
    dan makanan yang tidak boleh di makan oleh kelinci apa saja?
    kelinci saya suka di kasih makan sayur kangkung yang segar itu bermasalah tidak?

    • 21

      tentangkelinci said,

      hi guntara

      ada diartikel kami mengenai perawatan
      yg bagus tentunya rumput..
      pelet oke
      yg tidak direkomendasikan diantaranya adalah kangkung,,
      dan juga kerabatnya..🙂

  12. 22

    mariyamah said,

    aku mau nanya nih…!!!
    aku punya anak kelinci di bawah umur 1 bulan
    pertanyaan nya gini kira-kira kalau anak kelinci di bawah usia 1 bulan makanannya apa????
    apa tetep kangkung atau ada makanan lain???….

    makasih….

    • 23

      tentangkelinci said,

      hi mariyamah

      kelinci dibawah usia 1.5 bulan diberikan hanya susu dari ibunya sendiri
      menginjak 1.5 bulan, boleh diberikan, dikenalkan rumput kering sejenis hay
      dan pelet untuk usia kecil yang bagus adalah Oxbow

      klo tidak ada oxbow,
      pake pakan kelinci yang dijual oleh pternak pternak
      dan jelas ingredients nya

      Regards
      idzar

  13. 24

    vheetrey said,

    Q mw nanya nih,
    Q punya kelinci 3 ekor. tp bingung bedain mna yg jantan ma yg betina. . . saranya dank bedain klincinya tu gimana yah ?!

    • 25

      tentangkelinci said,

      hi vheetrey

      ada 2 cara
      1. klo kelincinya masi usia kecil, belia
      coba cek kelaminnya, ditekan sedikit di samping lobangny
      klo jantan dia akan menonjoll klo betina dia akan membelah gt,,
      gampang ko, pasti bisa
      2. tunggu sampai usia 4-5 bln, biasanya yg jantan keliatan seperti daging menggantung
      di kelaminny..
      Tks

  14. 26

    annisa said,

    mau nanya nihh…

    karna masih pemula .

    kelinci biasa itu makanan nya harus kering ya??
    kata orang kalo basah bisa mati.

    kandang kelinci itu boleh gk besi ?

    kelinci kecil gk boleh kedinginan gk sih??

    kelinci kecil klo di lepas di halaman yang banyak serangga nya boleh gk?

  15. 27

    pagi…………….
    mau tanya !kelinci boleh gk di bawa2 dalam kendaraan dengan jarak 3 jam

  16. 28

    defano said,

    pak boleh ngga kelinci dikasih makan pele ikan?

    • 29

      tentangkelinci said,

      hi

      nutrisinya berbeda dengan ikan
      sistem pencernaannya pun demikian
      pelet ikan itu amis, dan sebgaian mnggunakan lemak hewani
      sebaiknya tidak menggunakanny
      tks

  17. 30

    defano said,

    pak boleh ngga kelinci dikasih makan pelet ikan?

  18. 31

    trendy said,

    kelinci aku mau melahirkan, gpp emang kalo anak2nya di kandangin ma bapaknya ntar?

    • 32

      tentangkelinci said,

      hi trendy

      jangan pak, jangan disatuin dengan bapaknya
      bahkan ketika induknya sedang hamil jg harus dipisah
      karena membahayakan si induk nantinya
      disatukan hanya ketika mengawinkan kelinci saja
      Tks

  19. 33

    Nova said,

    Pak,saya mau tanya.. memang kangkung itu bagus ya untuk keinci ? Saya baca di beberapa artikel katanya kangkung tidak bagus karena kandungan gasnya tinggi .. jadi searang saya kasih pelet yg merk nya nagoya .. kira2 bagus ga ya pak ?
    tolong di jawab ..

    Terima Kasih

    • 34

      tentangkelinci said,

      Dear Nova

      terimakasih sudah menanyakan hal yang begitu populer dikalangan masyarakat
      tp sayang, hanya sedikit orang orang yang mengetahui ttg ini
      betul sekali, bahwa kangkung tidak lah direkomendasikan sebagai pakan yang baik
      karena mengandung gas yang tinggi dan membahayakan pencernaan kelinci
      penyakit yg sering menghampiri adalah mencret, kembung, dan teman temannya
      nah.. selain pelet kelinci jg doyan sekali rumput,
      sekarang sudah banyak yang menjual rumput alfalfa, bisa search di google
      atau di forum2 kelinci.. insyaAllah banyak yg jual
      selain itu boleh jg sesekali dikasi apel, jagung manis, tentu dengan frekuensi dan jumlah
      yang tidak berlebihan.

  20. 35

    BaeKSHyun said,

    aku punya 1 anak kelinci usia 3 hari. pas ngelahirin itu, aku ngga tau dan 4 mati. sekarang suhu badannya itu kayak dibawah rata2 dan kalau biasanya anak kelinci habis nyusu perutnya kayak gendut gitu, kok yang ini nggak ya? ini normal nggak, kak?

    • 36

      tentangkelinci said,

      HI Baekhun,

      sory baru baca comment sebelumnya
      hehe, yg bener yg mana neh..
      klo usia 3 hari dia mati
      kmungkinan besar induknya ndak mau nyusuin

      gitu…

  21. 37

    Rafqiahmadsajida said,

    Untuk pemula membutuhkan modal berp utk ternak kelinci?

  22. 38

    denis said,

    mau tanya pak apa kelinci umur 2bln boleh di kasih makan timoty hay? klo di ksh makan pelet merk nova bagus ga apa bisa bikin mencret?

  23. 39

    pressy said,

    emng bner ya klau klinci tidak boleh terkena angin malam..
    jika terkena apa dampak pada klinci kita..

    • 40

      tentangkelinci said,

      hmm… mungkin tepatnya bukan tidak boleh
      tapi dijaga fentilasinya agar tidak terkena langsung dengan hembusan angin terkhusus pabila musim hujan
      klo kena angin malamnya si gpp jg, misal buat orang2 di jakarta tangerang, tentu angin malammnya beda dengan yg ada di
      pegunungan yang lbh dingin,


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: