Korengan pada Kelinci

Korengan sering sekali terjadi pada kelinci. Biasanya mulai nuncul di daerah telinga, hidung dan kaki. Bentuknya seperti keropeng atau bunga kol. Penyakit ini cepat sekali menjalar apabila tidak segera diobati. Dalam kondisi parah biasanya berakhir dengan kematian.

Penyebabnya adalah sejenis kutu yang hidup didalam kulit kelinci, yaitu Sarcoptes scabiei. Dalam dunia kedokteran penyakit ini dikenal dengan istilah scabies. Penyakit ini termasuk penyakit zoonosis artinya bisa menular ke manusia. Makanya berhati-hatilah apabila menangani kelinci yang terserang scabies.

Selain kelinci, anjing & kucing juga dapat terserang scabies. Demikian juga kambing dan sapi, bisa terserang scabies. Pada jaman dahulu di pedesaan sering digunakan oli bekas untuk mengobati kambing-kambing yang terserang scabies. Namun saat ini sudah tersedia obat yang cukup efektif mengobati scabies, yaitu ivermectin. Sayangnya pemakaian obat ini harus disuntikkan dibawah kulit. Jadi tidak bisa digunakan secara bebas.

Setelah disuntikkan ivermectin, biasanya dalam 1 – 3 hari mulai terlihat perubahannya. Dan dalam waktu seminggu sangat jelas tanda-tanda kesembuhan pada kelinci. (Drh Amir Mahmud – KlinikHewan.com)

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ertha said,

    mau tanya nih.. Kemaren saya beli kelinci, nah ada tikus msk ke kandang kelinci saya. Yang 1 mati, tp yg 1 lagi ada kaya luka di telinga nya sampe bikin telinga kelinci turun ke bawah. Apa perlu di suntik invermectin spt yg disbtkan diatas?

    • 2

      tentangkelinci said,

      dear ertha

      1. harus dicegah untuk langkah selanjutnya agar si tikus tidak masuk lagi kedalam kandang, kandangnya ga boleh bolong terlalu besar, bahaya bagi kelinci
      2. solusi untuk mengobatinya, dikompres luka nya dengan rivanol atau antiseptik.
      3. terus menerus sampai lukanya kering dan pulih, jangan biarkan lukanya basah dan menjadi borok

      Salam


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: