Pakan Kelinci

yuk kita bahas soal pakan kelinci, soalnya salah-salah makan,kelinci gampang kena mencret lho….

Kelinci termasuk jenis ternak pseudo-ruminant, yaitu herbivora yang tidak dapat merncerna serat-serat secara baik. Ia memferrmentasi pakan di usus belakangnya. Fermentasi hanya terjadi di caecum (bagian pertama usus besar) , yang kurang lebih merupakan 50% dari seluruh kapasitas saluran perncernaannya.

Sekitar umur tiga minggu kelinci mulai mercerna kembali kotoran lunaknya, langsung dari anus (proses ini di sebut caecotrophy) tanpa pengunyahan. Kotoran lunak itu terdiri atas konsentrat bakteri yang di bungkus oleh mokus.

Walaupun memiliki caecum yang besar, kelinci ternyata tidak mampu mencerna bahan-bahan organik dan serat kasar dari hijauan sebanyak yang dapat dicerna oleh ternak ruminansia murni. Daya cerna kelinci dalam mengonsumsi hijauan daun mungkin hanya 10%.

Di alam, kelinci liar dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dengan jenis pakan yang di kehendaki. Jumlah pakan minimal dan ragam pakan dapat terpenuhi sehingga terjadi keseimbangan dalam pertumbuhan, kesehatan dan perkembangbiakannya. Kalau kebutuhan itu tidak tercapai, dengan sendirinya kelinci berangsur-angsur gugur menghadapi seleksi alam.

Nah untuk kelinci yang di ternak dan hidupnya terbatas di sekeliling kandang. Kelangsungan hidupnya sangat di tentukan oleh perhatian dan perawatan dari si empunya. Jenis, jumlah, dan mutu pakan yang diberikan sangat menentukan pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangbiakannya.

Pakan hijauan yang seimbang terdiri dari hijauan, hay (rumput kering), biji-bijian, umbi-umbian, dan konsentrat. yukk kita jabarin satu-satu…

  • Hijauan, sebagai makanan pokok kelinci lazim di berikan oleh peternak kelinci tradisional. Pakan hijauan yang diberikan antara lain rumput lapangan, limbah sayuran (kangkung,sawi,wortel,lobak,caisim,kol, daun singkong),daun kacang tanah, daun dan batang jagung, daun pepaya, talas, dll). Hijauan untuk pakankelinci jangan diberikan dalam bentuk ‘segar’, tapi telah dilayukan terlebih dulu untuk mengurangi kadar airnya. Proses pelayuan selain untuk mempertinggi kadar serat kasar, juga menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret. Pemberian pakan berupa kubis atau limbah sayuran lain akan membuat kencing kelinci keluar berlebihan. Soalnya limbah itu memiliki kandungan air tinggi.
  • Hay adalah rumput awetan yang dipotong menjelang berbunga. Rumput itu di keringkan secara bertahap sehingga kandungan gizinya tidak rusak, sekaligus mempertinggi kadar kandungan serat kasarnya. Bahan untuk hay antara lain rumput gajah, pucuk tebu, atau rumput lapangan menjelang berbunga. Daun kacang-kacangan yang dilayukan lalu di keringkan seperti hay, juga disukai kelinci.Ketika kelinci sakit terserang mencret, pemberian hijauan dihentikan. Sebagai gantinya diberikan 100% hay.
  • Biji-bijian Biji-bijian berfungsi sebagai makanan penguat. Pakan ini diberikan terutama untuk kelinci bunting dan yang sedang menyusui. Jenis pakannya bisa jagung, padi, gandum,kedelai,kacang tanang, dan kacang hijau. Biji-bijian itu sebaiknya digiling atau ditumbuk lebih dulu. Kalau pemberian biji-bijian terasa mahal, dapat dimanfaatkan bekatul, bungkil tahu, bungkil kelapa, atau bungkil kacang tanah. Kelinci muda yang dibesarkan melulu dengan pakan hijauan, sampai umur empat bulan bobot hidupnya hanya sekitar 1.5 kg. Kalau pakannya di tambah bekatul atau biji-bijian,kelinci muda umur empat bulan bisa mencapai bobot rata-rata 4 kg untuk New Zealand White, Californian, dan kelinci potong lainnya.
  • Umbi-umbian Ubi jalar, songkong, uwi, talas dan umbi-umbi lainnya dapat diberikan untuk kelinci sebagia pakan tambahan. Sebaiknya umbi yang beracun seperti singkong jangan diberikan mentah, tapi sudah direbus dulu atau dikeringkan menjadi gaplek.
  • Konsentrat dalam peternakan kelinci berfungsi untuk meningkatkan nilai gizi pakan dan mempermudah penyediaan pakan. Konsentrat sebagai ransum diberikan sebagai pakan tambahan atau pakan penguat, kalau pakan pokoknya hijauan. Konsentran untuk kelinci dapat berupa pelet (buatan pabrik),bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas tapioka, atau gaplek.

Yang pasti pemberian pakan-pakan itu mesti seimbang ya…. oo iya untuk hijauan, buat kelinci yang masih kecil atau yang masih di bawah 4 bulan, jangan terlalu banyak di kasih hijauan yaa… untuk menghindari mencret, kalau mau mengganti pakan jg jangan sekaligus, harus bertahap, kalau gak perut si kelinci akan kaget, dan bisa mencret. Kalau saya pribadi sih, buat kelinci kecil cukup di kasih pelet dan daun pisang untuk sehari-hari. Selamat mencoba ya…

About these ads

161 Tanggapan so far »

  1. 1

    risya berkata,

    boss,
    kemarin saya beli kelinci, masih kecil banget. waktu beli dia dikasih makan ubi jalar, sampe rumah saya kasih wortel. nah besok paginya yang satu mati karena mencret dan yang satu ilang

    • 2

      dafa berkata,

      saya baru beli kelinci 3 ekor 2 hari kemudian mati padahal saya kasih kangkung tapi kok mati sisa 1 ekor dan saya tidak mau 1 ekor itu mati juga gimana caranya ?

      • 3

        tentangkelinci berkata,

        dear dafa

        gpp, dijadikan pelajaran y,
        kelinci jangan lagi dikasi kangkung
        kangkung not recommended, sangat tidak disarankan
        kasi pelet aj dan daun pisang / rumput yg bersih
        kangkung mengandung gas yg tidak baik di pencernaan kelinci

        salam

  2. 4

    tentangkelinci berkata,

    salam kenal,

    kecil banget ya mba ? beli dmana mba ? ada beberapa penjual yang menjual kelinci anakan dibawah usia sapih ( < 40 hr ) , amat rentan karena diusia tersebut seharusnya anak kelinci masi dalam susuan induknya, tidak heran jika banyak kejadian kelinci kecil itupun tidak dapat bertahan hidup.
    atau mungkin jg terlalu banyak sayuran yang diberikan, dimana pakan kelinci kecil haruslah seimbang antara hay, pelet ataupun sayuran.
    klopun kite menemukan kelinci kite mencret, maka segera untuk menghentikan pemberian makan sayuran dan diberikan pelet, baru kemudian diobati dengan obat mencretnya
    semoga bermanfaat

  3. 5

    Syuhada' berkata,

    kok kelinci aku mati terus yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa karena mencret carnya gimana yaa padahal makanan dah 4 sehat 5 sempurna alias dach komplit githo lho ?

  4. 6

    tentangkelinci berkata,

    to akhina syuhada

    makanannya apa pak ?
    klo 4 sehat 5 sempurna untuk manusia belum tentu semuanya sempurna untuk kelinci pak :)
    klo kelincinya masi kecil jangan terlalu banyak dikasi sayuran segar seperti kangkung, wortel dsb, sedikit aja dan itupun harus dilayukan terlebih dahulu.
    pelet lebih aman untuk kelinci anakan. dimana didalam pelet tersebut juga sudah mengandung kombinasi makanan untuk kelinci.
    InsyaAllah sebentar lg akan di bahas tentang penyakit dan penanggulangannya di blog ini. pak syudaha bisa baca nantii
    semoga bermanfaat

  5. 7

    Didiek berkata,

    bung, maap tanya lagi….
    mulai dikasi air minum tu umur brp y?
    makasi

  6. 8

    Anya berkata,

    Aq mw tanyaaa,
    bLi pelet dmn ciy??
    Pur Babi bs ngGantiin pelet gg yh??
    KLnci aq jg 1 mati gr2 menCret ,sblm’y keJang2 dLu..
    Tu ciy mgk gr2 aq prnh ngsh kangkung sGer ..
    Bner gg yh??

  7. 9

    tentangkelinci berkata,

    betul sekali mba, kelinci tidak boleh diberikan sayuran segar.
    sebaiknya dilayukan terlebih dahulu. kami sarankan untuk memberikan pelet sebagai pakan utama kelinci, dan sayuran sebagai cemilan mereka :)
    kami menyediakan pelet khusus kelinci, klo berminat silakhan datang ke farm kami atau bisa juga diantar, cuma kena ongkos kirim mba.

  8. 11

    chaniago berkata,

    Saya mau tanya…
    tempat yg menjual pakan kelinci dengan kualitas terbaik yg jualnya per KG di daerah jakarta selatan dimana ya…
    karena selama ini saya membeli pakan kelinci dng merk tertentu yg sudah dlm kemasan dengan hrg mahal. tolong informasinya ya…..
    Terimakasih!

  9. 12

    BJ berkata,

    Mas, aku sudah selesai bikin rumah klinci, didalamnya ada 2 apartemen klinci @ 6 kamar, dan rencananya mau mulai merawat 1 set klinci (1 jantan 4 betina).. jika sukses (gak sakit/mati dan bisa beranak banyak) jumlah apartemen mau kutambah sampai max total 5 apartemen untuk 30 klinci dewasa…. Pertanyaannya :
    1)Kalo di Magelang atau Jogja, dimana beli pelet klinci yang murah tapi bergizi untuk klinci ?
    2)Untuk mulai merawat klinci dengan fasilitas rumah dan kandang kayak yang aku siapkan itu, baiknya jenis apa dulu ya.. Vlaam atau Spot ??
    3)Apakah ada pasar bagus untuk kulit klinci ?? Warna apa yang dicari ??
    Itu dulu pertanyaanku, kayaknya masih akan banyak lagi yang ditanyakan…
    Salam,
    Torry
    Magelang

  10. 13

    tentangkelinci berkata,

    To : Mas Chaniago

    Kalo mau beli boleh kok ke tempat kami mas Chaniago…Harganya terjangkau dan kandungannya bagus untuk kelinci.

  11. 14

    tri wina berkata,

    aku sedih sekali karena kelinci hitamku yang kubeli Rp 100.000,- dari peternak di ds. kekep batu mati tanpa ku tahu penyebabnya. padahal dah kucoba kasih makan bergizi tapi ga mau, dah kusuntik vitamin dan obati sakitnya. yach, mungkin dah takdir. si imus dari penjual kelinci di selekta batu juga mati karena diintimidasi kelinci bulu tebal alias kelinci inggris. aku sebel karena ga tau si bulu tebal nyamperin si imut di kamarnya. Pak, kenapa ya kelinci ras inggris kok agresif gitu, sampai induk kelinci lokal juga takut dikejar-kejar?

  12. 15

    tri wina berkata,

    aku sedih sekali karena kelinci hitamku yang kubeli Rp 100.000,- dari peternak di ds. kekep batu mati tanpa ku tahu penyebabnya. padahal dah kucoba kasih makan bergizi tapi ga mau, dah kusuntik vitamin dan obati sakitnya. yach, mungkin dah takdir. si imut dari penjual kelinci di selekta batu juga mati karena diintimidasi kelinci bulu tebal alias kelinci inggris. aku sebel karena ga tau si bulu tebal nyamperin si imut di kamarnya. Pak, kenapa ya kelinci ras inggris kok agresif gitu, sampai induk kelinci lokal juga takut dikejar-kejar?

  13. 16

    tentangkelinci berkata,

    to triwina

    turut berduka cita mba, sabar yaa.
    klo ngga jelas penyebabnya , misal tidak mencret atau tidak pada ciri2 kembung dan pantat tidak basah, mungkin sembelit mba

    o iya boleh saya tau jenis kelamin kelinci inggrisnya ?
    si imut matinya kenapa mba ? apa ada bekas bekas diintimidasi like, luka or something ? kelinci agresif biasanya macem macem mba
    ada yang karena sesama jantan, mereka pasti ribut klo disatuin
    ada yang karena beda ukuran , besar dan kecil makanya ngga boleh dicampur
    kecuali anak dan ibunye yee
    ada yang karena belum kenal, misal kelinci di kandang lama punya temen baru, trus disatuin, biasanya mereka galak , makanya klo belum kenal, harus ta aruf dulu :) baru deh tafahum , hehee .. cara taarufnya biasanya jangan langsung disatuin, taru aja dikandang sebelahnya supaya mereka bisa liat2an dan mencium bau masing masing, baru kemudian didekatka lagi, get closer :)

    ada juga yang karena trauma , misal ketika ditangkap dikepung , atau diperlakukan tidak baik sama yang punya ..

    itu dulu ya mba,
    semoga manfaat

  14. 17

    adryan cilacap berkata,

    Mau nanya nih mas,mohon jawabannya..
    1.Apa bener,kelinci kecil di peternakan punya mas cuma dikasih makan pelet sama daun pisang??apakah gizinya mencukupi dan tak pernah ada keluhan keluhan dari kelinci kecil maksudnya kelincinya sehat sehat aja gitu??
    2.Trus ktanya mas kalo kelinci mencret dikasih obat flagyl. Aku udah beli tapi kira kira berapa takarannya n berapa kali sehari musti dikasih tu kelinci yang mencret?
    3.Mas kelinci kalo mencretnya udah parah kalo hanya dengan pengobatan melalui oral ga mungkin sembuh ya?Soalnya 2 kelinci saya kan mencret tapi kayanya udah parah deh, beraknya aja udah bening kaya gel trus aku kasih flagyl 3 kali sehari, tapi tetep aja ga sembuh n akhirnya mati juga.Dengan catatan karena kelinciny sma sekali ga mau makan aku cekokin susu deh, tapi tetep aja ga lama bertahannya n akhirnya mati juga.
    4.Trus ktanya klo mencret dikasihnya makan pelet n daun pisang.Yang mau aku tanyain tu daun pisang yang masih muda apa daun pisang kering?

    terima kasih

    Adryan Cilacap

  15. 18

    adit berkata,

    halo,saya mahasiswa lai butuh infomasi kebutuhan gizi untuk ternak kelinci, kandunan dari tiap bahan pakan untuk kelinci, ada yan bisa bantu a? saya lai susun laporan akhir. makasi sebelumnya.

  16. 19

    akbar berkata,

    assalammualaikum..
    saya mau tanya…
    tadi dalam blognya mas, kelinci yg mci kcil hanya d kasih pelet dan daun pisang…
    hmm…
    mau tanya, daun pisangnya dlayuin dulu gak??trus apa perlu dikasih minum???
    makacih…:D

  17. 20

    tentangkelinci berkata,

    wa alaikum salam wr wb
    setiap hijauan yang diberikan agar dilayukan terlebih dahulu, minimal klo cuaca panas, satu hari dilayukan. dan kelinci juga membutuhkan minum sebagaimana manusia. hanya porsinya mengikuti usia dan besar tubuhnya
    sama sama , waiyyakum
    salam
    abang rabbit

  18. 21

    Hedi berkata,

    Mas kelinci mau tanya. Saya baru piara 2 klinci. Nah, tuh kelinci gak mau makan pelet. Gmn ya biar dia mau makan? Saya dah tega2in gak kasih hijauan, cuma pelet, tapi tetep g dimakan.

    Trus saya kasih hijauan, dengan taburan pelet yang uda saya ancurin kaya bedak. Cuma tetap aja gak puas karena gak mau makan lsg. Kira2 gmn nih cara biar suka pelet?

    Oia, untuk umbi2an, kacang tanah dan kacang ijo, itu di tumbuk halus? apa rada kecil2?

    Kalo saya mau bli makanan yang buatan mas kelinci, brapa? dimana? saya di Jakarta mas. Tx

  19. 22

    grace berkata,

    tanya..
    aku baru beli kelincii..katanya kelinci persia..cewek..aku gak tau umurnya berapa..uhm..panjangnya skitar 26 cm (bukan panjang waktuu tidur)..warnanya abu2..teLinga’nya gak panjang..

    cara ngerawatnya gmn?boleh dikasii minum?tempat minumnya kaya’ gmn?kaya punya kucing atau hamster?
    boleh dimandiin?caranya gmn?ada shampoo atau sabun khususnya?

    perlu divaksin nggak?
    kalo disisir?musti sering2?trus katanya musti dicukur juga ya?gmn cara’nya?

    makasii :)

  20. 23

    grace berkata,

    maap pertanyaan saya terlalu banyak ya..mohon maaf..

  21. 24

    grace berkata,

    oiya, saya dpt informasi kalau sebaiknya kelinci tdk diberi kangkung karena kandungan gas yng tinggi dan bs menyebabkan kelinci mencret dan kelinci menjadi bau.

    apakah hal itu benar?
    terima kasih sebelumnya :)

  22. 25

    Wawan berkata,

    Om playboy. Sy pgn bgt ternak klinci pdaging (felish giant). Tp ga tau caranya. Dah bbrapa x beli, mati trs. Pdhl bea pemakaman skrg kan mahal. Trs kl smp brkembang, kmn masarkannya? Usia dan brp kg bobot layak jual? Brp hrg jual per kgnya?Tx brt

  23. 26

    ali berkata,

    kelinciku baru beranak 7 ekor. tapi air susu induknya gak ada keluar. udah dipencet2. kasian lihat anaknya. apa memang begitu? sampai kapan air susunya keluar?

    • 27

      Miftah berkata,

      aduh… snengnya kelincinya dah bisa beranak nanya donk pada usia berapa kelinci mu hamil…

      • 28

        tentangkelinci berkata,

        dear miftah
        pada usia baligh tentunyaaa, dan yg pasti setelah dikawinkan
        biasanya baligh di usia 6 bulan, setelah itu masa produktifnya…

  24. 29

    eshape berkata,

    Pemilik blog ini sungguh banyak amalnya, hampir setiap pertanyaan selalu dijawab dengan baik dan [insya Allah] benar.

    Aku tak SMS saja ya, biar dapet jawaban instant.

    Saat ini sih aku baru beli 5 ekor kelinci [2 jantan], takut salah ngasih makan ntar mati kan sayang.

    Salam

  25. 30

    prast berkata,

    salam kelinci,

    saya sedang mengembangkan ternak kelinci di daerah Slawi, Tegal. beberapa yang ingin saya tanyakan :
    1. Untuk anakan usia sekitar 2 bulan boleh gak dikasih pelet unggas ? selama ini aku pake pelet unggas jenis 511 untuk anak ayam pada kelinci lebih dari 3 bulan gak masalah, tapi untuk yang 2 bulan aku belum pernah coba, takut mati, jadi selama ini aku kasih wortel melulu, ada efeknya gak ya?
    2. Ciri – ciri kelinci kembung gimana? dan obatnya apa? soalnya ada kelinciku yang gak mau makan.

    tks ya.

    • 31

      tentangkelinci berkata,

      boleh boleh saja , tp setauku untuk unggas ada bbrp ingredients yg tidak ideal untuk kelinci
      sebaiknya dialihkan ke pakan aslinya sperti rumput jangan wortel
      ciri kembung dan pengobatannya bisa di lihat di tulisan ttg penyakit kelinci di web ini

  26. 32

    Alief berkata,

    mas! makanan hay itu bisa dibeli dimana? or itu buat sendiri ta?

    • 33

      Miftah berkata,

      aq coba jawab yaa… ada kok di sekeliling kita…klu kelinciku biasa aq kasih daun pisang, daun bambu muda, rumput yang ada buntut kucingnya rumput gajah, daun ubi, sama sawi yang biasa buat mie ayam….kalau wortel sehari cukup 1 klinci 1 wortel besar, tapi di layuin dolo yaaaa oh.. ya jangan di kasih kangkung ya pngalaman aq sendiri tiap kelinci yang aq kasih kangkung pasti lama2 mencret deh truss mati deh kalau kelinci aq.. aq kasih air minum gula tapi rasa manisnya manis jambu gitu wihhh… klinci seneng banget tuh tapi jangan banyak2 1/2 gelas 3 hari sekali..itu aja deh pengalaman ku semoga bermanfaat

  27. 34

    masput berkata,

    lam knal smuanya…

    mw nanya.,untuk kota Bandung kpn n dmana n tiap berapa periode ada kontes kelinci c???

  28. 35

    Egi berkata,

    Salam kenal! Saya mau nanya nh. Kelinci saya ud gede. Tb2 dy gmau makan pelet yg biasa saya kasih. skrg ud 2 hari berturut-turut g makan. Apa yg harus saya lakukan y?

    • 36

      tentangkelinci berkata,

      cari sebab kenapa dia ga mau makan, biasa nya scabies yang parah, kembung, dan sakit lainnya menyebabkan kelinci tidak mau makan.
      klo sudah teridentifikasi, baru cari solusinya …

  29. 37

    poniman berkata,

    Mas….saya udah 8 bln pelihara kelinci , cuma yaa…sekedar iseng . Habis gak tahu target pasarnya . JAdi kelinci-kelinci saya , saya kasih makan rumput dan sayuran saja itupun selalu dalam kondisi masih segarrrrr , tapi sapai saat ini kok gak ada masalah yaa… Malah reproduksinya juga cukup tinggi , rata2 35 hari /induk mengalami reproduksi , dan rata2 sekali reproduksi 6 s/d 8 ekor .
    Terus kalau selanjutnya saya ganti pola makannya dengan pelet dan sayur yg di layukan kira-kira akan berdampak negatif pada kelinci saya apa tidak yaa…????
    Mohon infonya sebelum saya merubah pola makannya .

    Terimakasih

    poniman

  30. 38

    Pras berkata,

    kalau kelinci masih kecil dikasih pelet aja sama daun pisang,ya??
    itu sampai umur berapa??

    kalau kelincinya mencret itu berarti karena salah makanannya??

    aku masih baru melihara kelinci..

    Thanks..

  31. 39

    yoga berkata,

    pingin pelihara kelinci hias beli di mana yah? aku tinggal di lubang buaya yg deket pasar hewan mana ? ato ada yg dah kebanyakan kelinci boleh hub aku deh,
    eh tapi bisa ga kelinci di kasih pakan buatan thok

  32. 40

    Kilimanjaro berkata,

    Mas Saya Mau Nanya nih!

    Saya Sudah Pernah Melihara 13 Ekor Kelinci, tapi 12 ekor Mati Dibawah satu Bulan
    dan Satu Ekornya Lagi Hidup Mencapai 1 Tahun, Tapi aneh, Masa dia Maui Makan Ayam Goreng, Rendang, Ikan, dan Banyak Lagi ( Yang Pasti Makan Daging)
    Nah itu Kelinci Kenapa yah??, Kok Bisa Kayak Begitu Saya Jadi Bingung Sendiri.
    Kelinci Itu Juga Suka Berhadapan Dengan Kucing, dan Ajaib tanpa luka Satupun Kucing itu Pergi dengan Terbirirt-Birit
    Kenapa Kelinci Saya Bisa Jadi Seperti Itu Yah?
    Lalu setelah 1 tahun saya pelihara dia Mati dengan Sendirinya
    Saya Bingung Kenapa Kelinci saya Bisa Seperti itu?
    Tolong di Jawab Yah……

    • 41

      tentangkelinci berkata,

      hai,,,
      kelinci secara alamiah menkonsumsi rumput sebagai pakan nya
      dan apabil diberikan daging, ikan dan lain sebagainya dapat mengakibatkan kelinci membawa virus toksoplasma , ‘
      sebagaimana kucing dan anjing, yang kita sama2 ketahui membawa virus tsb
      dampak kedua yang dialami kelinci ketika memakan daging adalah kelinci akan lebih hiperaktif, dan panas
      saran saya segera diganti dengan pakan rumput secara perlahan..

  33. 42

    Kilimanjaro berkata,

    Mas Saya Mau Nanya nih!

    Saya Sudah Pernah Melihara 13 Ekor Kelinci, tapi 12 ekor Mati Dibawah satu Bulan
    dan Satu Ekornya Lagi Hidup Mencapai 1 Tahun, Tapi aneh, Dia Mau Makan Ayam Goreng, Rendang, Ikan, dan Banyak Lagi ( Yang Pasti Makan Daging)
    Nah itu Kelinci Kenapa yah??, Kok Bisa Kayak Begitu Saya Jadi Bingung Sendiri.
    Kelinci Itu Juga Suka Berhadapan Dengan Kucing, dan Ajaib tanpa luka Satupun Kucing itu Pergi dengan Terbirirt-Birit
    Kenapa Kelinci Saya Bisa Jadi Seperti Itu Yah?
    Lalu setelah 1 tahun saya pelihara dia Mati dengan Sendirinya
    Saya Bingung Kenapa Kelinci saya Bisa Seperti itu?

  34. 43

    maicylaaa berkata,

    aku mau tanya disini jual kelinci hias g??yg kira” umur 7 bulanan
    kalo ada aku minta alamatnya ya..soanya mau beli buat temen di rmh…
    oh ya satu lagi kok kelinci quu g doyann wortell sihhh???

  35. 44

    rakha berkata,

    dimana beli hay? ato rumput timothy? skrg kelinciku lg mencret…. tlg dong saran-nya…. thx…

    • 45

      tentangkelinci berkata,

      sekarang lbh baik diobati terlebih dahulu, dikasi obat yahh.. tetracyclin atauuu air jahe + gula merahdirebus hangat
      klo beli hay ada tp masi jarang, via japri aj ke emailku y ?
      thanks

  36. 46

    susan sofie berkata,

    Halo pak, mau tanya kenapa ya anakan kelinci saya pantatnya basah (bukan mencret) tp basah oleh air pis nya. Duburnya kyanya keluar. Trus dia ga bs rebahan buat tidur. Dia berdiri aj. Kasian. Tubuhnyapun ga normal kecil aj. Knp ya? Thanks ya

  37. 47

    wadeezeeg berkata,

    abang yang baik hati saya m nanya neh
    1. bedain kelamin jantan dan betina pada kelinci umur 1.5 bln – 3 bln gmn ya??
    2. cara menyembuhkan kelinci yang rontok bulunya gmn???penyebabnya apa aih??

    tq sblm dan sesudahnya

  38. 48

    miftah berkata,

    sekarang kelinci ku ada 2 aq beri nama pusi untuk yang putih n ciko untuk yang coklat tapi aq g tau yang mana cewe n cowo pokoknya kata penjualnya itu sepasang. Biasanya aq piara kelinci baru beli 1 minggu selalu mati, tapi alhamdulilah untuk x ini dah 1 bulan aq beli klinci tetep lincah n seger malah bertambah berat badannya.Aq belum tau neh mereka sebenarnya umurnya berapa yang aq tau dah 1 bulan kelinciku di rumah ku.mungkin 1 bulan setengah atau 2 bulan x.aq taru ciko n pusi di dalam rumah ku kalu siang mereka ku bebaskan di dalam rumah tapi kalu malam aq taru di kandang tapi kandangnya pun di dalam rumah.yang aq mau tanya bahaya g si kelinci n kotorannya bagi anak2 ku? trus klu seusia kelinciku dah boleh blom di kasih biji2an n bagai mana kasih biji2an tersebut apa harus di masak dulu apa engga?? makasih ya kalau mau jawab

  39. 49

    Yayan berkata,

    Aku lg bingung bkn struktur kandang kelinci nih,buat kelinci yg lg bunting,dan anakan,udah buat tpi bentuknya kya kandang ayam,enaknya gimana.?,

    • 50

      tentangkelinci berkata,

      dear yayan
      bisa hubungi kami,
      kami juga lagi buat design kandang siii
      klo mau maen aja ke tmp kami yaa
      kandang ayam klo bagus jg gpp
      asal jangan sampe tikus bisa masuk ajaa :)

      • 51

        mas cupyts berkata,

        aq lagi ternak kelinci 50 ekor indukan, sebagian dah mulai beranak. sekarang sih pakan utamanya rumput, tapi agak kewalahan. bisa ngga pakan utamanya pelet? gemana cara membuat pelet pakan kelinci sendiri, biar lebih mudah ?

  40. 52

    chiQa berkata,

    sy mau nanya,,,kelinci saya msi kecil banget,,,dia suka menjulurkan kakinya ke depan dan tidur miring, gerak geriknya kaya yang kembung,,,tp fesesnya malah ky sembelit,,,keras dan sedikit,,,,saya harus gmana ya??
    pengobatan kembung dan sembelit itu kan tolak belakang,,,

    oh yaa,,,kelinciku juga ga mau makan pelet,,,,
    udh dpaksain juga ttep ga mw,,,gmana ya biar dia mw??
    soalnya karena msih kecil
    ,,,takut mengganggu saluran cernanya,,,,

    tlong bantuannya yaaa,,,,

    • 53

      tentangkelinci berkata,

      dear chiqa,
      first,, bantu dia untuk nafsu makan
      karena setiap kelinci yg sakit, biasanya ga doyan makan
      how ? kasi curcuma plus aj, sembari dikasi air rebusan gula jawa + jahe, mudah2an ngebantu sakitkembungnya
      kasi daun pisang deh,
      mudah2an mau makan
      salam

  41. 54

    blue_me berkata,

    saya mau tanya donk…saya baru punya anak kelinci yang baru lahir (kurleb sebulan) nah, di bagian bawah mulutnya itu ada benjolan kaya bisul gitu trus sempet pecah tapi belakangan muncul lagi, kenapa ya kog bisa bisulan kaya gitu? trus cara ilangin nya gimana? masalahnya ada 4 lagi tapi gpp, cuma yang 1 ini aja yang bisulan.
    please help… tenkyu ^^

    • 55

      tentangkelinci berkata,

      to : Blue_me

      untuk bisul, kt blm punya obat yang mujarab bgt
      tp klo boleh menganalogikan, biasanya sebagian obat yang dipakai oleh manusia, bisa juga digunakan untuk kelinci
      walau tidak smua cocok y
      misal diapet untuk kelinci yg mencret,
      atau.. coba deh dikasi salep yang untuk anak2 klo bisulan
      apa ya namanya, klo ga salah salep erla,
      bersihkan dengan handuk hangat dibagian yg bisulnya
      dan pastikan kelinci tetap mendapatkan asupan susu dari indukny

      klo berlanjut lg, coba di di kontek DRH deh
      moga cepat sembuh kelinciny

      Salam

  42. 56

    wahyu berkata,

    mau nanya dunk….
    Aku peternak pemula, Emang pelet untuk kelinci biasanya di sebut apa sich?
    Belinya kalau di toko pelet unggas, Kira2 ada ga” yach?

    • 57

      tentangkelinci berkata,

      pelet kelinci yg biasa dijual di pet shop itu bitter bunny
      klo bli di pabrik peletnya bilang aj pelet kelinci, dia uda paham ko
      saya kurang tau , pasti berbeda dari ingredients nya dibandingkan dengan pelet unggas
      klo di bbrp toko tukang burung suka ad yg jual tuh, namanya hantaroo …
      coba dehh,,

    • 58

      Alief berkata,

      Aku biasanya yang beli perkilo 10rb bentuknya bulat panjang. Klo yang import sih kayaknya masih terlalu mahal untuk peternakan BuGBunny 1 kg rp 25rb aku beli di Pasar burung Bratang

  43. 59

    msonhadji berkata,

    makasih informasinya, saya sangat terbantu dengan membaca blog ini. sekali lagi terima kasih.

  44. 60

    bejo berkata,

    pelet yang baik untuk kelinci biasanya merek apa bos? harganya berapaan? thanks ya…………………….

    • 61

      tentangkelinci berkata,

      hi bejo

      merk Oxbow yg paling bagus
      cukup mahal, 50rb an sekilonya
      yg banyak dipake dan popouler harga 8-10rb per kg
      peletnya namanya SKR

  45. 62

    Anna berkata,

    hai pak sy punya klinci lion umur 4bln.senengmya makan kangkung tiap hr 2 iket dan diselingi rabbitfoodnya.insyallah ga ada apa2 mgkonsumsi kangkung tiap hr..cuma skrg aneh kok tb2 kupingnya ada jamur dan menyebar seperti koreng gt,sering bgt dy garuk2 ampe punggungnya luka bolong dan bulunya rontok.sy pkr scabies ttpi dokter blg bukan scabies dan ciri2nya jg tdk menunjukan gejala scabies..penyakit apa itu sebenernya??emg sih dy kdg2 suka nidurin pipisnya qlo lg ngambek.apa itu penyebabnya?tp tiap mgu sy mandiin kok ke petshop..jd aneh knp bs korengan.mhn penjelasannya thx a lot

  46. 63

    Anna berkata,

    oh iya korengnya itu berwarna kuning kehijau2an tdk basah ato berlendir melainkan kering..thx

    • 64

      kelinci pemula berkata,

      pengalaman saya,, coba di injeksi dengan obat yg banyak beredar di pasaran seperti wormectin, biasanya saya injeksi 0,1 ml per kg berat badan.. dalam 4 hari korengnya akan berkurang. semoga membantu (maaf klo saya sok tau)

  47. 66

    Antony berkata,

    mba mau nanya nih..
    kmrn kan kelinci aq mencret2 nah bsok harinya kelinci aq lemas g ada tenaga buat berdiri (skarat). kenapa ya? apa bisa diobati lagi tuh?

  48. 67

    sam berkata,

    salam kenal saya mau tanya bagaimana kalau kelinci betina tidak mau kawin ?

    • 68

      tentangkelinci berkata,

      dear sam,

      kenapa ga mau kawin ?
      usianya emang brp bulan pak ?
      mungkin emang blm waktunya kali
      Umur dikawinkan: 6-12 bulan
      jadi ga setiap kelinci itu mau dikawinkan d usia 6 bulan
      bisa jadi lebih

  49. 69

    Domi berkata,

    Saya punya kelinci jenis Flemish Giant umur sekitar 4 bulan pemberian Saudara saya. Selama ini kelinci itu saya beri makan ubi jalar (karena gampang dan murah 1 kg Rp. 3.000 bila dibandingkan dengan beli pelet yang lokal 1 kg Rp. 15.000), sekali-kali sih memang saya kasih makan rumput gajah (soalnya baru bisa nyari di hari minggu saja). Pertanyaan saya:
    1. Kira-kira sudah memadai belum menu tersebut untuk kelinci saya?
    2. Kalau mau dikasih bekatul bagaimana cara pemberiannya ke kelinci, apakah cuman dicampur dengan air biasa saja? Apakah nggak belepotan nantinya dia?
    3. Pelet yang anda jual berapa harganya per kilo?

  50. 70

    theo berkata,

    mau nanya nih, kok kelinciku ga’ mau makan sama sekali padahal biasanya dia tu agresif kalau masalah makan kenapa y ?? o ya kalau di kasih makan malah tidur aku takut kalau dia sakit….gmn donk??????

  51. 71

    hadi berkata,

    cara menyajikan pakan dari dedak, bekatul, ampas kelapa, jagung dan kacang2an itu mentah atau perlu dimasak dulu.
    terus kalau beberapa macam kita campur jadi satu gimana komposisi idealnya.
    satu lagi, kalau rumput yg biasa dimakan kambing apa bisa juga kita berikan ke kelinci. terima kasih Mas..salam

    • 72

      tentangkelinci berkata,

      dear pak hadi,
      mentah pak, asal higienis aj, bersih, tidak bau
      kira2 aj pak, klo kami si blm pernah ngasi langsung ampas tahu atau dedek gt,
      biasany km kasi pelet ( gabungan ampas tahu bekatul kacang, arang , rumput yang sudah di hancurkan dan dipadatkan kecil2 )
      rumput yg biasa dimakan kambing rumput ap y >?
      asalkan tidak berduri, tidak basah, dan tentunya tetap bersih, gak masalah

  52. 73

    elk berkata,

    akhir akhir ini kelinciku murung nafsu makan menurun biasannya agresif dan lahap, pas saya teliti, ko dagu kelinci saya basah terus, apa mungkin ini pennyebabnnya? yg saya heran gada luka ataw memar,kudis? apa itu penyakit, tpi penyakit apa? gimana pengobatannya?

    • 74

      tentangkelinci berkata,

      dear elk
      dagu basah biasany kepanasan
      coba kelincinya taro di tmpt adem
      trus sanitasinya yg bagus kandangnya
      jangan pengap

      salam

  53. 75

    Yudis berkata,

    mas mau nanya neh. kelinci saya kelinci lokal umr menjelang 4 bulan. saya dulu menyediakan pakan kelinci hanya sayur2an yg dilayukan aja (dulu masih belum tau tentang peletnya), namun begitu 2 kelinci terdahulu mati karena mencret, akhirnya saya tanya2 tentang pelet kelinci. saya akhirnya mendapatkan pelet kelinci dari pak gusti, breeder kelinci yg di bogor. sejauh ini memang tidak ada masalah apa2.

    yg saya ingin tanyakan, apakah dengan pemberian pelet ini pemberian sayuran layu tetep diberikan juga?? yg saya liat, biasanya memang dengan sayuran kelinci saya doyan banget, tapi kalo kebanyakan jadinya pup encer gitu (mencret). saya biasanya hanya memberikan sayuran layu per tiga hari sekali, diberikan siang hari. hari2 biasa saya memberikan pelet, kemudian wortel untuk snacknya (biasanya 1-2 batang sehari). apakah pola makan ini bagus?? sayuran apa aja yg bagus?? saya biasanya memberikan caisin buat sayurannya. hay belum pernah, karena rata2 yg dijual agak mahal.

    terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    • 76

      tentangkelinci berkata,

      dear pak yudis,

      saran saya , beli pelet harus tau komposisinya
      brp persen dia memasukkan komponen rumput/sayuran sebagai ingredient peletnya
      saran saya komposisinya tidak lebih dr 40% untuk sayurannya
      betul sekali terlalu banyak sayuran akan membuat kelinci mencrettt
      klo komposisinya sudah oke,
      saya rasa ga perlu dikasi sayuran jg gpp
      ju2r aj, sejak saya jarang kasi sayuran kelinci2 saya lbh tahan thp penyakit,
      salam

  54. 77

    Danu berkata,

    Om, saya kan punya kelinci tapi saya belum pernah punya pengalaman bagaimana cara merawat kelinci . bisakah om menjelaskan bagaimana cara merawat kelinci serta pola makannya dan cara mengobati penyakit kelinci tersebut?
    kelinci saya berjenis Kelinci Persia.
    Mohon di balas om secepatnya
    Tq………

    • 78

      tentangkelinci berkata,

      dear danu

      pola makan dua kali sehari aj, pelet cukup ko
      air minum selalu ada y
      sesekali boleh dikasi jagung gt atau rumput yg kering dan bersih
      tips merawatnya ” rawatlah dengan penuh kasih sayang dan cinta ” :)

      salam

      • 79

        danu berkata,

        oh iya om klo kelinci saya sering kluar t41x gitu gmana cara ngobatix dan ngasi peletx brpa kali sehari?serta cara mencegah penyakit beol truz menerus seperti itu gimana om?
        soalx tiap 3-5 menit kelinci saya beol truz…..
        Mohon d balas…..
        Tq……

  55. 80

    danu berkata,

    dan jika di kasih susu bubuk apakah kelinci akan bertambah sehat dan gemuk?saya memberi mkn kelinci saya dengan kangkung dan wortel.apakah boleh di tambah dengan susu?jadi pola mknx 3 kali sehari, yaitu wortel, kangkung dan susu bubuk.
    Mohon d bls y om….
    Tq…….

  56. 81

    hari syahrul berkata,

    Bang,klo pakannya di kasih pelet ayam jago itu bagus gak ya?soalnya kata temen saya di kasih pelet ayam jago…dan kelinci saya doyan sekali sm pelet ayam jago itu…gmana tuh bang?

  57. 82

    nonii berkata,

    abang
    kalo aku mau nanya” tentang ras kelinci gmanaa ?
    aku punya kelinci tapi bingung ras nya apaa
    hehehehehe
    makasih banget yaaa

  58. 84

    danu berkata,

    apakh kelinci bisa makan pelet yang dmakan ayam juga? trma kasih

    • 85

      tentangkelinci berkata,

      dear danu

      klo bisa si bisa aja pak
      cuma apakah nutrisi yang dibutuhkan ayam dengan kelinci itu sama ?
      pasti berbeda,
      pelet kelinci untuk kelinci
      begitu pula pelet ayam khusus pelet ayam
      karena kandungan nutrisi / ingredients nya berbeda
      Salam

  59. 86

    danu berkata,

    trima kasih om dan apakah boleh memberi tambahan makanan seperti susu bubuk?
    bahan apakah yang baik untuk kandangx?
    makasih om ……
    mohon bls secepatx…….

  60. 87

    hetty berkata,

    Mm, sy punya 1 kelinci 1 bulanan. kelinci boleh dimandiin gak? kalo kelincinya saya tidurkan di kotak, tapi alsanya diganzi kaloo kotor boleh gak ya? Apakah kelinci rentan terhadap semut, tikus dan kucing? Kalo kelincinya dilepas di dalam rumah dan di lapangan rumput, adakah resikonya ya? Maaf pertanyaannya kebanyakan..Terimaksih untuk info nya ya,,

    • 88

      tentangkelinci berkata,

      dear hetty

      sbaikny ga usa dimandiin, dihabitat aslinya ga mandi ko dia :)
      harus diganti alasnya klo kotor, sebaiknya alasnya tetap kering dan jangan basah terkene kencing atau kotorannya
      yap, tikus terutama, karena tikus suka sekali dengan bayi kelinci atau kelinci kecil
      resiko ? tergantung pengawasannya, resiko pasti ada, klo ga diawasin trus ada predator kaya tikus,,, hmm,,,

      Salam.

  61. 89

    atikah berkata,

    mas bknnya klo d ksi pelet itu msti d ksi air minum jg ya??? tp klo d gnti ama sayuran bsa kan?? tp sayuranny yg blum d layukan..

    • 90

      tentangkelinci berkata,

      dear atikah,

      yup, harus dikasi minum
      dan jgn salah, sebagian besar pelet kelinci juga mengandung hijauan seperti rumput loh
      jangan sayuran , kecuali yg sudah dilayukan
      itupun ga smua sayuran y, klo yg ada gasnya sebaiknya jangan
      kembung nanti

  62. 91

    hana berkata,

    saya punya kelinci tapi gag tau jenis apa , umurnya sudah beberapa bulan.
    tadi pagi tiba-tiba dia mencret, bagaimana mengobatinya ?

  63. 92

    mas cupyts berkata,

    aq baru sebulan stengah memelihara kelinci.50 ekor indukan dan 5 ekor pejantan. sebagian sudah mulai beranak. pakan utamanya rumput, tp terasa kewalahan baik mengaritnya maupun membersihkan kandang. apa pakan utama kelinci bisa berupa pelet dan bagaimana cara membuat pelet sendiri ?

    • 93

      tentangkelinci berkata,

      hi mas cupyts

      coba liat di postingan kami
      akan segera diposting lebih jauh
      ttg bagaimana membuat pelet kelinci

      Tks

  64. 94

    hadi pratama berkata,

    mau tanya ni , kelinci saya angora , badannya kurus bngt ,nabsu makan nya juga kurang eh pada akhirnya mati..
    itu knp y ??
    apa terlalu kecil ??
    dirumah saya bnyk kelinci , tapi yg laen gpp ??
    bls ke email saya ^^
    death_line45@yahoo.com

  65. 95

    Ferdy berkata,

    om mau tanya,saya punya 4 kelinci, 3 betina( hitam anggora,belang anggora,abu(lion) dan 1 jantan (anggora),umur kurang lebih 2,5 -3 bulan,,,,saya tempatin jadi 2 kandang,(jantan -betina) dan (betina2),,,mereka dulu akur kalo dilepasin dari kandang,sekarang si hitam (betina)jadi galak banget,kita coba masukin yg jantan kekandang si hitam ,eh dihajar ama sihitam,trus kita mau gabungin semua yg betina,lion betina kita masukin dikandang anggora betina,,,lion dihajar lagi ama si hitam,trus sekarang kalo mereka dilepasin semua dari kandang,si lion dan sihitam jadi sering berantem diluar kandang,,,,serem banget berantemnya,sampe kaki aku jadi korban pas misahin mereka…gimana nih om,,pada luka luka,,,kok si hitam ama si lion kan sama sama betina kok jadi berantem….emang kelinci punya sifat dendaman yah om…si hitam jadi galak sejak potong bulu om..maaaf ya om curhatnya kepanjangan…makasih sebelomnya

  66. 96

    Ferdy berkata,

    oh iya om…aku pernah baca kalo kelinci hamil bisa jadi galak,,,,tp yg hitam ini temen sekandangnya sesama betina om,ga mungkin hamil kan om…

  67. 97

    ari berkata,

    bang sy punya keleci umur 2 bln nan..di kase makan kol seger…tau2 bsok pagi pada modar semua.ada 6 ekor..kt tetangga kolnya mengandung pestisida..jd kejang2..padahal sebelumnya jg makanya kol..tp ga np2kira2 np ya??.trus sy skarang piara lg..di kase makan kangkung,ama bortel,ikut saran temen,apa bole??soanlya pny temen di kase kangkung terus,,dr kecil ampe gede,,,,,

    • 98

      tentangkelinci berkata,

      sebetulny tanpa pestisida pun kol berbahaya karena mengandung gas,
      coba aja anda sering2 makan kol, pasti bakalan kembung tuh
      palagi kelinci :)
      nah.. sebaiknya dikasi makan rumput & pelet kelinci
      wortel juga tidak terlalu baik, sebaiknya jangan ikut2an saja, tp jg harus tau kenapa itu dilakukan
      kenapa harus makan wortel, kenapa makan rumput kenapa makan pelet ?
      itu smua untuk kedepannya harus bisa kt jawab sebagai penyanyang kelinci :)

      Salam.

  68. 99

    taman kelinci pwk berkata,

    pak sy mau bikin pelet sendiri soalnya dikota sy susah cari pelet klinci, berapa persen ideal kandungan rumputnya jika sy hanya kasih pakan pelet aja untuk pakan sehari hari tanpa ngasih pakan rumput lagi. soalnya sy pernah liat peternak lembang kelincinya hanya dikasih pelet aja, krn peletnya sdh ada kandungan rumput.

  69. 100

    dwi berkata,

    mas saya mw tanya.
    1. kelinci saya umurnya bru 2 bulan, pelet yg bagus bwt kelinci seumur itu yg kyk gmn ya?
    2. di deket rumah saya susah nyari rumput, pengganti bwt rumput apa ya?

    • 101

      tentangkelinci berkata,

      dear pak dwi,

      pelet kelinci aj pak, banyak ko dijual di toko
      ada britter bunny, ada jg produk lokal yg cukup oke,
      mungkin bisa ke tmpt pasar burung, atau pasar hewan, biasanya suka ad yg jual
      pada dasarnyarumput tidak bisa digantikan dengan yg lain, paling klo mau hijauan saja
      karena beberapa pelet yg baik sudah mengandung rumput didalamnya

      Regards

  70. 102

    Menik berkata,

    Mas aq punya kelinci 2 kayanya type flamis gt 2 hr yg lalu pejantan nya mati dan aq cr in ganti nya cm bd type yg sekarang jantan type karpet atau rex lupa lg dah,dr hr 1 yg betina flamish galak bgt malah dia ampe gi2tin jan tan yg br,kenapa ya mas,saat ini aq pisahin yg br di kandang yg lama berkeliaran di halaman,berapa lama adaptasi nya atau mereka emang ngak co2k,tlng bls ngak apa via sms jg karna ini penting

    • 103

      tentangkelinci berkata,

      dear menik,

      maaf klo tidak bisa sms
      jawabnya lewat blog aj ya bu
      kelinci dan hewan2 lainnya pada umumnya mempunyai
      sifat untuk melindungi / membuat daerah teritorialnya sendiri
      apalagi kelinci tersebut sudah indukan
      yang masih anakan saja , sudah menunjukan sifat tsb
      ini bisa kita liat ketika kita pertama kali memasukan kelinci ke
      kandang/ tmpat barunya,
      biasnaya kelinci tersbt akan pipis untuk menandakan bahwa ini adalah
      teritorialnya.
      nahh. klo ada kelinci baru yg masuk,
      biasanya pasti ada reaksi,
      ada yg gigit2in , bahkan ada yg berantem
      la wong, kelinci jantan betina yg belum saling kenal aj
      disatukan bisa berantem ko
      seperti itu bu menik,
      saran kami memang sebaiknya pada usia diatas 3 bln
      kelinci harus dipisah, apakah dia satu jenis kelamin ataupun bukan

      Tks
      Salam

  71. 104

    ciel berkata,

    sy mao tny… sy pny klnci awalny biasa aj. tp blkngan ni stlh sy p’htkan knp tlngany sprti pcah-pcah, dan itu mrta d k’2 tlngany. kmudian kkiny ato lbh tptny d bgian jriny tdk ad bulu shngga dpt t’lht ku2ny. smntra ini hny kki bgian dpn, tp sy mlht sptiny kki blkg bs t’jdi hal yg sm krn bulu2ny smkin mnpis. ap pnybabny?? dan bgmn cr mngobatiny?? thx b4

  72. 105

    yan suryana berkata,

    saya ternak kelinci dari tahun 1993 populasi skrng 80 ekor,sudah 5 bulan ini anak kelinci banyak yang mati dan mencapai 80% dan induk susah birahi, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ?

  73. 106

    NitR berkata,

    mau tanya pliss…
    aku beli anak klinci yg umurnya kira” 3-4 bulan, trus mati satu gara” kembung dan kejang”.. nah sekarang tinggal satu, aku mau rawat bae” biar ga mati jg..
    jadi yg mw aku tanyain:
    1. makanan apa yg blh dimakan tiap hari slain pelet, biar dia ga kembung & mencret?
    2. uda aku kasi pelet koq klinciku ga mau makan peletnya?? padahal uda sengaja beli.. T_T
    3. bagus ga kalo aku jemur klinci di pagi hari? biar anget gitu…?
    4. UBI UNGU.. klinciku sukaaaa banget ubi ungu. apa baik utk dia? apa harus direbus dulu kayak singkong???
    mohon bantuannya… please… T____T saya masi trauma kelinci saya mati dgn cara kesakitan…
    makasih..

    • 107

      tentangkelinci berkata,

      hi NitR

      * makanan kelinci bisa dilihat di tulisan kami yg membahas mengenai makanan kelinci
      * biasanya harus adaptasi dulu mba, misal dr biasa nya makan sayuran ke pelet
      jjangan kan yg beda makanan, wong sama sama pelet aj klo kandungannya beda, suka ga mau klo langsung diganti
      jadi proses transisi nya jg membutuhkan waktu bagi si kelinci
      * bagus mba, dijemur di pagi hari bagus, biarkan kelinci bergerak dengan aktif diluar kandangnya
      * Ubi Ungu.. itu bagus ko asal bersih dr getah atau kotoran

      Salam

  74. 108

    ELEK LIKIN berkata,

    aq puny kelici ada 21 ekor,slama ini cuma saya kasih makan bekatul campur irisan kangkung,,,gmn ya cara bikin hay atau rumput yang di awetkan???

    • 109

      tentangkelinci berkata,

      dear elek likin

      cara membuat hay sudah kami posting di tulisan terbaru
      silakan dibaca baca
      smoga bermanfaat

      Salam

  75. 110

    sutha berkata,

    mas bagaimana kalau kelinci tidak mau makan sentrat babi
    kasi sentrat/pelet merk apa?
    memberi makan sehari berapa kali?
    saya punya ayam sehari 2kali makan
    kalau kelinci saya tdk tw mohon bls ya?

    • 111

      tentangkelinci berkata,

      dear sutha

      pola makan kelinci dan ayam kurang lebih sama
      2 kali sehari, pagi dan sore
      memberikan pelet di pagi hari, dan sore kita berikan rumput / hijauan ( sebagai balancing )
      konsentrat boleh juga diberikan , tp sebaiknya konsentrat yg diberikan adalah konsentrat untuk kelinci,
      walau belum banyak dijual , mas bisa mencarinya di toko2 pakan ternak,

      Salam

  76. 112

    nadya ramadhani berkata,

    mas, sya bru beli kelinci skitar 2 hari yg lalu jenisnya fuzzy lop. tp knpa kupingnya naik sebelah ya? pdahal wktu beli kuping nya msih sma” jatoh. trus knpa kelinci saya ga mau mkan pelet pdahal udh sya ksih tp gliran sya ksih sawi dia lahap sekali mas.bgaimna agar klinci sya mau mkan pelet trsebut? trus knpa kuping kelinci sya naik sebelah? makasih :)

    • 113

      tentangkelinci berkata,

      dear nadya,

      memelihara kelinci harus dengan kesabaran dan dengan hati
      klo dia masi belum mau makan pelet, mungkin harus perlahan lahan diberikannya
      tahap pertama dicampur dengan rumput,
      tahap kedua mulai lebih banyak porsi peletnya
      dan sampai pada akhirnya rumput menjadi makanan cemilan di sore hari/pagi hari
      bukan menjadi pakan pokok kelinci

      untuk kasus naik sebelah itu bisa saja terjadi,
      walau aga bingung menjelaskannya
      ada yg karena sakit , ada yg karena silsilah nenek moyang yg campuran lop dgn yg lain,
      etc…

      Salam

  77. 114

    maria berkata,

    salam kenal bak,,aku maria,,aku punya kelinci,yng udah aku rawat sekitar 4 bulan da saya beli lagi 1 yng jantan tpi kecil bngt,,,gmna ya emba cra ngrawat nya,,sbaik nya 1kandang di satu kan atau tidak ya embak,,,truss aku kasih pelet di gk mau hanya wortol,kangkung,dan mentimun,,,blz ya mbkk

    • 115

      tentangkelinci berkata,

      dear maria,

      memelihara kelinci butuh kesabaran
      segala sesuatunya memang proses
      dalam mencoba pelet misalnya
      harus pelan2, emang awal2 pasti begitu
      apalagi kelincinya hanya dikasi makan sayuran
      dia pasti lebih doyan sayuran,
      tp apakah sayuran yang diberikan dijamin bersih, dan sehat bagi kelinci ?
      ituyg perlu diperhatikan,
      saran saya tetap di usahakan untuk mengunakan pelet,
      dan untuk selingan boleh menggunakan rumput.
      untuk kelinci diatas 3 bulan dipisahkan dengan yg lain,

      Thanks

  78. 116

    kwonyura berkata,

    mau tny dong, knp kelinci harus dikasih pelet? kalo wortel aja boleh gak?
    dan kelinci saya umurnya satu setengah bulan, makanan yg harus dikasih itu apa ajaa? makasih

    • 117

      tentangkelinci berkata,

      dear kwonyura,

      di jaman sekarang tentu ga terlalu mudah mendapatkan rumput,
      apalagi dijakarta, dan mungkin juga dibelahan bumi lain,
      pemberian sayuran yang terlalu segar seringkali juga menyebabkan kelinci mengalami masalah dalam pencernaan
      dan menyebabkan kematian.
      disisi yg lain pakan kelinci juga sesekali membutuhkan vitamin dan konsentrat yang baik untuk perkembangannya
      nah oleh sebab2 itu dan sebab2 yang lain makanya ada pelet mba.
      pelet yang baik biasanya sudah mengakomodir, jumlah hijauan, air, vitamin, konsentrat, etc..
      yang baik untuk kelinci.

      Salam

  79. 118

    nnining aja berkata,

    haloo..
    aq mau tanya klo kelinci anggora d kasih pakan seperti wortel & selada bagus tdk.?
    kira2 ap tanda2 kLinci sedang hamiL..?

  80. 119

    Chatrine Widyanti berkata,

    salam,

    mas, saya nyoba ngasi makan kelinci saya pake daun pisang. tapi kok pipisnya jadi warna merah gitu ya? apa itu memang wajar?

    terima kasih.

  81. 120

    Zifaw berkata,

    Sy bru beli kelinci betina +/- usia’y 5 bln.
    Sy ksh pelet tdk mau tp klo sy ksh kangkung,rumput2an mau. Bgus apa tdk klo mknan sprti itu tiap hr??
    Truz klo tdk di ksh air minum bgmn??
    Thx

    • 121

      tentangkelinci berkata,

      hi zifaw

      makanan kangkung, sawi, kol, dan semua sayuran yang segar tidak boleh diberikan langsung kepada kelinci
      kecuali dilayukan selama beberapa hari, hingga betul2 layu, baru bole di berikan
      makanan rekomendasi kelinci adalah rumput alfafa, atau pelet kelinci yang bernutrisi baik
      kelinci membutuhkan minuman
      sebagaimana kita juga membutuhkannya

      Salam

  82. 122

    antony berkata,

    tanya donk.. kelinci gw bli uda 2 ekor tapi mati tinggal 1 trus skg maw dikasi makan pelet tapi kelinci nya gk maw makan pelet nya cm maw makan wortel ato sayur” doank,, ap ad caranya?? kelinci saya umur 1 bulan lebih bbrp hari lah…
    sampe skg masi lompat” n gk ad gejala maw mati sih
    tipe nya new zealand keanya tapi di sebut ama si penjual ras australia sih..
    tolong donk d tunggu jawaban nya

    • 123

      tentangkelinci berkata,

      hi pak antony

      tentu kelinci lebih memilih makan wortel atau sayur ketimbang pelet
      sudah wajar itu, tapi yang perlu diketahui
      sayuran bukan lah pakanan pokok kelinci
      apalagi tidak disebutkan oleh anda, jenis sayuran apa yang diberikan
      klo kangkung, kol, sawi sebaiknya tidak diberikan karena mengandung gas.

      sayuran yang diberikan haruslah dilayukan terlebih dahulu
      dan mulailah membiasakan rumput dan pelet sebagai pakan kelinci

      Salam

  83. 124

    galih ginanjar berkata,

    Mas, Aku punya kelinci satu pasang, awalnya sy pisahin kandang nya, tapi ternyata skatnya ada celah. jdi suka nyatu.klo diliat2 ga berantem n akur2 aja, yang jadi pertanyaan klo di satuin gakan terjadi kawin dini gtu mas…
    umurnya kira2 1 buln lebih dikit deh mas..

    thx

    • 125

      tentangkelinci berkata,

      hi galih

      kawin dini di usia 1 bln lbh tidak akan terjadi
      karena masi dalam tahap susuan ( dibawah 2 bulan )
      setelah 3 bulan sebaiknya mulai dipisah
      dan ketika 6-7 bulan mulai dikawinkan

      Salam

  84. 126

    bagiosutopo berkata,

    rubrik ini basgus bgt… terus kembangkan pak

  85. 128

    siang….
    lam kenal z…
    saya mau tanya !bagus gk ya kelinci yang berumur 3 bln saya kasih minum gula jawa?
    mksh…..

  86. 129

    ariyanto berkata,

    informasinya sangat berguna sekali.bagi saya insyaALLAHakan saya coba

  87. 131

    haidarreinren berkata,

    pak, saya memasukkan vitamin yang dicampur ke dalam air minumnya kelinci saya, dan saya baru sadar , 1 minggu badannya jadi besar, apa ini tanda sehat atau kegemukan..???? selama ini saya mulai lbh nbanyak ngasi pelet, drpd hijauan/rumput.rumput kalaau saya sempat nyabut aja…, tiap pagi saya kayak tukang cabut rumput buat kelinci saya
    oya manfaat daun pisang apa ya?? apa hrs dilayukan juga??

    • 132

      tentangkelinci berkata,

      hi haiderreinren

      kelincinya usia brp ?
      klo usia pertumbuhan y wajar lah bertambah besar
      tp klo kelinci dewasa gemuknya paling mudah diliat dari glambir dilehernya
      sehingga terlihat kurang proporsional. daun pisang sebetulnya pengganti rumput aj bu
      karena di jakarta aga susah nyari rumput segar :)
      jadi alternatif lain yg bisa dipake adalah daun pisang
      tapi tetap rumput lebih utama

  88. 133

    m fajar budiman berkata,

    q puxa klinci 3 cewek semua,tpi hran gk punya cowokxa……..

  89. 134

    loveloop berkata,

    mas mau tanya donk . . .
    aku punya kelinci loop 5 ekor,1 jantan usia sekitar 1 tahun sama 4 ekor anak usia sekitar 4 bulan,induknya ada yang ngambil :(
    semuanya hanya dikasih kangkung atau wortel sejak pertama kali dipelihara,tapi semuanya sehat,lincah n gemuk2 sampe sekarang…
    apa ga akan terjadi apa-apa ke depannya kalo terus2n hanya dikasih kangkung??

    makasih sebelumnya . . . :)

    • 135

      tentangkelinci berkata,

      hi loveloop

      penggunaan kangkung sebagai pakan
      tidaklah direkomendasikan
      disamping tidak baik untuk pencernaan dan juga air seni yg sangat pesing
      boleh jadi sekarang tidak terjadi apa2, tp kedepan kt ndak pernah tau
      apalagi efek jangka panjangnya, usahakan di jemur dulu kangkung nya sampai betul betul layu..

      Demikian
      Tks

  90. 136

    mima berkata,

    mau nanya d daerah ku pelet kelinci ga ada….trus aku ganti pelet kelincinya pake pelet ayam jago…gimana boleh ga…trus ada efek.y ga?

    • 137

      tentangkelinci berkata,

      hi mima

      sekarang banyak ko pkan kelinci
      uda tersebar dimana mana
      search aja sama google , yang populer itu SKR, Guyofeed, etc..
      ndak cocok atuh, ayam kan sama kelinci beda, kelinci itu herbivora
      ayam itu apaan aj disikat :)
      dan tentunya nutrisinya berbeda sekali..

  91. 138

    siti nurhamimah berkata,

    asalamualaikum…..
    saya mau naya kelunci dikasih pelet ayam ajgo boleh ga….?

  92. 140

    Galih berkata,

    mbak mas,,,
    mau tanya,, berapa harganya pakan kelincinya??
    soalnya kemaren saya baru beli pakannya cuma 5rb,, itu gizinya sudah terpenuhi apa belom??
    ask me,,

  93. 141

    Galih berkata,

    mas darurat,, kelinci saya kena mencret kemaren,, terus sudah saya kasih makan pelet aja, tapi dia ndak mau maem,, trus sekarang lemes matanya sayu sama diem ae,, gimana mas??? cepet bales ya,,,

  94. 142

    Galih berkata,

    waduh om,, kelinciku mati wes… :’(

  95. 143

    Galih berkata,

    gan, kelinci boleh ndak di kasih air minum?

  96. 145

    whulan berkata,

    gan kalau kelinci sakit obat tradisionalnya apa?

    • 146

      tentangkelinci berkata,

      hi whulan

      sakitnya apa dulu ?
      penggunaan obat tradisional dibolehkan selama tidak membahayakan si kelinci
      karena ndak smua obat herbal itu bagus jg buat binatang
      coba di telaah dulu, atau ditanya2 kira2 cocok ndak dengan sakit yg diderita oleh kelinci

      Thanks..

  97. 147

    Hendra berkata,

    Bung…Salam kenal ya…

    Dimana kira2 bisa didapat beli bekatul, buntil kelapa dll? Saya d jakarta timur, apakah Ada yg jual?

    Tks/hendra

  98. 148

    holija siregar berkata,

    Liza berkata,
    Gan saya mau tanya : pelet pur babi itu boleh nggak dikasi ama kelinci?? soalnya ada kawan yang nyaranin tp saya ragu gt..

  99. 149

    dede berkata,

    tanya pak sy dah 2 x dpt mslh.kelinci ku yg td nya sehat tiba2 ga mau mkn pelet.yg ujung2nya malah mati.penyebabnya yg 1 sy sk bw klinci pd siang hari pp krmh ortu.balik dr ortu malah ga mau makan/minum.sy pikir kembung jd sy obatin pk rebung tp ga ngaruh ttp ga mau mkn dan akhirnya mati.yg 2 dikawinin sm yg betina ga mau kawin.trs ga mau mkn pelet dan akhirnya mati jg.dua2nya padahal kelinci dewasa smua,usia sktr 8 blanan.mohon solusinya??tks

  100. 150

    xuxi berkata,

    hah iya ya???
    Aduh.. Cin

  101. 151

    valen berkata,

    bolleh dikasih pelet ikan ngak???

  102. 152

    Loni berkata,

    Gini saya mau nanya sejak pertama kali beli kelinci saya kasih daun nangka, setelah 2bulan kemudian yg satu mati dansekarang tinggal satu, trus sekarang kelinci yg satu bulunya berkarat. Ada nggak obat biar bulunya yang berkarat lepas. Trus boleh apa nggak kasih makan daun nangka?

  103. 153

    Furie berkata,

    Aku mau tanya, saat ini kelinciku lagi skarat. Perutnya tiba² kempes, gak bisa berdiri kayak mau mati. Umurnya udh 2thnan..aku harus gmn ya?? dikasih obat apa? gmn cara mengatasinya. Tq :(

  104. 154

    Furie berkata,

    Akhirnya mati juga kelinciku T.T
    Astaghfiruallah…gk bs ngomong apa², 2thn sama² akhirnya pergi…:(

  105. 155

    mas, saya ada kelinci fuzzy loop, dari kecil saya kasih hijauan, sudah umur 4 bulan bobot masih lebih kecil dari temen2nya, sekarang baru sudah saya kasih pelet. Kira-kira masih bisa nambah lg gak ya berat badannya ? soalnya temen2 seusianya sudah besar-besar mas,,

  106. 156

    desy sucianti berkata,

    saya mw tany nich??
    kt ny kan kelinci itu klo mw dikasih kangkung hrz di layukan dl kan , tp aq udh layukan tp kok mlh mencret y?? ak tkut dy mati , bgaimna cra menyembuhkan ny??? :(

    terima kasih
    blz y

    • 157

      tentangkelinci berkata,

      hi desy

      kelinci mencret jangan dikasi hijauan
      diberi pelet saja, hijauan sebaiknya rumput, bukan kangkung dan sebagainya itu
      rumput kering atau biasa disebut hay, atau alfalfa sangat baik diberikan kepada kelinci

      Thanks

  107. 158

    novi berkata,

    haduuuh mas… kelinciku bener2 ga mau makan pelet..bgm ya?? sdh segala cara aku coba tetep tdk di sentuh tuh.. please sarannya dooong!!!

    • 159

      tentangkelinci berkata,

      ga mau makannya karena apa ?
      makanan yang lain dimakan ga, kaya rumput
      klo ga mau makan semuanya, berarti sakit atau stress tuh

  108. 160

    miewfamous berkata,

    Salam mas.
    baru x ini saya memelihara kelinci, saya kasih makan sayuran & biji2an.
    saya coba menu baru pelet, tetapi setelah saya kasih ko kelincinya tidak mau makan.apa pelet tersebut harus di campur dengan sayuran/biji2n atau dengan cara yang lain???mohon bantuannya.

    terima kasih.

    • 161

      tentangkelinci berkata,

      hi, pemberian konsentrat / pelet dalam hal baru harus diberikan secara bertahap
      palagi kelincinya terbiasa diberikan sayuran
      tentunya mereka lebih suka yang alami mereka makan
      nah, bagaimana mensiasatinya
      caranya coba paka sayuran diberikan setengah saja
      dan sisanya biji2an dicampur oleh peletnya
      baru kemudian seminggu kemudian porsi sayuran dikurnagi secara perlahan, agar mereka doyan dengan pelet
      tapi ingat, sayuran tidak dapat digantikan perannya oleh pelet
      tetap saja hijauan harus diberikan
      dan yang terbaik adalah rumput kering.

      Salam


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: